7 Tahapan Dalam Proses Pengambilan Keputusan

Decision

https://www.translatemedia.com

Setiap harinya kita dihadapkan dengan berbagai macam persoalan yang menuntut untuk mengambil keputusan. Mulai dari keputusan yang bersifat sederhana hingga keputusan yang kompleks.

Loading...

Salah satu contoh keputusan yang sederhana dimulai dari pagi hari untuk mandi, sarapan menggunakan menu apa, berangkat kerja mau naik apa, makan siang menggunakan menu apa dan masih banyak lainnya.

Ya, keputusan memang tidak bisa lepas begitu saja dari kehidupan manusia. Nah, saat manusia dihadapkan dengan keputusan yang sederhana, mungkin hal tersebut tidak akan begitu menguras pikiran dan perasaan.

Lain halnya saat kita dihadapkan dengan keputusan yang kompleks dimana dalam setiap keputusan yang akan diambil memiliki risiko di dalamnya.

Proses pengambilan keputusan yang dilakukan harus dipikirkan dengan baik, dengan matang dan dipertimbangkan efeknya di masa depan.

Jika sudah begini, kadang manusia akan merasa putus asa dan tidak tahu lagi harus bagaimana. Perlu Kamu tahu bahwa dalam pengambilan keputusan terdapat banyak proses penting di dalamnya.

Agar Kamu lebih mudah dalam mengambil keputusan, tentunya Kamu harus tahu proses pengambilan keputusan tersebut.

Proses ini terdiri atas 7 tahap yang harus dilalui. Untuk Kamu yang ingin mengetahuinya, yuk langsung saja simak penjelasan proses dari pengambilan keputusan yang ada di bawah ini.

Baca juga : Cara mengambil keputusan

1. Tahap Pertama, Memahami dan Merumuskan Suatu Permasalahan

Permasalahan

https://www.teamchallenge-company.co.uk

Dalam pengambilan keputusan, hal pertama yang harus Kamu lakukan adalah paham dan dapat merumuskan masalah yang sedang dihadapi. Di sini Kamu harus bisa mengidentifikasi masalah sesuai dengan penyebab dasarnya.

Tujuannya adalah agar pengambilan keputusan yang dilakukan benar-benar tepat sasaran. Untuk mengidentifikasi masalah ini bisa dilakukan dengan beberapa macam cara.

Mulai dengan menguji hubungan sebab akibat hingga mencari jenis penyimpangan yang terjadi. Dengan demikian, masalah yang dihadapi jauh lebih siap dan lebih mengena.

2. Tahap Kedua, Mengumpulkan Informasi yang Relevan

materi

http://jakarta-training.com

Jika Kamu sudah berhasil dan melewati tahap pertama, maka Kamu akan masuk ke tahap kedua yakni harus mengumpulkan informasi yang relevan sebanyak-banyaknya.

Tujuan dari mengumpulkan informasi dan juga data adalah untuk memperkuat permasalahan tersebut.

Jika informasi yang didapat emang benar adanya dan bukan hanya gosip belaka, maka dalam hal ini memang harus dilakukan pengambilan keputusan yang tepat.

Namun, jika informasi dan data yang didapatkan tidak relevan, maka dalam hal ini tidak bisa masuk ke tahapan selanjutnya.

Baca juga : Buku tentang pengembangan diri

3. Tahap Ketiga, Mengembangkan Alternatif yang Bisa Digunakan

CHOICE

https://www.pczone.co.uk

Pada tahapan ini, Kamu akan memiliki beberapa alternatif pengambilan keputusan yang bisa dipilih. Adanya banyak alternatif pilihan pengambilan keputusan tentunya akan sangat membantu dan membuat kita lebih berfikir panjang mengenai keputusan yang akan diambil.

Dalam hal ini, beberapa alternatif keputusan yang tersedia harus dipertimbangkan dan dipilih yang paling baik.

Meskipun alternatif pilihan tersebut bukalah keputusan yang sempurna dan ideal. Dengan begitu, Kamu bisa mendapatkan keputusan yang memang benar-benar tepat.

4. Tahap Keempat, Mengevaluasi Setiap Alternatif yang Dipilih

Evaluasi

https://www.meetbob.co.uk

Dalam tahapan ini Kamu harus melanjutkan tahapan ketiga. Di sini setiap alternatif yang sudah ada harus dievaluasi kembali.

Tujuan dari pengevaluasian alternatif pilihan ini digunakan untuk mengetahui serta menilai apakah alternatif yang dipilih ini memang efektif digunakan atau tidak.

Dari beberapa alternatif yang ada, tentunya setiap alternatif keputusan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Karena hal itulah tahapan evaluasi alternatif ini adalah tahapan yang paling penting

5. Tahap Lima, Memilih Alternatif yang Terbaik

Alternatif

https://plan-b.com.hk/

Setelah Kamu berhasil mengevaluasi setiap alternatif yang ada, maka di sini yang harus Kamu lakukan adalah memilih alternatif yang paling baik.

Sebelum itu, seharusnya Kamu sudah tahu dan memiliki gambaran dampak negatif dan positif yang ditawarkan oleh setiap alternatif yang ada.

Nah, nantinya alternatif terbaik yang sudah dipilih ini harus didasarkan pada jumlah informasi dan data yang nyaris sempurna. Tujuannya adalah agar kebijakan pengambilan keputusan yang dilakukan benar-benar tepat.

Baca juga : Menjadi Diri Sendiri Agar Hidup Bahagia

6. Tahap Enam, Mengimplementasikan Keputusan yang Diambil

Rekan

https://www.experd.com

Dalam tahap lima Kamu sudah berhasil mengambil keputusan, maka di tahap ke enam ini Kamu harus mengimplementasikan keputusan tersebut.

Dalam proses mengimplementasikan keputusan, maka Kamu harus membuat rencana yang nantinya digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah yang mungkin saja bisa terjadi pada saat proses penerapan keputusan.

Dalam hal ini, Kamu juga harus memperhatikan risiko apa saja yang mungkin terjadi serta konsekuensinya apa.

Tidak hanya itu, Kamu juga harus menetapkan prosedur laporan kemajuan periodik dengan cara mempersiapkan tindakan yang korektif yang ada pada masalah yang baru saja muncul dalam proses pengambilan keputusan.

Tidak hanya itu, Kamu juga harus merancang peringatan diri jika terjadi berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan dalam penerapan keputusan tersebut.

7. Tahap Ketujuh, Evaluasi Hasil Keputusan

Evaluate

https://towardsdatascience.com

Ini adalah tahap terakhir dari pengambilan keputusan. Tahap ini menentukan apakah keputusan yang sudah diambil ini memang benar-benar efektif atau tidak. Setiap keputusan yang sudah diterapkan harus selalu dimonitor.

Kamu harus selalu melakukan evaluasi untuk mengetahui penerapan keputusan tersebut berjalan dengan lancar atau tidak. Selain itu, Kamu juga harus bisa mengetahui apakah proses penerapan tersebut sesuai dengan apa yang diinginkan. Dengan demikian maka pengambilan keputusan telah selesai.

Memang cukup panjang proses pengambilan keputusan yang harus dilakukan. Tujuannya sendiri tidak lain untuk mendapatkan keputusan yang terbaik.

Dengan demikian hal ini juga akan berdampak pada masa depan yang lebih baik pula. Semoga adanya informasi ini dapat bermanfaat dan membantu Kamu dalam mengambil keputusan.