10 Kata Kata Mutiara Untuk Anak Islami yang Merupakan Amanah Orang Tua

Kata Kata Mutiara Untuk Anak Islami yang Merupakan Amanah Orang Tua

https://www.canva.com/goodminds.id

Kata Kata Mutiara untuk Anak – Anak merupakan salah satu titipan dari Allah yang harus dijaga, dirawat dan dididik.

Loading...

Secara langsung, orang tua memiliki tugas untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan serta nilai kasih sayang kepada anaknya, terutama terkait ilmu agama.

Dengan hal demikian, maka seorang anak akan tumbuh menjadi anak yang saleh dan wasilah orang tua menuju surga.

Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai kumpulan kata kata mutiara untuk anak Islami. Tentu saja, kumpulan kata-kata ini tidak berarti apa-apa kecuali untuk menggambarkan bagaimana Islam memandang posisi anak dan memandang keluarga.

Dengan adanya kumpulan kutipan ini maka diharapkan timbulnya harmoni dalam keluarga.

Ya, harmoni akan dibentuk jika seorang anak berbakti kepada orang tua sebisa mungkin. Serta, harmoni akan didapatkan juga ketika orang tua mengetahui porsi tanggung jawabnya pada anak-anak mereka.

Kumpulan Kata Kata Mutiara Untuk Anak Islami Terbaik

Sebenarnya, ada cukup banyak kata kata mutiara untuk anak Islami yang bisa dicari dari berbagai sumber dan dijadikan inspirasi untuk membangun keluarga yang lebih baik dan harmonis.

Namun, telah disediakan beberapa kutipan pilihan mengenai hal tersebut di bawah ini.

Penasaran apa saja kumpulan kata kata mutiara untuk anak Islami terbaik yang bisa memberikan inspirasi? Simak beberapa ulasannya di bawah ini.

#1. Peninggalan Orang Tua

Bukan apa yang Kamu tinggalkan untuk anak-anakmu, melainkan apa yang Kamu tinggalkan dalam diri anak-anakmu

Orang tua bisa dikatakan berhasil ketika ia bisa membentuk karakter dari anaknya. Tentu, harga dari karakter yang berhasil terbangun lebih mahal daripada harta apapun.

Oleh karena itu, standard keberhasilan orang tua adalah apa yang ditinggalkan dalam diri anak mereka, bukan harta yang ditinggalkan untuk dikelola oleh anaknya di masa depan.

Harta memang merupakan hal yang penting. Tetapi, harta bisa habis sedangkan karakter bisa digunakan untuk mencari harta yang baru.

#2. Bersabar Dalam Mendidik

Bersabar dalam mendidik anak-anak kita adalah sebuah amal ibadah

Mendidik anak memang bukan perkara yang mudah. Terkadang, orang tua harus menghadapi sifat anaknya yang bandel. Namun, hal tersebut wajar saja karena anak, terutama anak kecil, belum memahami banyak hal.

Selain itu, kutipan kata kata mutiara untuk anak Islami di atas menjelaskan bagaimana posisi mendidik anak untuk orang tua. Ya, mendidik anak adalah salah satu amal ibadah yang tentu saja akan mendapatkan balasan pahala.

#3. Anak Sebagai Cobaan

Dan ketahuilah, bahwa harta dan anak-anakmu hanyalah sebagai cobaan, dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar – Semoga anak bisa menjadi syafaat

Islam memandang anak salah satunya adalah sebagai cobaan bagi orang tua. Ya, anak adalah cobaan untuk mengetes kadar keimanan dari orang tua.

Ketika orang tua mampu membimbing anak dengan baik dan merawat titipan Allah dengan baik pula, maka ia akan lulus dari ujian dan cobaan tersebut.

#4. Akhlak yang Mulia

Tidak ada pemberian yang lebih utama dari orang tua kepada anaknya, selain akhlak yang mulia. –

Salah satu kata kata mutiara untuk anak Islami ini menjelaskan tentang apa yang seharusnya diberikan oleh orang tua kepada anak mereka.

