Cara Sederhana Menerapkan Pola Hidup Sehat Agar Kamu Selalu Produktif

POLA HIDUP SEHAT

www.canva.com

Siapa yang ingin sakit? Pasti tidak ada. Ya, kondisi yang tidak sehat tentu akan sangat merugikan karena Kamu akan susah untuk melakukan aktivitas dan akan terhambat dalam menjalankan tugas dan keperluan lainnya. Oleh karena itu, menjaga kesehatan adalah hal yang paling penting untuk Kamu lakukan.

Loading...

Nanti, ketika sudah sakit, Kamu biasanya baru akan sadar bahwa kesehatan itu mahal harganya.

Lantas, bagaimana cara untuk menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit? Tidak perlu membayar mahal, Kamu bisa memulai dengan menerapkan pola hidup sehat setiap hari.

Nah, berikut ini ada beberapa cara sederhana yang bisa Kamu coba terapkan untuk menjaga pola hidup sehat setiap hari. Dengan pola hidup yang Kamu jalankan, tentu Kamu akan jarang sakit dan selalu merasa sehat.

Apa saja cara sederhana yang bisa diaplikasikan untuk menerapkan pola hidup yang sehat? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

1. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang Cukup

https://bandungkita.id

Apakah Kamu termasuk yang suka begadang setiap malam? Begadang kini memang seolah menjadi gaya hidup anak muda. Tidak lengkap rasanya kalau tidak begadang, terlebih mereka yang suka menikmati kopi.

Namun, tahukah Kamu bahwa begadang akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh? Menurut beberapa penelitian, begadang berpotensi akan menurunkan metabolisme tubuh yang efeknya adalah seseorang akan mudah sakit. Selain itu, saat begadang, Kamu akan cenderung merasa lemas pada saat bangun tidur.

Nah, karena efek buruk begadang, maka hindari begadang –terutama jika memang tidak ada keperluan. Perhatikan waktu tidur harian untuk memulai pola hidup sehat. Dalam sehari, biasakan untuk tidur antara 6 hingga 8 jam.

Baca juga : Olahraga ringan di pagi hari

2. Biasakan Sarapan Pagi

sarapan sehat

https://www.alodokter.com

Hal lain yang harus Kamu lakukan untuk memulai pola hidup yang sehat adalah membiasakan sarapan pagi. Saat ini, banyak orang-orang yang menunda sarapan mereka terutama para karyawan dikarenakan sibuk atau mepet jam kerja. Padahal, kebiasaan menunda sarapan yang nanti diganti dengan brunch adalah kebiasaan buruk.

Sarapan pagi adalah sumber tenaga yang sangat penting. Dengan sarapan, maka tubuh akan mendapatkan tenaga awal untuk memulai aktivitas selama satu hari.

Oleh karena itu, biasakanlah untuk menyantap menu sarapan setiap pagi. Selain itu, pastikan menu sarapan yang Kamu konsumsi memenuhi kebutuhan gizi harian!

3. Minum Air Putih Secara Teratur

minum air putih

http://samudranesia.id

Air putih adalah minuman yang memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh. Nah, untuk memulai pola hidup yang sehat agar tidak mudah sakit.

Secara umum, mengkonsumsi air putih akan membuat Kamu bebas dari dehidrasi yang menyiksa. Selain itu, air putih juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh secara umum.

Dengan metabolisme tubuh yang terjaga, tenaga yang dihasilkan tubuh akan cenderung stabil. Efeknya, Kamu akan merasa lebih fresh dan bugar untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Lantas, berapa konsumsi air putih yang disarankan setiap harinya? Dalam hal ini, Kamu perlu mengkonsumsi setidaknya 8 gelas air putih atau 1 hingga 2 liter air putih setiap hari.

Baca jugaa : Cara menjaga daya tahan tubuh

4. Memulai Menjaga Kebersihan

Memulai Menjaga Kebersihan

https://millers-va.com

Pola hidup yang sehat sangat dipengaruhi oleh kebersihan. Oleh karena itu, untuk memulai pola hidup yang sehat, mulailah untuk berperilaku hidup yang bersih dulu. Nah, dalam hal ini, biasakanlah untuk mandi secara teratur minimal dua kali sehari.

Selain itu, jagalah kebersihan tempat untuk menjaga kualitas dari udara di rumah. Pastikan jika ruangan rumah Kamu selalu di sapu bersih, sprei dicuci secara teratur dan lainnya. Hal ini perlu menjadi perhatian karena debu dan kuman bisa menjadi biang penyakit.

5. Olahraga Secara Teratur

Olahraga Secara Teratur

https://web.bapelkessemarang.id

Pola hidup yang sehat hanya akan menjadi wacana jika tidak dibarengi dengan olahraga secara teratur. Memang, kesehatan harus sejalan dengan aktivitas fisik. Oleh karena itu, saat ingin memutuskan untuk memulai pola hidup yang sehat, mulailah pula dengan berolahraga yang teratur.

Tidak perlu membayangkan untuk melakukan olahraga yang berat dan membutuhkan biaya yang mahal, Kamu bisa memulai dengan melakukan jogging. Jogging, meskipun sangat mudah dilakukan, akan memberikan dampak yang cukup besar untuk kesehatan. Lakukan jogging setiap hari minimal 20 menit.

6. Konsumsi Buah dan Sayur

Konsumsi Buah dan Sayur

https://nova.grid.id

Hal lain yang bisa dilakukan untuk memulai pola hidup yang sehat adalah mengkonsumsi buah dan sayur.

Ini adalah dua bahan makanan yang sangat berpengaruh untuk menjaga kesehatan tubuh setiap hari. Nah, oleh karena itu, jangan malas untuk mengkonsumsi buah dan sayur.

Setiap hari, usahakan untuk selalu mengkonsumsi buah dan sayur dengan ukuran yang cukup. Nah, untuk mengakali agar Kamu tidak bosan dalam konsumsi buah dan sayur, Kamu bisa berkreasi dengan membuat menu unik berbahan buah dan sayuran.

7. Batasi Konsumsi Kafein dan Gula

Batasi Konsumsi Kafein dan Gula

https://www.cnnindonesia.com

Suka dengan minuman yang manis? Nah, mulai saat ini, Kamu sebaiknya mulai mengurangi konsumsi minuman yang manis yang mengandung tambahan gula.

Memang, gula akan membuat minuman tersebut terasa enak. Namun, terlalu banyak konsumsi minuman yang mengandung gula akan berpengaruh pada kesehatan, terutama bagi penderita diabetes.

Selain konsumsi gula, konsumsi kafein juga harus dibatasi. Ya, kafein yang terkandung dalam kopi akan membuat Kamu merasa nyaman saat meminumnya.

Namun, jika berlebihan, kafein akan memberikan dampak yang buruk bagi tubuh, seperti meningkatnya asam lambung, pola tidur tidak teratur dan lainnya.

Nah, beberapa poin di atas bisa menjadi gambaran umum jika Kamu ingin memulai pola hidup yang lebih sehat. Lakukan beberapa poin di atas dan dapatkan perubahan kondisi tubuh yang lebih baik agar tidak mudah sakit. Lakukan sekarang!

By continuing to use the site, you agree to the use of cookies. more information

The cookie settings on this website are set to "allow cookies" to give you the best browsing experience possible. If you continue to use this website without changing your cookie settings or you click "Accept" below then you are consenting to this.

Close