10 Cara Jitu Mengatasi Susah Tidur Dengan Efektif

Cara Jitu Mengatasi Susah Tidur – Tidur adalah salah satu cara istirahat yang paling baik. Dengan tidur yang berkualitas, maka tubuh bisa menjadi segar kembali saat bangun di pagi hari.

Loading...

Namun, meskipun sebenarnya cara tidur adalah sangat mudah karena hanya perlu memejamkan mata, cukup banyak orang yang mengatakan mereka susah tidur di malam hari. Apakah Kamu termasuk di dalamnya?

Nah, memang, meskipun mudah untuk dilakukan, nyatanya cukup banyak orang yang tidak bisa langsung pulas saat tidur.

Kondisi ini tentu sangat merugikan karena tubuh tidak bisa beristirahat dengan baik dan efeknya kondisi kesehatan akan menurun. Oleh karena itu, mengetahui cara jitu mengatasi susah tidur adalah salah satu hal yang penting.

Tips dan Cara Jitu Mengatasi Susah Tidur

Cara Jitu Mengatasi Susah Tidur Dengan Efektif

Cara Jitu Mengatasi Susah Tidur Dengan Efektif

Gangguan tidur –atau seringkali disebut insomnia merupakan salah satu gangguan kesehatan yang harus diatasi dengan baik.

Jika insomnia ini berlangsung terus menerus, bisa jadi Kamu akan mudah sakit dan beraktivitas dengan semangat yang seadanya. Lantas, bagaimana saja cara jitu mengatasi susah tidur yang paling efektif? Simak ulasan di bawah ini.

1. Hindari atau Kurangi Tidur di Siang Hari

Tidur di siang hari menjadi salah satu penyebab susahnya tidur di waktu malam. Ini adalah sebuah fakta yang harus dipahami. Nah, jika Kamu termasuk yang susah tidur di malam hari, maka minimal kurangi waktu tidur di siang hari.

Tidur di siang hari memang merupakan salah satu cara yang tepat untuk beristirahat sejenak dari kesibukan kerja. Namun, ada baiknya jika Kamu tidur sebentar saja, seperti 30 menit sebelum tengah hari tiba.

2. Menata Kamar Agar Nyaman

Susah tidur juga seringkali muncul karena kondisi kamar yang tidak nyaman. Nah, salah satu cara jitu mengatasi susah tidur selanjutnya yang bisa menjadi solusi adalah menata ulang kamar agar tampak lebih nyaman. Ini adalah salah satu cara yang cukup efektif.

Dengan kamar yang bersih dan nyaman, tentu Kamu akan merasa betah berada di kamar. Tata-lah beberapa properti atau barang di dalam kamar dengan rapi sehingga kamar tampak lebih bersih untuk membuat tidur lebih nyenyak dari sebelumnya.

3. Menangani Stress

Stress juga menjadi biang keladi dari susahnya tidur di malam hari. Saat terpapar stress, maka apa yang terjadi adalah tidak tenangnya pikiran. Pikiran akan terus membayangkan sesuatu dan hal tersebut tentu saja mengganggu jam tidur.

Oleh karena itu, tangani stress dengan segera. Carikan solusi terbaik agar pikiran menjadi lebih tenang sehingga di malam hari Kamu bisa tidur dengan nyenyak.

4. Akupuntur

Akupuntur bisa dijadikan cara jitu mengatasi susah tidur yang mengganggu. Terapi yang menggunakan jarum ini dipercaya mampu menjadi solusi untuk mengelola stress dan juga mengatur hormon di dalam tubuh.

Nah, jika stress berhasil diturunkan dan hormon menjadi lebih stabil, tentu Kamu akan lebih mudah untuk terlelap dalam tidur malam.

5. Penuhi Kadar Cairan Tubuh

Ketika tubuh kekurangan cairan, maka respons yang diterima adalah jantung akan bekerja lebih keras dengan memompa aliran darah ke seluruh tubuh. Ini merupakan penyebab kenapa Kamu akan susah terlelap dalam tidur jika kekurangan cairan.

Nah, penuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari. Usahakan minum air putih sebanyak 2 liter setiap hari dan kurangi minuman soda, susu serta lainnya.

Dengan pemenuhan cairan tubuh, maka tentu Kamu akan mendapati kesegaran yang maksimal dan bisa tidur dengan lebih nyenyak.

6. Menjaga Pola Makan

Salah satu cara jitu mengatasi susah tidur selanjutnya adalah menjaga pola makan. Nah, dalam hal ini, usahakan Kamu memenuhi kebutuhan karbohidrat serta protein harian, terutama di siang hari sehingga akan tampak segar untuk beraktivitas.

Jika kondisi tubuh fit dan tidak kekurangan nutrisi, maka beristirahat di malam hari pun akan lebih mudah dan nyenyak.

7. Batasi Minum Kopi

Kopi memang terkenal sebagai salah satu minuman penambah energi. Dengan minum kopi –yang mengandung kafein, maka tubuh akan terasa segar kembali dan rasa kantuk akan segera hilang.

Nah, ini juga biang dari sulitnya tidur di malam hari. Jika Kamu hendak mengatasi insomnia, maka akan lebih baik jika Kamu membatasi konsumsi kopi yang mengandung kafein.

Jika ingin minum kopi, maka Kamu bisa membuatnya di siang hari saja.

8. Hindari Alkohol

Konsumsi minuman beralkohol patut untuk dihindari. Selain berbahaya bagi tubuh, dampak buruk alkohol menjalar ke semua lini kesehatan, salah satunya adalah seseorang akan susah untuk tidur karena pikirannya tidak tenang.

9. Mulai Olahraga

Olahraga juga bisa menjadi cara jitu mengatasi susah tidur yang tepat untuk dilakukan. Dalam hal ini, olahraga akan memberikan kesegaran yang lebih sehingga tubuh bisa berkompromi dengan baik.

Nah, lakukan olahraga ringan sebelum tidur dan ini akan membantu Kamu untuk bisa tidur dengan lebih nyenyak. Tentu, Kamu tidak perlu lama-lama melakukannya. 5-10 menit adalah waktu yang direkomendasikan.

10. Relaksasi

Jika Kamu susah untuk tidur di malam hari, cobalah lakukan relaksasi sebentar. Relaksasi bisa meringankan pikiran dan membuat tubuh lebih rileks.

Ada banyak hal yang bisa menjadi cara relaksasi untuk dilakukan. Salah satu dan yang cukup efektif adalah mendengarkan musik instrumental menjelang tidur di malam hari.

..

Nah, demikian beberapa cara jitu mengatasi susah tidur yang cukup efektif untuk dilakukan. Kamu tentu bisa mencobanya di rumah sebagai solusi insomnia.

Namun, jika insomnia berlanjut, ada baiknya jika Kamu mengecek kondisi tersebut pada pihak yang berkompeten. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi solusi tepat.