Dari hadis tersebut bisa dilihat bahwa akhlak adalah hal paling utama yang harus senantiasa diajarkan orang tua kepada anaknya.

Hal ini dikarenakan akhlak akan membentuk pola perilaku anak hingga ia tua.

#5. Mengajari Membaca Al Fatihah

Ajari anak-anakmu membaca surat al-Fatihah sebelum orang lain mengajarkannya banyak hal. Karena itu akan menjadi bagian dari shalat di sepanjang hidup mereka.

Salah satu tugas utama dari orang tua pada anaknya adalah mengajari mereka mengaji. Nah, satu yang paling utama adalah mempelajari bacaan Al Fatihah.

Ini adalah surat yang sangat penting karena masuk dalam surat yang selalu dibaca saat salat.

Dengan mengajari bacaan Al Fatihah sejak dini, maka orang tua seolah sudah melakukan investasi masa depan untuk anaknya. Sebagai orang tua, pertimbangkan satu hal ini.

#6. Menjadi Orang Tua yang Bertanggung Jawab

Jadilah orang tua yang bertanggung jawab. Jangan lupa memanjatkan doa untuk anak-anakmu. –

Tantangan bagi orang tua memang berat. Namun, dalam hal ini, menjadi seorang orang tua yang bertanggung jawab adalah suatu keharusan.

Masa depan anak mulai dibangun dari bagaimana orang tua mereka mengajarkan banyak hal padanya. Nah, selain mengajarkan mereka melalui contoh, jangan lupa untuk senantiasa mendoakannya.

#7. Jangan Memaksa Anak

Jangan memaksa anakmu untuk menjadi seperti Kamu, karena mereka tidak terlahir di zamanmu. – Tuntunlah apa yang menjadi kelebihannya, yang menjadikannya senang.

Cukup banyak orang tua yang mendidik anaknya untuk menjadi sama dengan apa yang telah ia capai. Hal tersebut kedengarannya bagus namun merupakan konsep yang salah.

Salah satu kata kata mutiara untuk anak Islami ini menjelaskan masalah itu dengan jernih.

Ya, dari kutipan ini bisa dipelajari bahwa orang tua tidak boleh memaksa anak menjadi apa yang ia telah capai.

Namun, perkembangan anak harus disesuaikan dengan zaman dengan sangat dinamis tanpa harus kehilangan pilar-pilar utama, terutama akidah.

#9. Memuliakan Anak

Muliakanlah anak-anakmu dan didiklah mereka dengan baik. –

Sebagaimana diketahui, anak adalah titipan dari Allah. Dengan demikian, maka ada kewajiban orang tua untuk mendidik anak.

Satu kata kata mutiara untuk anak Islami di atas menjelaskan hadis mengenai perintah mendidik anak dengan baik yang harus dilakukan oleh orang tua yang mendapatkan titipan dari Allah.

#9. Anak Mengikuti Contoh Orang Tua

Seorang anak akan mengikuti contoh darimu, bukan nasihatmu.

Kutipan ini menjelaskan tentang strategi yang baik untuk mendidik anak.

Banyak dari orang tua terkesan memberikan nasihat dan teguran pada anak mereka jika melakukan suatu hal yang salah dan tidak sesuai tanpa memberikan contoh.

Padahal, anak adalah peniru terbaik yang akan menirukan apa saja yang dilakukan oleh orang tua mereka.

#10. Ancaman Pada Orang Tua

Bukan termasuk golongan kami, orang yang tidak menyayangi anak-anak dan tidak menghormati orang yang dituakan diantara kami. – Hadis

Hadis ini menjelaskan bagaimana ancaman pada orang tua yang semena-mena pada anaknya. Ini adalah hadis penting mengenai keharusan orang tua mendidik anak dengan baik.

Demikian beberapa kata kata mutiara untuk anak Islami yang bisa Kamu pelajari. Semoga mendapatkan inspirasi untuk mengasuh anak dengan lebih baik.