Beragam Manfaat Olahraga Pagi yang Akan Membuat Kamu Menyesal Melewatkannya!

Olahraga pagi

Olahraga pagi, jogging ringan, https://lifestyle.kompas.com

Manfaat olahraga pagi – Mungkin, cukup banyak diantara Kamu yang masih saja malas untuk bangun pagi dan berolahraga di pagi hari.

Loading...

Godaan kasur yang terlalu besar terkadang memang mencengkeram terlalu kuat sehingga untuk beranjak dari kasur pun rasanya sangat susah, terlebih ketika di hari libur.

Padahal, bangun terlalu siang akan membuat tubuh terasa kurang enak dan cenderung lemas. Oleh karena itu, agaknya Kamu harus mulai mengubah kebiasaan buruk tersebut dan menggantinya dengan kebiasaan yang lebih baik dengan membiasakan diri berolahraga di pagi hari.

Secara umum, Kamu pasti tahu bahwa olahraga adalah aktivitas menyehatkan yang akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar, terlebih olahraga pagi.

Ya, olahraga pagi adalah kunci untuk mempersiapkan kondisi tubuh guna beraktivitas sepanjang hari.

Manfaat Olahraga Pagi yang Sayang Dilewatkan

Perlu diketahui bahwa ada banyak manfaat dari olahraga pagi hari yang bisa jadi akan membuat Kamu menyesal kenapa memilih bertahan di kasur daripada beranjak.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut beberapa manfaat terbaik yang bisa Kamu dapatkan dari kebiasaan berolahraga setiap pagi.

Penasaran? Simak uraian di bawah ini!

Baca juga : Cara menjaga daya tahan tubuh

1. Olahraga Pagi Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak

Olahraga pagi bisa meningkatkan kecerdasan otak

https://www.happifyourworld.com/

Ingin memiliki otak dengan tingkat kecerdasan yang tinggi? Nah, olahraga pagi adalah salah satu kunci yang harus Kamu lakukan. Ini adalah salah satu manfaat terbesar olahraga pagi yang pasti akan sangat disayangkan untuk dilewatkan.

Menurut penelitian yang dilakukan di Jepang, kebiasaan olahraga pagi bisa berpotensi meningkatkan kecerdasan otak.

Penelitian tersebut menjelaskan bahwa orang yang rutin berolahraga di pagi hari akan cenderung memiliki intelektual yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak.

Ini adalah salah satu fakta yang menarik terkait kebiasaan olahraga di pagi hari. Nah, jika Kamu ingin meningkatkan kecerdasan otak, maka kalahkan godaan kasur dan mulailah untuk berolahraga di pagi hari.

2. Sistem Kekebalan Tubuh Akan Lebih Kuat

Sistem kekebalan Tubuh

https://www.netralnews.com/

Memang, secara umum, olahraga akan membantu Kamu untuk meningkatkan kekuatan pada sistem kekebalan tubuh. Namun, olahraga pagi adalah salah satu pilihan yang terbaik terkait hal ini.

Ya, apa yang membuat olahraga di pagi hari seakan lebih baik daripada olahraga di waktu yang berbeda adalah adanya sinar matahari pagi yang hangat. Sinar matahari adalah faktor kenapa olahraga pagi sangat disarankan.

Sinar tersebut mengandung vitamin D yang akan berguna bagi kesehatan. Apa guna vitamin D pada sinar matahari tersebut adalah untuk diolah menjadi antibodi yang akan berguna sebagai media menangkal penyakit.

Nah, Kamu bisa berolahraga maksimal jam 9 pagi untuk mendapatkan sinar matahari pagi yang sehat dan menyehatkan.

Baca juga : Olahraga ringan di pagi hari

3. Olahraga Pagi Bisa Menghilangkan Rasa Sakit Kepala

Menghilangkan Rasa Sakit Kepala

https://beritabojonegoro.com

Sering mengalami sakit kepala dan merasa sangat terganggu? Nah, jika Kamu mengalaminya, Kamu bisa menghilangkan gangguan kesehatan ini dengan berolahraga di pagi hari.

