14 Kata-Kata Singkat Menyentuh Hati Agar Mengubah Cara Pandangmu Pada Hidup

Kata-Kata Singkat Menyentuh Hati

image via canva.com/goodminds.id

Ketika seseorang merasa senang, sedih, susah, ataupun bahagia, biasanya akan digambarkan melalui kata-kata bijak atau mutiara.

Loading...

Nah, bagi Kamu yang sedang mencari kata-kata untuk menggambarkan suasana sekarang, maka berikut ini kumpulan kata-kata singkat menyentuh hati yang mampu mengubah cara pandangmu terhadap hidup!

1. Ubahlah Pikiranmu

“Kamu tak bisa mampu mengubah apapun, bila belum mampu mengubah cara pikirmu” ~Santosh Kalwar

Untuk menjalani hidup ini, pikirkanlah yang merupakan pangkal dari segala. Jadi, ketika Kamu merasa pusing atau tak menemukan solusi terhadap sesuatu, ubahlah cara berpikir. Cobalah lihat dari sudut pandang lainnya jika solusi tak kunjung ditemukan.

2. Pengalihan Energi

“Daripada mengkhawatirkan hal yang tidak dapat Kamu kontrol, cobalah gunakan energimu untuk melakukan sesuatu yang bisa Kamu ciptakan” ~Roy T. Bennet

Seringkali Kita tak sadar bahwa apa yang sedang dilakukan adalah hal yang sia-sia. Malah, hal yang seharusnya penting dilakukan menjadi diabaikan saking khawatirnya terhadap hal yang tak perlu itu.

Jadi, ketika Kamu sedang melakukan sesuatu, maka jangan tutup mata terhadap apa yang di sekitarmu, sebab bisa jadi itu lebih penting.

3. Bahagia Adalah Tanpa Masalah?

“Kebahagiaan bukan karena tak memiliki masalah. Sebab Ia hanya kelihaian untuk mengurusnya saja” ~Steve Maraboli

Dalam kehidupan, tentu setiap manusia memiliki masalah tersendiri yang mengganggu hidupnya. Namun, apakah orang yang tak memiliki masalah selalu bahagia?

Sebenarnya tidak, sebab kebahagiaan merupakan wujud bahwa Kita bisa mengalihkan atau mengurus masalah tersebut secara baik.

4. Apa yang Kau Kenal Dari Seseorang?

“Mungkin Kamu berpikir bahwa kau mengenal seseorang secara baik. Padahal, terkadang Kamu hanya mengetahui hal-hal yang ingin  kau ketahui saja” ~Joe Hill

Sudah bukan rahasia umum, bila seseorang mengaku mengenal secara baik orang lain. Lalu, jika ditanya lebih detail tentang orang tersebut tak bisa menjawabnya.

Hal tersebut memang benar, nyatanya Kamu tak benar-benar paham dengan orang lain secara menyeluruh, sebab apa yang Kamu ketahui hanya yang kau inginkan saja.

5. Memaafkan dan Melupakan

“Memaafkanlah namun jangan melupakan, atau kau mau jika tersakiti lagi? Sebab memaafkan akan mengubah pandangan, sedangkan melupakan akan menghapus pelajaran” ~Paulo Coelho

Tentu kata-kata singkat menyentuh hati ini tergambar secara jelas agar Kita memaafkan seseorang namun jangan melupakannya.

Sebab jika Kita melupakannya, maka kesalahan itu akan hilang begitu saja, tak bisa dijadikan pelajaran. Dengan kata lain, jika kesalahan yang terjadi dijadikan pelajaran, maka Kita tak akan mengulangi kesalahan yang sama, dan sebaliknya.

6. Menjadi yang Terbaik

“Fokuslah untuk menjadi terbaik, bukan berpikir jika Kamu lah yang terbaik” ~Bohdi Sanders

Meski kedua kalimat tersebut hampir sama, namun maknanya sangat berbeda. Dimana jika Kamu fokus menjadi terbaik, maka segala sesuatu akan dilakukan secara hati-hati.

Tetapi jika Kamu sudah merasa menjadi yang terbaik, tentu Kamu hanya akan berhenti di situ saja, bahkan buruknya Kamu akan menjadi orang yang sombong.

