Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

9 Cara Menjadi Diri Sendiri Seutuhnya Agar Hidup Bahagia

Cara Menjadi Diri Sendiri Seutuhnya – Setiap orang tentu menginginkan kehidupan yang tentram. Sebab, hidup yang hanya dipenuhi dengan kegelisahan bukan saja menimbulkan permasalahan yang pelik, namun juga menjadi penyebab datangnya stress.

Nah, Kamu tentu tidak ingin bukan jika permasalahan serupa menimpa?

Cara Menjadi Diri Sendiri Seutuhnya

Cara Menjadi Diri Sendiri

image via karyahastadinamika.com

Salah satu langkah yang paling tepat untuk mengatasi hal ini ialah dengan menemukan cara menjadi diri sendiri seutuhnya. Mengapa demikian?

Selain mengenal kepribadian Kamu, jalan konkrit semacam ini juga akan menghindarkan Kamu dari bahaya termakan gengsi. Hingga sejumlah hal fatal lainnya yang justru membuat kehidupanmu menjadi tidak nyaman.

1. Ikuti Kata Hati

Dalam mengambil keputusan, acapkali Kamu menjadi pribadi yang tiba-tiba panik. Padahal kondisi ini justru akan berpengaruh terhadap kemampuan Kamu untuk berpikir jernih. Cobalah untuk menjadi lebih tenang dan mengikuti apa kata hati Kamu.

Disamping untuk menghindarkan prasangka yang buruk, Kamu dapat mengandalkan firasat yang dapat memberikan ketenangan bagi keputusan yang akan Kamu ambil selanjutnya.

Namun, kata hati ini juga patut Kamu barengi dengan tindak lanjut atau kemauan yang bersumber dari diri Kamu sendiri. Misalnya kebiasaan untuk bangun pagi dengan memasang alarm di handphone atau memutar jam weker agar Kamu tidak bangun terlalu siang.

2. Melatih Diri

Cara menjadi diri sendiri seutuhnya dapat Kamu lakukan dengan giat berlatih. Tips yang kedua ini berhubungan dengan potensi yang Kamu miliki.

Misal berkaitan dengan bakat Kamu dalam berbicara di depan banyak orang, bakat di bidang seni, ataupun kepiawaian Kamu dalam mengotak-atik sejumlah software yang dapat menjadi nilai plus bagi diri Kamu sendiri.

Lakukanlah setiap hari selama 1-2 jam untuk mengorek lebih dalam lagi minat dan bakat yang Kamu miliki. Dengan begitu, Kamu dapat menemukan titik terang dan menekuni apa yang Kamu sukai.

Tentu saja, tanpa harus mengikuti trend serta sesuatu yang sedang booming. Kamu akan tetap menjadi pribadi dengan skill menakjubkan berkat kerja keras dan keahlian yang Kamu miliki.

3. Jangan Memaksakan Diri

Acapkali anggapan orang-orang mengenai ungkapan “bisa karena terbiasa” tidak berlaku bagi sebagian orang. Ya, hal ini selain pengaruh dari kemampuan pribadi orang yang unik, juga merupakan penegas bahwa setiap orang disupport oleh skill yang berbeda-beda.

Apabila Kamu tidak ahli merumuskan matematika, kimia, fisika, atau bagian dari materi eksak lainnya, maka Kamu tidak perlu memaksakan diri untuk menghafal ilmu tersebut.

Mengapa? Selain kekhawatiran melemahkan mental, usaha yang Kamu lakukan juga berisiko menghasilkan kesia-siaan semata.

Terlebih kalau dari awal Kamu memang tidak menyukai cara menjadi diri sendiri seutuhnya yang dulunya Kamu anggap sebagai solusi paling baik tersebut.

4. Menciptakan , Bukan Mengikuti

Ya, majulah dengan ide yang Kamu punya. Jangan hanya menjadi orang yang hanya mampu mengikuti gaya orang lain berkarya. Apalagi sampai menjiplak hasil jerih payah orang lain.

Yakinlah pada diri sendiri bahwa Kamu dibekali dengan kemampuan yang luar biasa oleh Tuhan, sehingga Kamu tidak merasa pesimis saat akan mencoba sesuatu.

Cara menjadi diri sendiri seutuhnya dengan membuat sesuatu yang berguna bagi orang lain misalnya. Terobosan ini cenderung lebih membuat Kamu berpikir maju lantaran Kamu diberikan kesempatan yang luas untuk memaksimalkan usaha dan kreativitas yang Kamu punya.

Kalau pun terdapat produk besutan orang lain yang menginspirasi, maka paling tidak Kamu harus melakukan modifikasi di dalamnya.

