Cara Mengolah Lidah Buaya Menjadi Minuman Segar dan Berkhasiat

Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki banyak sekali khasiat. Selain bagi kesehatan, lidah buaya juga terkenal tanaman yang memiliki khasiat bagi kecantikan.

Loading...

Biasanya, tanaman lidah buaya diolah menjadi berbagai jenis masker. Namun tahukah Anda bahwa lidah buaya dapat diolah menjadi minuman.

Cara mengolah lidah buaya menjadi minuman pun cukup mudah dilakukan sendiri di rumah.

Cara Mengolah Lidah Buaya

http://cara-caramengolah.blogspot.com/

Cara Mengolah Lidah Buaya Menjadi Minuman

Lidah buaya bisa dicampurkan pada berbagai jenis minuman. Namun, sebelum dicampurkan ke berbagai jenis minuman tersebut, lidah buaya harus diolah terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan untuk membuang kandungan lendir yang terdapat di dalam daging lidah buaya. Adapun cara mengolah lidah buaya agar siap diolah menjadi berbagai jenis minuman adalah:

  1. Siapkan tumbuhan lidah buaya yang siap diolah. Lidah buaya yang siap diolah menjadi bahan minuman biasanya memiliki ciri berwarna hijau tua. Selain itu, daun lidah buaya yang siap diolah memiliki tekstur daun yang lembut.
  2. Daun lidah buaya yang siap diolah tadi selanjutnya dicuci dengan air yang mengalir. Cuci daun lidah buaya tersebut hingga bersih dan tidak ada lagi kotoran yang tersisa.
  3. Daun lidah buaya yang telah dicuci kemudian dipisahkan antara daging dan kulitnya. Daging lidah buaya memiliki tekstur yang kenyal dan berwarna putih bening.
  4. Selanjutnya adalah memotong daging lidah menjadi bentuk dadu atau bentuk yang sesuai dengan selera Anda.
  5. Kemudian cuci daging lidah buaya tersebut dengan air yang mengalir hingga bersih. Lakukan proses pencucian ini secara berulang-ulang agar lendir yang menempel pada daging lidah buaya benar-benar hilang.
  6. Kemudian rebus air hingga mendidih
  7. Setelah mendidih, rebus potongan lidah buaya tersebut ke dalam air yang mendidih selama kurang lebih 5 hingga sepuluh menit
  8. Selanjutnya angkat lidah buaya yang telah direbus tersebut dan rendam ke dalam air dingin untuk menjaga teksturnya.
  9. Lidah buaya pun siap dicampurkan dengan berbagai jenis bahan minuman lainnya.

Beberapa Jenis Minuman dengan Bahan Dasar Lidah Buaya

Ada banyak sekali jenis minuman yang bisa Anda buat dengan bahan dasar lidah buaya. Beberapa contoh minuman yang dapat dibuat dengan bahan dasar lidah buaya antara lain adalah:

1. Wedang Jahe Aloe

Wedang Jahe Aloe

https://cookpad.com/id

Ternyata wedang jahe juga terasa nikmat apabila dicampur dengan daging lidah buaya. Bahan baku dan cara membuat wedang jahe aloe ini sama saja dengan wedang jahe pada umumnya.

Hanya saja topping baisanya seperti kacang tanah, ataupun ronde diganti daging lidah buaya yang telah direbus.

2. Es Lidah Buaya

Es Lidah Buaya

www.obino.in

Minuman lainnya yang bisa dibuat dengan bahan dasar lidah buaya adalah es lidah buaya. Es lidah buaya memiliki rasa yang menyegarkan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah dicari dipasaran. Anda hanya membutuhkan sirup, es batu, irisan lemon, dan agar-agar.

Cara membuatnya pun sangatlah mudah. Anda hanya perlu mencampurkan semua bahan-bahan yang telah ada ke dalam gelas. Dengan demikian, es lidah buaya yang segara siap disajikan.

3. Jus Kolang-Kaling Lidah Buaya

Jus Kolang-Kaling Lidah Buaya

https://cookpad.com/id

Anda juga bisa membuat kombinasi jus antara kolang-kaling dan lidah buaya. Selain segar, minuman ini juga bekhasiat untuk menjaga kesehatan tulang agar terhindar dari radang sendi.

Minuman ini juga sangat cocok bila dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet. Hal ini dikarenakan minuman ini memiliki kandungan kalori yang rendah.

Demikianlah beberapa jenis minuman dengan bahan dasar lidah buaya. Cara mengolah lidah buaya menjadi minuman tersebut tentu saja bisa Anda terapkan dirumah karena sangat mudah dilakukan.