7. Hakikat Dua Tangan

“Kau harus tahu fungsi kedua tanganmu. Yakni yang satu untuk membantu dirimu sendiri, sedangkan yang satu lagi untuk membantu orang lain” ~Audrey Hepburn

Tuhan tak menciptakan tubuh kita secara sia-sia, begitu juga penciptaan kedua tangan. Maksud dari kata-kata singkat yang menyentuh hati di atas adalah,

bahwa kita hidup di dunia ini tentu tak hanya memikirkan diri sendiri saja, melainkan juga memikirkan orang lain dan membantunya ketika kesusahan.

8. Kesalahan Ada Dalam Dirimu Sendiri

“Jangan menghakimi masa depanmu berdasar kesalahan orang lain” ~Rachel Vincent

Tak jarang, kekecewaan dan kegagalan yang dialami seseorang dianggap sebagai kesalahan orang lain terhadap hidupnya.

Padahal, segala yang tercipta pada dirimu adalah kesalahan dirimu sendiri. Jadi, jangan pernah salahkan orang lain jika masa depanmu kurang cerah.

9. Perlawanan Hidup

“Kau mungkin perlu berjuang lebih dari sekali lagi dalam pertempuran, agar bisa memenangkannya” ~Margaret Thatcher

Untuk mencapai kesuksesan, tentu tak hanya dilakukan dalam sekali usaha saja, apalagi kesuksesan besar. Jadi, jika Kamu ingin benar-benar berhasil, maka terus cobalah dan jangan berhenti jika mengalami kegagalan.

Begitulah kiranya arti dari kata-kata singkat menyentuh hati tersebut.

10. Hakikat Pengalaman yang Sesungguhnya

“Pengalaman merupakan guru terburuk; sebab ia menghadirkan tes sebelum diberikan pelajaran” ~Vernon Law

Banyak yang mengatakan bahwa pengalaman merupakan guru terbaik, namun kata-kata mutiara penuh makna tersebut mengatakan sebaliknya.

Yaps, hal tersebut karena, pengalaman hadir dengan begitu saja tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Namun, pengalaman memang bisa menjadi guru terbaik asalkan tidak mengulangi kesalahan yang pernah dilakukan.

11. Hargailah Kehidupan

“Terkadang Kamu butuh perlu menghabiskan waktu dengan merangkak sendirian di gelap, agar Kamu benar-benar bisa menghargai bagaimana rasanya berdiri di bawah matahari” ~Shaun Hick

Apa yang bisa Kamu petik dari kata-kata singkat menyentuh hati ini? Artinya adalah, untuk benar-benar membuat seseorang bersyukur, terkadang harus merasakan bagaimana rasanya hidup susah.

12. Menakjubkannya Senyuman

“Senyum merupakan ucapan selamat datang yang paling universal” ~Max Eastman

Betapa utamanya arti sebuah senyum. Tak perlu usaha untuk melakukannya, namun begitu besar hasil yang akan diperolehnya. Yaps, hal ini bisa dilihat, dimana senyum mampu membuat suasana buruk seseorang berubah menjadi baik.

13. Menjadi Pemenang

“Kamu memang terlahir menjadi seorang pemenang. Namun ingat, bahwa seorang pemenang harus bisa merencanakan kemenangan, serta mempersiapkan dan berharap bahwa kemenangan bisa diraih”  ~Zig Ziglar

Setiap jiwa manusia telah diberi Tuhan sebuah kemenangan. Namun untuk benar-benar mendapatkan kemenangan tentu harus melalui rencana dan persiapan agar bisa diraih dengan mudah.

14. George S.Patton Jr; Kesuksesan Seorang Pria

“Untuk mengukur kesuksesan seorang pria, Aku tak melihat dari seberapa tinggi ia mendaki gunung. Namun dari seberapa tinggi ia lompatan ketika membentur dasar” ~George Patton Jr

Perlu ditekankan pada wanita, bahwa kesuksesan seorang pria tak hanya diukur dari materi dan kedudukannya saja. Melainkan yang dilihat ialah bagaimana kualitas dan tekadnya ketika menghadapi masalah.

Jika ia semakin cakap dalam menghadapi kegagalan, maka menunjukkan bahwa ia semakin baik.

Kata-kata singkat yang menyentuh hati terkadang dijadikan sebagai pedoman hidup agar tetap semangat dalam menjalani kehidupan, terutama ketika melalui masa-masa sulit.

Baca juga : Kata kata Simple dan Keren

Semoga menginspirasi!