Ini Dia Cara Membuat Sambal Ulek Paling Enak

Siapa sih di negara ini yang tidak mengenal sambal ulek? Sambak ulek merupakan salah satu pelengkap yang cocok mendampingi segala macam masakan. Sambal ini juga cocok dijadikan makanan yang wajib ada sehari-hari.

Loading...

Cara membuat sambal ulek ini bervariasi, namun resep yang akan dijelaskan dibawah ini merupakan salah satu resep sambel yang paling maknyus di lidah orang Indonesia.

Bahan Membuat Sambal Ulek

Cara Membuat Sambal Ulek

https://bukalapak.com/

Seperti sambal pada umumnya, bahan utama yang digunakan pada pembuatan sambal ulek ini adalah cabe rawit yang dapat disesuaikan jumlahnya dengan tingkat kepedasan Anda.

Selain itu, warna cabe rawit juga tergantung dari keinginan Anda, namun jika menginginkan sambal ulek yang pedas maksimal, Anda dapat menggunakan cabe rawit berwarna merah dan berwarna hijau.

Pastikan bahan-bahan ini memiliki kualitas yang bagus agar sambal ulek yang Anda buat terasa segar dan nikmat. Anda dapat melihat dari warna dan tampilan dari bahan tersebut apakah kisut atau segar.

Adapun euntungan membuat sambal ulek yang matang adalah sambal dapat tahan dalam jangka waktu yang lama dibandingkan dengan sambal ulek mentah. Adapun bahan membuat sambal ulek adalah :

  • Siapkan 10 cabe rawit dengan warna yang sesuai dengan ketersediaan cabe rawit Anda dirumah, kemudian buang bagian batang cabe rawit tersebut lalu cuci hingga bersih
  • 1 buah tomat yang juga telah dibuang bagian batangnya kemudian cuci hingga bersih
  • 3 siung bawang merah yang telah dikupas dan dicuci hingga bersih dengan air yang mengalir
  • Gula merah, garam, dan minyak secukupnya

Cara Membuat Sambal Ulek

Bagi Anda yang belum mahir memasak pasti bisa membuat sambal ulek, karena selain pembuatannya yang mudah, bahan dari sambal ulek ini juga gampang ditemukan dimanapun.

Sehingga dapat menjadi salah satu alternatif apabila Anda menginginkan sambel ulek sebagai pelengkap dari lauk yang Anda miliki dirumah. Ingin tahu caranya?

Simak penjelasan cara membuat sambal di bawah ini.

  1. Cuci semua bahan yang telah disiapkan
  2. Potong cabe rawit, tomat, bawang merah dan gula merah sehingga mudah untuk diulek. Dalam proses ini, gabungkan sesuai jenis bahan pada piring, sedangkan pada gula merah potong secukupnya saja.
  3. Panaskan minyak secukupnya pada wajan
  4. Setelah minyak pada wajan sudah panas, masukkan cabe rawit dan bawang merah ke dalamnya kemudian goreng sampai matang
  5. Setelah itu tiriskan cabe dan bawang merah, kemudian masukkan tomat lalu goreng sebentar saja hingga tercium bau harum tanda bahan tersebut sudah matang
  6. Letakkan cabe, bawang merah, tomat, dan garam secukupnya kemudian ulek sampai halus. Hati-hati ketika menghaluskan bahan yang panas ini agar tidak mengenai wajah atau kulit Anda
  7. Langkah terakhir, masukkan gula merah secukupnya ke dalam sambal yang telah diulek
  8. Sambal ulek siap dinikmati

Resep sambal ulek di atas dapat menjadi hidangan pelengkap apabila Anda memiliki menu gorengan plus sayur bening maupun tumis yang telah Anda masak.

Jika Anda pecinta pedas, sambal menjadi salah satu hidangan pelengkap yang wajib ada di atas meja.

Tentunya, sambel ulek ini dapat menambah selera makan Anda sehingga masakan akan laris manis tak bersisa.

Pastikan untuk mencoba cara membuat sambal ulek yang telah dijelaskan di atas untuk menghasilkan sambal ulek yang mantab jiwa.

Baca juga: Resep dan Cara Membuat Sambal Mentah Jeruk Nipis

Semoga rasa sambal ulek Anda enak dan dapat dinikmati bersama keluarga ya, selamat mencoba!