Beragam Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Disimak

berenang

https://www.sehatq.com

Apakah Kamu setuju jika dikatakan berenang adalah olahraga yang murah dan menyenangkan? Ya, faktanya memang demikian.

Loading...

Meskipun Kamu hendak berenang di kolam renang sewaan, biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu mahal. Selain itu, aktivitas di permukaan air ini berpotensi memperbaiki mood sehingga membuat Kamu lebih bahagia.

Terlepas dari dua hal di atas, berenang adalah salah satu ide olahraga yang bisa dikatakan sangat baik. Jenis olahraga ini akan memberikan cukup banyak manfaat bagi kesehatan tubuh secara umum.

Dikutip dari beberapa media, ada cukup banyak manfaat yang akan Kamu dapatkan dari olahraga yang satu ini. Penasaran dengan manfaat dari berenang untuk kesehatan tubuh? Simak ulasan di bawah ini!

Ragam Manfaat Berenang yang Perlu Kamu Catat

Sebagaimana disinggung di awal bahwa berenang adalah salah satu olahraga terbaik yang bisa dilakukan seseorang dalam rangka menjaga kesehatan tubuh mereka secara umum.

Nah, adapun ragam manfaat berenang bagi kesehatan yang akan Kamu dapatkan jika melakukannya secara rutin adalah sebagai berikut:

Baca juga : Manfaat bersepeda di pagi hari

1. Berenang Bisa Meningkatkan Kekuatan Tulang dan Otot

Kekuatan Tulang dan Otot

https://www.provoke-online.com

Gerakan-gerakan yang dilakukan saat berenang akan membantu Kamu untuk meningkatkan kekuatan tulang dan otot.

Ya, dengan berenang, maka otot dan tulang akan cenderung lebih aktif sehingga masalah seperti otot kaku akan bisa diatasi dengan baik.

Coba bandingkan dengan jenis olahraga lainnya seperti lari, bersepeda, push up atau lainnya, berenang tentu lebih unggul dari segi banyaknya anggota tubuh yang bergerak.

Manfaat berenang ini akan sangat membantu terutama jika Kamu banyak duduk tegak di kantor saat bekerja.

2. Aktivitas Renang Bisa Menyehatkan Paru-Paru dan Jantung

Paru-Paru dan Jantung sehat

https://hellosehat.com

Kalian tentu sepakat jika paru-paru dan jantung adalah dua organ tubuh yang sangat penting dan menunjang kehidupan manusia secara umum.

Ya, faktanya memang demikian karena kedua organ memiliki fungsi masing-masing untuk memastikan tubuh tetap seimbang.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan paru-paru dan jantung menjadi hal yang perlu Kamu lakukan. Nah, meskipun ada banyak cara yang bisa dilakukan guna menjaga kesehatan kedua organ ini, berenang adalah salah satu opsi yang tepat dan terbaik untuk dilakukan.

Dalam sebuah penelitian dijelaskan bahwa gerakan-gerakan yang dilakukan saat berenang bisa melancarkan aliran darah di dalam tubuh.

Selain itu, gerakan renang juga secara otomatis bisa melatih napas agar lebih kuat dan panjang. Dengan demikian, maka jantung dan paru-paru akan berfungsi lebih baik dan Kamu akan menjadi lebih sehat.

Baca juga : Manfaat olahraga pagi

3. Berenang adalah Latihan Cardio yang Sangat Efektif

CARDIO

https://www.youtube.com

Cardio adalah olahraga yang menggerakan seluruh anggota tubuh. Olahraga ini biasanya dipilih untuk melatih otot tubuh agar lebih aktif sehingga pembakaran kalori akan lebih maksimal dan energi juga akan cenderung meningkat.

Nah, perlu Kamu ketahui bahwa berenang adalah salah satu latihan cardio yang sangat efektif. Telah disebutkan di awal tadi bahwa berenang adalah olahraga yang menggerakkan seluruh anggota tubuh. Jika Kamu berenang secara teratur, maka artinya Kamu juga berlatih cardio secara teratur pula!

4. Berenang Bisa Membantu Diet Lebih Sempurna

LEMAK PERUT

https://www.suara.com

Apakah Kamu sedang menjalankan program diet? Diet adalah usaha yang dilakukan untuk menjaga berat badan dan bentuk tubuh agar tetap proporsional. Dewasa ini, baik pria dan wanita sama-sama familiar dengan program kesehatan yang satu ini.

Jika Kamu sedang menjalankan program diet, maka di samping usaha menjaga pola makan dan pola hidup lainnya, berenang adalah salah satu aktivitas yang bisa ditambahkan.

Ya, olahraga yang satu ini adalah salah satu bentuk usaha untuk menurunkan berat badan secara efektif.

Dalam penelitian dijelaskan bahwa jika Kamu berenang selama setengah jam saja, maka setidaknya ada sekitar 300 kalori di dalam tubuh yang akan terbakar.

Fakta ini menunjukkan bahwa dengan berenang secara teratur, maka masalah kegemukan bisa diatasi dengan baik dan cukup cepat.

5. Berenang Bisa Merangsang Pertumbuhan Tinggi Badan

Pertumbuhan Tinggi Badan

https://hellosehat.com

Manfaat lain yang akan didapatkan dari aktivitas renang secara teratur adalah pertumbuhan tinggi badan yang lebih efektif.

Nah, jika Kamu termasuk seseorang yang agaknya bermasalah dengan tinggi badan, maka cobalah untuk berenang secara teratur.

Aktivitas ini cukup efektif untuk menambah tinggi badan, terutama untuk Kamu yang masih berada pada usia pertumbuhan.

Kenapa berenang bisa efektif untuk meningkatkan tinggi badan? Aktivitas dan gerakan yang dilakukan saat berenang bisa digunakan untuk menarik dan membentuk otot yang nantinya akan mempermudah pertumbuhan tulang.

6. Berenang Bisa Menjadi Terapi Stress dan Depresi

STRESS

https://www.nytimes.com

Stress dan depresi adalah dua hal yang terkadang datang dan tidak bisa dihindari. Banyaknya deadline yang harus dilakukan, kondisi keuangan yang sulit, hubungan dengan teman yang sedang memburuk dan lainnya adalah sekilas tentang hal yang bisa menyebabkan stress dan berujung pada depresi.

Kondisi ini tentu sangat tidak menguntungkan. Seseorang yang stress atau depresi cenderung akan murung, kehilangan semangat untuk beraktivitas dan lainnya.

Akibatnya, pola hidup mereka menjadi tidak beraturan dan rawan sakit. Oleh karena itu, stress dan depresi harus bisa diatasi dan dikendalikan dengan baik.

Nah, berenang adalah salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi dua hal ini. Dengan berenang, maka stress dan depresi akan cenderung lebih bisa diatur.

Kamu yang stress cenderung akan lebih tenang dan bahagia setelah berenang. Tidak percaya? Coba saja!

Ragam manfaat dari berenang di atas hanyalah secuil dari manfaat nyata yang bisa Kamu lakukan. Berenang adalah olahraga yang sangat bermanfaat sehingga sebaiknya Kamu lakukan dengan teratur.