3 Resep Cara Membuat Sambal Tomat Paling Enak

Jujur saja, meskipun saat ini beragam masakan dari berbagai negara yang masuk ke Indonesia, masih belum bisa mengalahkan masakan rumahan seperti lalapan serta sambal tomat.

Loading...

Berbagai jenis gorengan dengan sayuran sangat cocok dipadukan dengan sambal tomat. Cara membuat sambal tomat juga mudah dan cepat.

Sambal tomat sangat cocok disajikan dengan berbagai macam masakan baik jenis makanan gurih maupun manis.

Contohnya seperti tempe bacem yang memiliki rasa manis dan tempe goreng yang memiliki rasa gurih. Simak penjelasan lebih dalam terkait pembuatan sambal tomat di bawah ini yuk!

Cara Membuat Sambal Tomat

https://resepkoki.co/

Bahan Membuat Sambal Tomat

Bahan untuk membuat sambal tomat tersedia baik di pasar tradisional maupun di pasar modern. Anda juga dapat memperoleh bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sambal tomat dengan harga yang terjangkau.

Bagus atau tidaknya bahan yang Anda gunakan pada saat membuat sambal tomat ini dapat mempengaruhi rasa sambal.

Sebelum membeli, alangkah baiknya untuk memperhatikan setiap detail dari bahan-bahan tersebut agar menghasilkan rasa sambal tomat yang enak. Bahan untuk membuat sambal tomat adalah :

  • 1 buah tomat merah yang telah dibuang bagian batangnya kemudian cuci hingga bersih dengan air yang mengalir.
  • 10 cabe rawit merah yang juga telah dibuang bagian batangnya kemudian cuci hingga bersih
  • 2 siung bawang putih dan satu siung bawang merah yang telah dikupas kemudian dicuci hingga bersih
  • Garam, gula, kaldu ayam bubuk, dan minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Sambal Tomat dengan Berbagai Varian Resep

Sambal tomat memang terkenal disajikan sebagai pelengkap makanan yang sudah tidak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia.

Namun, hidangan sambal tomat yang melulu sama tentu akan memberikan rasa bosan. Karenanya, tersedia berbagai varian resep sambal tomat yang dapat Anda coba dirumah.

1. Sambal tomat mentah

Cara membuat sambal mentah ini paling praktis dibandingkan cara pembuatan sambal tomat yang lain karena pada langkah ini Anda hanya cukup mencuci bahan-bahan seperti cabe rawit, bawang merah, bawang putih, dan tomat.

Kemudian potong semua bahan dasar yang telah dicuci tersebut hingga ukuran medium. Setelah itu, ulek cabe, bawang merah, bawang putih, terasi, gula dan garam secukupnya hingga halus.

Kemudian masukkan tomat sebagai bahan pelengkap terakhir. Rasakan sambal tomat yang telah Anda buat, jika rasa sudah nikmat, sambal tomat mentah ini siap dihidangkan.

Baca juga: Resep sambal mentah jeruk nipis

2. Sambal tomat kukus

Sambal tomat kukus biasanya menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menerapkan pola hidup sehat tanpa lemak. Anda dapat mengukus bahan-bahan seperti cabe, bawang merah, bawang putih, tomat, dan terasi.

Setelah cukup matang, haluskan bahan-bahan sama seperti sebelumnya kemudian tambahkan gula dan garam secukupnya agar rasa sambal tomat Anda semakin nikmat.

Setelah dirasa cukup, sambal tomat kukus Anda siap dihidangkan sebagai pelengkap makanan Anda.

3. Sambal tomat goreng

Sambal tomat goreng ini merupakan salah satu jenis sambal yang pasti menjadi favorit semua lidah orang Indonesia.

Pada jenis sambal ini Anda harus menggoreng bahan yang diperlukan, dengan tomat sebagai bahan terakhir yang digoreng.

Haluskan cabe rawit, bawang merah, bawang putih, terasi, beserta garam dan gula secukupnya hingga tidak ada bahan yang masih utuh.

Kemudian masukkan tomat sebagai bahan terakhir yang dihaluskan. Setelah dirasa pas, sambal tomat goreng ini siap dihidangkan.

Cara membuat sambal tomat di atas memiliki berbagai variasi yang dapat Anda pilih sesuai selera.

Tiga jenis sambal tomat mentah, dikukus, maupun digoreng tentunya memiliki keunggulan yang dapat Anda dibuat dirumah. Selamat mencoba!

Baca juga: Cara membuat sambal terong