Ucapan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia sebagai Bentuk Ungkapan Rasa Kepedulian

Kesehatan Jiwa

image source : https://isha.sadhguru.org/

Ucapan Selamat Hari Kesehatan Jiwa Sedunia – Tahukah Kamu jika tanggal 10 Oktober merupakan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia?

Loading...

Mungkin, sebagian besar dari Kamu tidak mengetahui bahwa tanggal tersebut merupakan hari penting untuk memperingati hari kesehatan jiwa sedunia.

Berbicara mengenai kesehatan jiwa, sebagian besar dari Kamu pasti akan berpikir mengenai orang gila.

Namun, apakah betul jika gangguan kesehatan jiwa hanya bisa disebut oleh mereka yang sudah benar-benar gila?

Dalam dunia medis, orang yang sudah gila merupakan orang yang telah mengalami gangguan kejiwaan akut. Gangguan kesehatan jiwa itu sendiri terdiri dari berbagai macam, mulai dari stres dan lain sebagainya.

Hal inilah yang mendorong banyak sekali ucapan selamat Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang diucapkan untuk memotivasi siapa saja agar bisa hidup lebih sehat dan terhindar dari gangguan kejiwaan.

Gangguan kejiwaan yang banyak diderita oleh masyarakat saat ini dipengaruhi oleh berbagai macam faktor.

Beberapa diantaranya yaitu pesatnya pertumbuhan penduduk yang membuat jumlah penduduk menjadi semakin padat.

Pesatnya pertumbuhan penduduk juga mempengaruhi tingkat stres yang dialami oleh masyarakat itu sendiri.

Ya, dengan bertambahnya penduduk maka hal tersebut juga akan membuat mempersempit lapangan pekerjaan, lahan untuk tempat tinggal dan masih banyak lagi.

Menjaga kesehatan jiwa tentu saja sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Untuk terhindar dari gangguan masalah kejiwaan, –

tentu Kamu juga harus menerapkan pola hidup sehat dan menghindari berbagai macam kemungkinan yang bisa membuat Kamu menjadi lebih mudah stres.

Jika Kamu tidak bisa menerapkan pola hidup yang baik, maka resiko terkena stres tentu sangat tinggi.

Nah, untuk resiko stres ini ternyata kebanyakan dialami oleh mereka yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, Semarang, Bandung, Surabaya dan masih banyak yang lainnya.

Ada berbagai macam faktor yang memicu tingginya tingkat stres seseorang yang tinggal di kota besar, seperti kemacetan, tingkat polusi yang tinggi, kurangnya interaksi yang baik antar masyarakat dan masih banyak yang lainnya.

Oleh karena itu, untuk mendukung kesehatan jiwa para penduduk, dipilihlah tanggal 10 Oktober sebagai Hari Kesehatan Jiwa Sedunia.

Ucapan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

Banyak sekali ucapan selamat Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang diucapkan untuk mendorong setiap warga agar memiliki kualitas hidup yang lebih baik lagi.

Nah, berikut ini ada beberapa contoh mengenai ucapan selamat Hari Kesehatan Jiwa Sedunia.

1. Buat Dirimu Menjadi Lebih Bahagia

Banyak hal yang bisa Kamu lakukan untuk membuat hidupmu menjadi lebih bahagia.

Kamu tidak perlu menyesali apa yang membuatmu sedih hari ini, masih ada hari esok untuk memperbaiki setiap kesalahan yang Kamu lakukan.

Apapun yang Kamu dapat hari ini, itu adalah kehendak Tuhan yang wajib untuk Kamu syukuri.

Salah satu cara yang bisa Kamu lakukan agar terhindar dari stres ialah dengan membuat hidupmu menjadi lebih bahagia.

Kamu harus tetap berpikiran positif meski saat ini Kamu sedang dihadang oleh berbagai macam masalah yang Kamu hadapi. Tapi ingat, berdiam diri dan meratapi masalah yang ada hanya akan memperparah keadaan.

Hal ini hanya akan membuatmu menjadi semakin stres dan tidak bisa menikmati hidup. Bersyukurlah dengan segala macam hal yang Tuhan berikan kepadamu.

Meskipun semuanya terlalu sakit bagimu, namun Kamu harus ingat bahwa Tuhan masih memberikan Kamu kesempatan untuk bisa hidup dan bernafas.

2. Jangan Buat Dirimu Menderita Dengan Apa yang Tidak Bisa Kamu Miliki

Setiap orang pasti pernah merasakan rasanya kehilangan, rasanya tidak diperdulikan, rasanya ditinggalkan. Namun hal tersebut bukan menjadi alasan buatmu untuk selalu bersedih.

Masih ada kesempatan lain, masih ada kebahagiaan-kebahagiaan lain yang perlu Kamu jemput. Jangan sampai Kamu berdiam diri hanya karena sesuatu yang tidak bisa Kamu dapatkan.

Merasakan kehilangan merupakan hal yang pastinya dialami oleh semua orang. Merasa stres, kesal, sebal dan ingin marah menjadi hal yang lumrah setelahnya.

Namun, jika Kamu terus-terusan seperti itu, hal tersebut malah akan membuatmu menjadi pribadi yang buruk. Kamu bahkan bisa terkena gangguan kejiwaan yang takut jika Kamu tidak bisa mengatasinya sendiri.

Tetaplah yakin dan optimis bahwa masih ada banyak lagi kebahagiaan yang bisa Kamu alami di masa mendatang. Yakinlah bahwa setiap kehilangan yang Kamu alami pasti akan diganti.

Tentunya ucapan Selamat Hari Kesehatan Jiwa Sedunia ini sangat cocok buat Kamu yang baru saja merasa kehilangan dan ditinggalkan.

3. Bangkitlah Dari Segala Macam Keterpurukan yang Kamu Alami

Merasa sedih berlarut-larut akan sesuatu hal yang membuatmu merasa sakit hanya akan menjadikan dirimu sebagai orang yang tidak berdaya.

Bangkitlah, bangunlah dari segala macam keterpurukan yang Kamu alami saat ini. Kamu tidak pantas merenungi sesuatu terlalu lama, hal tersebut hanya akan membuatmu dicap sebagai orang gila.

Setiap orang pastinya akan merasakan bagaimana rasanya tersakiti, bagaimana rasanya berada di titik terendahnya. Namun, tidak semua orang mampu lolos dari zona tersebut.

Menjadi orang yang terus menerus bersedih bukanlah yang baik. Apalagi, hal ini tentunya akan sangat berbahaya bagi kesehatan jiwamu sendiri.

Yakinlah pada dirimu sendiri bahwa Kamu mampu melewati semuanya. Yakinkan pada dirimu sendiri bahwa Kamu adalah orang yang kuat.

Tentu, menjadi orang gila bukanlah menjadi harapan bagi setiap orang. Jangan sampai Kamu membuat dirimu menjadi gila hanya karena masalah yang Kamu alami.

Ada banyak ucapan Selamat Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang bisa Kamu ucapkan untuk mendukung siapa saja yang sedang terkena gangguan kejiwaan baik itu ringan ataupun berat.

Selain itu, Kamu juga bisa selalu berada di samping penderita agar dapat memberikan motivasi serta dukungan untuk kesembuhannya.