Mulai Lari Pagi Sekarang Demi Beragam Manfaat Jogging Berikut Ini

Jogging

https://www.facetofeet.com

Lari pagi atau biasa disebut jogging adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan. Selain mudah untuk dilakukan, karena Kamu cuma perlu persiapan sepatu running, jogging juga akan memberikan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh Kamu secara umum.

Loading...

Ya, tahukah Kamu bahwa ada banyak sekali manfaat jogging yang akan membuat kesehatan Kamu lebih terjaga dan Kamu tidak mudah sakit?

Dikutip dari beberapa sumber, ada beragam manfaat kesehatan maksimal yang akan Kamu dapatkan dari aktivitas ini. Penasaran? Simak ulasan di bawah ini.

Manfaat Terbaik Lari Pagi untuk Kesehatan Tubuh

Telah disinggung di awal bahwa ada cukup banyak manfaat jogging yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan menjaga tubuh agar tidak mudah drop.

Nah, adapun beberapa manfaat yang bakal Kamu dapatkan dari aktivitas jogging di pagi hari adalah sebagai berikut:

Baca juga : Manfaat berenang

1. Membantu Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

https://www.twaku.com/

Ternyata, jogging yang Kamu lakukan ada hubungannya dengan umur yang lebih panjang! Ya, baru-baru ini, menurut salah satu penelitian yang dilakukan, lari pagi secara teratur dengan jarak yang cukup jauh bisa mengurangi risiko kematian dini hingga 54%. Ini adalah salah satu fakta yang cukup mengesankan.

Lalu, bagaimana penjelasan secara logika mengenai hal ini?

Nah, jogging yang Kamu lakukan di pagi hari bisa meningkatkan metabolisme tubuh secara umum. Selain itu, aktivitas tersebut juga akan melatih paru untuk bisa bekerja dengan lebih baik melalui pernafasan yang lebih intensif saat lari pagi.

Kedua hal inilah yang akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan angka harapan hidup menjadi lebih tinggi.

2. Menyehatkan Kondisi Jantung

Menyehatkan Jantung

https://www.wowkeren.com

Jantung yang sehat adalah sebuah kebahagiaan dalam hidup. Hal ini dikarenakan jantung memiliki fungsi yang sangat penting di dalam tubuh sebagai pengatur aliran darah.

Jika Kamu memiliki jantung yang sehat, maka aliran darah akan menjadi lebih lancar dan nutrisi bisa didistribusikan dengan maksimal ke seluruh tubuh.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung adalah hal utama yang harus dilakukan demi hidup yang sehat. Dalam hal ini, jogging adalah cara mudah dan sangat efektif untuk menjaga kesehatan jantung.

Bermodal jogging sejauh 16 km selama satu minggu, Kamu bisa mengurangi risiko tekanan darah hingga 39%.

Tidak hanya itu, aktivitas tersebut bisa mengurangi gangguan kolesterol di dalam tubuh hingga 34%. Kedua hasil tersebut tentu saja hanya sekelumit manfaat yang didapatkan dari jogging secara teratur.

Nah, lakukan kebiasaan baik ini setiap hari dan Kamu bisa mendapatkan manfaat yang lebih banyak.

3. Mencegah Impotensi

Impotensi

https://www.halodoc.com

Bagi pria dewasa yang sudah berkeluarga, impotensi adalah momok yang sangat menakutkan. Ya, gangguan kesehatan ini bisa memicu hubungan suami istri menjadi tidak harmonis dan terkadang menjadi sebab munculnya masalah baru hingga berujung pada perceraian.

Menurut beberapa sumber, gangguan kesehatan ini disebabkan oleh faktor psikologis, seperti depresi, stress, cemas dan lainnya.

Selain itu, impotensi juga disebabkan karena masalah fisik, seperti pembuluh darah yang menyempit dan hormon yang kurang seimbang.

Nah, salah satu cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi gangguan kesehatan ini adalah jogging.

Kenapa dengan jogging? Aktivitas lari ini secara umum akan meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, jogging yang dilakukan akan membuat stress dan depresi mereda sehingga perasaan menjadi lebih tenang.

Baca juga : Manfaat bersepeda di pagi hari

4. Bisa Memperkuat Struktur Tulang

Struktur Tulang

https://sehatq.com

Untuk Kamu yang masih berada pada masa pertumbuhan, memperkuat struktur tulang adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan struktur tulang yang kuat, maka pertumbuhan badan akan menjadi lebih maksimal.

Nah, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat struktur tulang, salah satunya adalah jogging di pagi hari. Kebiasaan ini adalah kebiasaan yang bagus karena akan melatih otot terus bergerak dan tulang –terutama pada bagian kaki menjadi lebih kuat.

5. Mencegah Terjadinya Dimensia

Dimensia

https://www.paprikaliving.com

Pernahkah Kamu mendengar apa itu dimensia? Gangguan kesehatan ini disebut juga dengan istilah pikun.

Nah, meskipun gangguan kesehatan ini umumnya menyerang orang-orang yang sudah lanjut usia, namun kini cukup banyak ditemukan pikun terjadi pada orang-orang yang secara umum masih berusia muda.

Ini adalah kondisi yang cukup memprihatinkan dan tentu saja harus segera ditanggulangi. Nah, jogging adalah salah satu cara yang cukup tepat untuk mencegah terjadinya penyakit pikun.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012, lari pagi memiliki potensi yang cukup besar untuk meningkatkan fungsi otak dan hal-hal sejenis yang berkaitan dengan konsentrasi dengan daya ingat.

Dalam penelitian tersebut, orang-orang yang terbiasa jogging di pagi hari cenderung tidak mengalami masalah meskipun sudah berusia lanjut.

Baca juga : Teh Daun Sukun Bagi Kesehatan

6. Meningkatkan Pola Tidur Harian

Istirahat yang Cukup

https://bandungkita.id

Apakah Kamu termasuk salah satu yang memiliki masalah pola tidur setiap hari? Masalah pola tidur adalah salah satu masalah yang sering ditemukan, terutama pada anak muda. Kebiasaan begadang membuat pola tidur menjadi berantakan dan efeknya tingkat kesehatan menjadi turun.

Lalu, bagaimana solusi untuk mengatasi hal ini? Perlu diketahui bahwa ternyata jogging juga bisa diandalkan untuk meningkatkan pola tidur harian.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan, jogging akan membuat seseorang lebih cepat tidur 17 menit lebih awal daripada yang tidak.

Selain itu, mereka yang terbiasa jogging akan cenderung memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Hal ini dikarenakan orang yang terbiasa jogging memiliki metabolisme tubuh yang lebih optimal dibandingkan yang tidak.

Nah, segudang manfaat akan Kamu dapatkan jika Kamu rutin jogging di pagi hari. Tunggu apa lagi. Biasakan bangun pagi dan awali hari dengan lari pagi!