Cara Mengolah Biji Selasih untuk Minuman Hangat yang Bisa Dicoba Sendiri di Rumah

Selasih merupakan biji hitam yang dilapisi selaput putih yang akan mengembang jika direndam dengan air. Biji selasih sendiri berasal dari tanaman yang bernama latin Ocimum Basillicum atau basil.

Loading...

Selain sebagai campuran minuman dingin, ternyata selasih juga nikmat bila disajikan dengan minuman hangat. Kali ini akan dijelaskan mengenai cara mengolah biji selasih untuk minuman hangat.

Cara Mengolah Biji Selasih untuk Minuman Hangat

Beberapa jenis minuman hangat dapat dibuat dengan menambahkan biji selasih di dalamnya. Tambahan biji selasih pada minuman tersebut membuat cita rasa minuman menjadi segar dan unik.

Beberapa contoh minuman tersebut antara lain adalah:

1. Teh Selasih

Teh Selasih

https://cookpad.com/id

Siapa sangka bahwa ternyata minuman teh akan terasa nikmat bila dicampurkan dengan selasih. Tekstur dari biji selasih menimbulkan sensasi tersendiri ketika Anda meminum minuman ini.

Cara membuatnya pun sangatlah mudah, cepat dan bisa Anda coba di rumah. Adapun cara membuat teh selasih antara lain adalah:

  • Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Adapun bahan yang dibutuhkan untuk membuat secangkir teh selasih adalah teh celup, air, madu atau gula, 1 buah jeruk nipis dan tentu saja biji selasih.
  • Rendam biji selasih ke dalam air hangat terlebih dahulu. Kemudian diamkan hingga mengapung. Lalu tiriskan.
  • Selanjutnya adalah membuat tehnya dengan seduh teh celup dengan air hangat lalu tambahkan perasan jeruk nipis untuk menambah rasa segar pada teh.
  • Setelah itu, tambahkan gula pasir atau bisa juga madu secukupnya sesuai dengan selera Anda lalu aduk hingga semuanya larut
  • Terakhir, masukkan biji selasih yang telah ditiriskan ke dalam teh yang sudah ada.
  • Teh selasih pun siap diminum. Minumlah teh selasih tersebut selagi hangat, agar lebih terasa nikmat.

2. Jeruk Serai Selasih Hangat

Wedang Jeruk Selasih Hangat

https://www.bacaresepdulu.com/

Minuman berikutnya yang bisa Anda coba di rumah adalah jeruk serai selasih hangat. Cara membuatnya pun cukup mudah dan cepat.

Selain itu, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat minuman ini sangat mudah didapatkan. Adapun cara membuat jeruk serai selasih hangat adalah:

  • Siapkan bahan-bahan yang diperlukan. Bahan-bahan yang diperlukan adalah air perasan jeruk manis, gula pasir, satu batang serai yang telah dimemarkan, nata de coco (opsional), dan yang terakhir adalah biji selasih.
  • Langkah pertama adalah rendam biji selasih ke dalam air hangat lalu tunggu hingga mengambang. Setelah mengambang, tiriskan biji selasih tersebut.
  • Panaskan air, lalu rebus gula pasir dan juga serai hingga mendidih.
  • Setelah mendidih, matikan kompor dan masukkan air perasan jeruk manis ke dalam panic lalu aduk dengan rata.
  • Pada gelas saji, masukkan nata de coco dan juga biji selasih yang telah ditiriskan. Kemudian tuangkan air perasan jeruk yang telah dicampurkan dengan larutan gula.
  • Jeruk serai selasih hangat pun siap disajikan. Minumlah minuman tersebut selagi hangat agar tubuh Anda dapat kembali segar.

3. Madu Selasih Hangat

Madu Selasih Hangat

https://grid.id/

Minuman lainnya yang bisa Anda buat sendiri di rumah adalah madu selasih hangat. Seperti namanya, Anda hanya perlu menyiapkan air hangat, madu dan juga selasih.

Adapun cara membuat minuman sederhana ini adalah:

  • Rendam biji selasih ke dalam air hangat, diamkan, lalu tiriskan.
  • Selanjutnya adalah masukkan 2 sendok makan madu kedalam air hangat, aduk hingga tercampur dan masukkan selasih
  • Minuman pun siap dihidangkan.

Demikianlah cara mengolah biji selasih untuk minuman hangat yang bisa Anda coba di rumah. Minuman tersebut bisa membantu Anda dalam memulihkan kesegaran tubuh setelah lelah seharian beraktifitas.