Rasa sakit pada kepala ini bisa ditimbulkan karena beberapa alasan, seperti kurangnya jam tidur, tidur pada posisi yang salah dan lainnya.

Nah, olahraga pagi bisa mengembalikan kesegaran tubuh yang terganggu. Akibatnya, tubuh akan menjadi lebih siap untuk beraktivitas dan rasa pusing pada kepala tersebut bisa diatasi dengan baik.

4. Mencegah Penyakit Alzheimer

Mengatasi Penyakit Alzheimer

https://hellosehat.com

Pernahkah Kamu mendengar apa itu Alzheimer? Alzheimer adalah gangguan kesehatan yang cukup serius dan akan menyerang sistem saraf.

Seseorang yang menderita Alzheimer cenderung tidak bisa beraktivitas dengan baik dan ia akan gemetar dalam waktu yang lama tanpa alasan yang jelas.

Nah, menurut beberapa penelitian, salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya gangguan kesehatan ini adalah dengan berolahraga secara serius di pagi hari.

Beberapa menu olahraga yang bisa Kamu lakukan dengan tujuan untuk mencegah gangguan kesehatan ini adalah jogging dan treadmill.

Tentu, untuk hasil yang lebih maksimal, Kamu harus melakukannya dengan serius dan teratur. Jika memungkinkan, buatlah jadwal olahraga agar Kamu bisa lebih teratur untuk menjalankannya.

5. Olahraga Pagi Bisa Menyehatkan Jantung

Olahraga pagi Menyehatkan Jantung

https://www.wowkeren.com

Jantung adalah organ tubuh yang sangat penting karena perannya yang sangat besar. Ya, bisa dikatakan organ satu ini adalah penentu kehidupan manusia.

Pasalnya, detak jantungnya akan mempengaruhi kehidupan. Jika ia berhenti, maka selesai juga sebuah kehidupan seseorang.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung adalah suatu keharusan agar Kamu mendapatkan kondisi tubuh yang senantiasa terjaga dan sehat.

Sebenarnya, ada cukup banyak ide untuk menjaga kesehatan jantung. Salah satu yang paling efektif yang untuk menjaga kesehatan jantung adalah olahraga pagi.

Dengan melakukan olahraga pagi secara teratur, maka detak jantung akan meningkat yang artinya jantung berfungsi dengan baik. Jogging adalah salah satu pilihan tepat untuk menjaga kesehatan jantung.

Baca juga : Jus Wortel Lezat untuk Kesehatan Mata

6. Olahraga di Pagi Hari Bisa Menghambat Penuaan

Menghambat Penuaan

https://intisari.grid.id

Nah, siapa dari kalian yang ingin awet muda? Jika Kamu adalah salah satu yang cukup peduli dengan penampilan dan merasa tak nyaman dengan penuaan, maka lakukanlah olahraga secara teratur di pagi hari.

Olahraga di pagi hari akan membantu pertumbuhan sel-sel baru yang menggantikan sel-sel tua yang mati. Nah, gerakan-gerakan yang dilakukan itulah yang akan memperbarui sel.

Dengan melakukannya secara teratur, bisa jadi sel tubuh akan selalu baru dan efeknya, Kamu akan tetap terlihat lebih muda. Sangat menyenangkan, bukan?

Poin di atas hanya menjelaskan segelintir saja manfaat yang didapatkan jika Kamu rutin berolahraga di pagi hari.

Oleh karena itu, jika Kamu ingin mendapatkan manfaat yang lebih banyak dari olahraga ini, kuatkan tekad dan lakukan olahraga di pagi hari secara teratur. Semoga membantu!

By continuing to use the site, you agree to the use of cookies. more information

The cookie settings on this website are set to "allow cookies" to give you the best browsing experience possible. If you continue to use this website without changing your cookie settings or you click "Accept" below then you are consenting to this.

Close