5. Jujur Pada Diri Sendiri

Barangkali, diantara semua tips yang sudah disebutkan tadi, oin yang kelima ini menempati posisi nomor satu sebagai cara menjadi diri sendiri seutuhnya,

yang terbukti ampuh dan mampu membuat Kamu tumbuh menjadi pribadi yang baik. Jujur terhadap kemampuan diri sendiri misalnya. Hal ini memang terkadang pahit.

Namun Kamu harus tetap melakukannya agar tidak dibayang-bayangi oleh penderitaan pada akhirnya.

Jujur pada diri sendiri akan membawa Kamu berada di tahap yang sebenar-benarnya, terutama saat Kamu dituntut untuk menentukan tindakan yang mesti  diambil. Tanamkan pada diri Kamu bahwa yang mengetahui seluk-beluk kehidupan Kamu adalah diri sendiri, bukan teman ataupun orang lain.

6. Keyakinan

Inilah alasan dibalik mengapa Kamu diharuskan tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri. Selain dikenal mempunyai daya juang yang tinggi,

tipikal orang dengan kepercayaan yang tak main-main juga disokong oleh mental yang kuat, sehingga hanya kemungkinan kecil saja bagi mereka untuk menyerah saat menghadapi tantangan yang berat dalam kehidupan.

Yakinlah pada diri Kamu sendiri bukan pada anggapan atau kritikan dari orang lain. Sebab tidak semua tanggapan yang diberikan oleh orang lain dapat membangun kualitas diri kita.

Cara menjadi diri sendiri seutuhnya ini dapat Kamu lakukan dengan meyakini bahwa Kamu mampu mengejar mimpi-mimpi yang belum tercapai.

7. Passion

Saat Kamu berhasil melakoni segala sesuatu dengan nyaman, senang dan tidak menyisakan beban. Ya, boleh jadi kegiatan tersebut menjadi bagian dari passion Kamu.

Keinginan yang seimbang dengan bakat dan minat inilah yang dapat menggiring Kamu menjadi pribadi sukses di masa depan.

Berbeda halnya dengan merampungkan pekerjaan, menjalankan passion yang dilandasi dengan ketekunan dan bakat sama sekali tidak meninggalkan keluhan. Malah Kamu akan merasa menemukan jati diri Kamu yang sebenarnya melalui sebuah karya.

Adapun kemunculan passion ini mungkin sudah dapat Kamu prediksi sejak SMP, SMA, atau bahkan SD, sehingga sangat menginjak dewasa, Kamu sudah bisa menemukannya.

8. Tulis Target

Cara menjadi diri sendiri seutuhnya dapat Kamu mulai dengan merencanakan hal-hal yang akan Kamu rampungkan.

Kamu dapat menuliskannya melalui kertas, atau note yang ditempelkan di kamar tidur. Hingga ruangan-ruangan yang kerap Kamu sambangi setiap harinya.

Meskipun terbilang sederhana, tindakan mudah ini dapat diandalkan sebagai loncatan. Dimana dapat memacu rasa semangat dan ketekunan Kamu untuk menjadi lebih baik ketimbang sebelumnya.

Selain itu, perencanaan yang matang juga sangat berguna untuk menghadapi kekosongan ide yang acapkali menimpa diri Kamu.

Sebagai alternatifnya, Kamu juga bisa menerapkan cara menjadi diri sendiri seutuhnya dengan menempelkan planning tersebut di papan kayu berukuran sedang.

9. Ingat Target yang Pernah Dicapai

Langkah terakhir ini memang sederhana. Namun siapa sangka jika hal ini sangat berperan bagi kesuksesan Kamu nantinya. Tidak percaya? Coba saja untuk melakukannya.

Putar kembali ingatan Kamu mengenai prestasi yang pernah Kamu raih di tahun sebelumnya. Berdasarkan penelitian, keberhasilan dalam memperoleh sesuatu yang pernah dicapai akan memacu Kamu tumbuh menjadi pribadi dengan prestasi yang baik.

Untuk menunjang hal ini, Kamu dapat melakukan sesuatu yang spektakuler atau menantang diri Kamu untuk keluar dari zona nyaman yang sekarang.

Berhentilah untuk menampilkan siapa diri Kamu sekarang. Selain tidak baik, dikhawatirkan Kamu cepat merasa puas dan enggan berusaha lagi.

Cara menjadi diri sendiri seutuhnya tidak terlepas dari ketelitian mengenal pentingnya kapan mengikuti trend serta berhenti untuk memaksakan diri.