Cara Menghilangkan Rasa Malas yang Berlebihan dalam Aktivitas Harian

Cara Menghilangkan Rasa Malas – Setiap hari, tentu kita perlu melakukan aktivitas. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan, seperti bekerja, pemenuhan kebutuhan harian atau beberapa aktivitas lainnya, seperti makan, sekolah, mandi dan lainnya.

Loading...

Beragam aktivitas tersebut sebenarnya tampak sepele karena bisa dikatakan sudah menjadi kebiasaan. Namun, pernahkah kamu malas melakukannya?

Mengatasi Rasa Malas

image via http://entrepreneurcamp.id

Yup, malas adalah salah satu masalah yang sering terjadi dan mendera seseorang. Rasa malas yang berlebihan akan membuat aktivitas atau hal yang mudah dilakukan menjadi terbengkalai dan akhirnya tertunda-tunda.

Kondisi ini tentu sangat merugikan. Oleh karena itu, mengetahui cara menghilangkan rasa malas adalah hal wajib untuk diketahui.

Nah, ada cukup banyak cara yang bisa digunakan untuk mengatasi rasa malas tersebut. Apa saja cara yang bisa dilakukan? Simak beberapa ulasan singkat di bawah ini.

Tips Cara Menghilangkan Rasa Malas Dengan Mudah

Memang, secara umum, ada cukup banyak cara menghilangkan rasa malas yang bisa dilakukan dengan simple. Hanya saja, hal paling pertama yang harus dilakukan adalah mengubah mind set.

Kamu harus menyadari dulu bahwa malas adalah penyakit dan hal negatif dalam diri sehingga secara tidak sadar, akan timbul usaha untuk melawannya.

Adapun tips untuk mengatasi rasa malas tersebut adalah sebagai berikut:

1. Membuat Jadwal Harian

Salah satu cara yang paling tepat untuk menghilangkan rasa malas adalah dengan membuat jadwal harian. Ini adalah hal penting yang harus kamu coba. Ya, dengan memiliki jadwal harian, maka ada target yang harus kamu penuhi.

Selain itu, apa yang lebih penting adalah kamu memiliki gambaran tentang apa yang harus dilakukan pada hari tersebut. Nah, jadwal ini akan membuat kegiatan harian menjadi lebih mudah diperkirakan dan dijalankan.

2. Membuat Target

Target juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara menghilangkan rasa malas yang paling ampuh. Sama seperti poin sebelumnya, ada hal yang harus dituju ketika memiliki target.

Nah, kamu bebas untuk membuat target sesuai kebutuhan, seperti target bulanan dan lainnya. Coba buat list kebutuhan dan tetapkan target sejak dini.

3. Hindari Menunda

Penyebab malas yang paling besar adalah keinginan untuk menunda. Ya, kamu mungkin pernah mengatakan bahwa kamu masih punya waktu beberapa hari lagi dan sebagainya. Padahal, itu adalah biang dari masalah.

Jika kamu ingin menghilangkan rasa malas, maka hindarilah kata menunda. Pastikan sudah tertanam dalam pikiran jika menunda hanya akan memberikan masalah di kemudian hari. Dengan pemahaman ini, tentu kamu akan berusaha untuk menjauhi menunda pekerjaan.

4. Memberikan Motivasi Pada Diri Sendiri

Malas juga bisa terjadi karena kekurangan motivasi diri. Nah, salah satu cara menghilangkan rasa malas adalah dengan memberikan motivasi pada diri sendiri.

Kamu bisa mengatakan pada diri sendiri bahwa kamu bukan seorang yang pemalas. Selain itu, berikan pula penghargaan pada diri sendiri jika sudah berhasil menyelesaikan target.

5. Hidup Dengan Pola Teratur

Keteraturan dalam hidup adalah salah satu senjata yang bisa digunakan untuk menghilangkan rasa malas. Nah, dalam hal ini, jika kamu ingin bebas dari rasa malas, maka mulailah untuk hidup dalam pola yang teratur.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam upaya untuk hidup dengan lebih teratur. Mulailah dengan menyusun jadwal harian, memperbaiki jam tidur dan lainnya. Jika hal ini berjalan dengan baik, maka rasa malas pasti bisa dihilangkan dengan mudah.

6. Berolahraga Teratur

Rasa malas yang mendera bisa disebabkan oleh kondisi tubuh. Dalam hal ini, salah satu cara tepat untuk menghilangkan rasa malas adalah berolahraga dengan teratur.

Ya, ini merupakan cara menghilangkan rasa malas yang perlu kamu coba. Dengan olahraga teratur, maka kamu akan memiliki tubuh yang lebih segar dan juga bugar untuk beraktivitas.

7. Memberikan Apresiasi Diri Sendiri

Seperti yang sudah disinggung di awal, memberikan apresiasi bisa menjadi pelecut semangat untuk menghilangkan rasa malas.

Ya, kamu bisa memberikan apresiasi pada diri sendiri jika kamu berhasil melawan rasa malas. Misalnya, kamu berhasil menyelesaikan tugas tepat waktu. Setelah itu, kamu bisa memberikan hadiah untuk dirimu sendiri.

8. Menghindari Tempat Tidur

Jika sedang berada di rumah, maka sebaiknya kamu menghindari tempat tidur ataupun kursi malas. Kedua hal ini memang cenderung akan membuat rasa malas tumbuh.

Nah, kuatkan diri untuk bergerak dan carilah hal-hal yang bisa dilakukan agar rasa malas tidak mendera.

9. Menemukan Sumber Semangat

Salah satu cara menghilangkan rasa malas yang juga bisa kamu lakukan adalah dengan menemukan sumber semangat. Sumber semangat yang dimaksud bisa dari teman, sahabat ataupun keluarga.

Ingat mereka dalam setiap aktivitas dan jadikan mereka alasan kenapa kamu harus senantiasa semangat serta membuang kemalasan.

10. Bayangkan Sakitnya Saat Target Tak Tercapai

Kekecewaan akan muncul ketika target tidak tercapai. Ini adalah salah satu masalah yang harus kamu jadikan titik balik. Jika rasa malas muncul, maka bayangkanlah jika kamu merasakan kegagalan.

Gambaran buruk dari kegagalan akan memberikan rasa takut. Tentu, setiap orang yang normal pasti ingin mendapatkan kesuksesan dari apa yang mereka kerjakan.

Oleh karena itu, buanglah rasa malas sejauh mungkin dan tatap hari-hari panjang dengan optimis serta penuh semangat.

..

Nah, demikian beberapa cara menghilangkan rasa malas yang bisa kamu lakukan setiap hari. Poin di atas sebenarnya memberikan cara yang cukup mudah untuk dilakukan.

Hanya saja, poin tersebut bisa sukses jika kamu memiliki mind set yang benar dan kemauan yang keras untuk menghilangkan rasa malas dari dalam diri kamu sendiri. Semoga bermanfaat.