5 Tips Sukses Interview Kerja yang Wajib Kamu Tahu

Interview

https://www.awardstaffing.com

Memiliki pekerjaan yang mapan memang menjadi harapan semua orang, terutama bagi seorang laki-laki yang menjadi penanggung jawab pemenuhan kebutuhan keluarga.

Dalam seleksi penerimaan kerja sendiri biasanya dilakukan beberapa tes baik secara fisik maupun tes mengetahui kecerdasan otak. Dari beberapa tes seleksi yang dilakukan, biasanya sebagai seleksi terakhir diadakan sebuah interview kerja kepada calon pekerja.

Meski terdengar simpel, tetapi tidak jarang juga orang yang gagal dalam tes interview ini. Sehingga beberapa tips sukses interview kerja terbaik sangat penting untuk diketahui.

Apakah Kamu termasuk orang yang akan melamar pekerjaan dan akan segera melewati tes interview? Jika iya, simak baik-baik yang 9 tips sukses interview kerja terbaik agar lulus dan diterima.

1. Rileks dan Berfikir Positif

Jangan panik

https://www.inc.com

Mendapat berita panggilan interview memang merupakan berita yang menyenangkan sekaligus menegangkan. Interview merupakan tahap akhir seseorang bisa diterima sebagai pekerja di suatu tempat kerja yang dituju.

Sukses melewati tes interview itu berarti Kamu sukses menjadi karyawan. Sebaliknya, jika Kamu gagal melalui tes interview ini berarti harapan Kamu untuk menempati posisi tertentu di perusahaan hangus sekejap, meski Kamu sudah melewati beberapa tes lain sebelum sampai ke panggilan interview kerja.

Sehingga sebelum menghadapi interview tersebut, sebaiknya Kamu mempersiapkan diri sebaik mungkin agar tes interview sebagai langkah akhir perjuangan Kamu untuk dapat diterima kerja dapat terwujud.

Agar bisa lulus seleksi interview, tampaknya Kamu perlu mengenal beberapa tips sukses interview kerja yang akan dibahas pada penyusunan artikel ini.

Tips sukses interview kerja yang pertama adalah dengan mengendalikan ketenangan pikiran Kamu. Usahakan untuk tidak panic saat akan menghadapi interview.

Kebanyakan orang gagal dalam melalui tes ini disebabkan karena perasaan panik dan tegang, sehingga pikiran lebih susah untuk fokus terhadap pertanyaan dan sulit menemukan ide untuk memberikan jawaban terbaiknya.

Mungkin juga terjadi karena kurangnya kesiapan mental atau kurangnya pemahaman terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diberikan saat melakukan tes interview.

Namun meski sudah dilakukan beberapa persiapan untuk dapat menaklukkan soal-soal interview, sering kali tetap tidak bisa lulus dikarenakan perasaan yang terlalu panik dan tegang sehingga tidak bisa mengontrol ketenangan diri dan pikiran.

Kepanikan juga dapat menimbulkan kesalahan saat menjawab pertanyaan yang sebenarnya Kamu bisa menjawabnya dengan baik pada posisi tenang.

Namun tidak bisa diungkapkan karena jantung yang terlalu berdebar-debar dan pikiran yang terlalu kacau. Sehingga penting sekali bagi Kamu untuk menenangkan diri dan pikiran agar terhindar dari perasaan panic saat menghadapi tes interview.

Sebagai caranya, Kamu bisa menarik nafas secara perlahan. Ketenangan dalam menghadapi tes wawancara juga membuat Kamu terkesan baik.

Baca juga : Kebiasaan pola hidup produktif

2. Pahami Pertanyaan dengan Baik

Tips sukses interview kerja yang kedua adalah dengan jeli memahami setiap pertanyaan yang diberikan. Terkadang terdapat beberapa pertanyaan jebakan yang tidak sadar Kamu dapatkan. Pertanyaan jebakan ini mengandung makna yang berbeda dan tersembunyi dari pertanyaan yang diberikan terhadap Kamu.

Sehingga Kamu perlu berhati-hati untuk menghadapi beberapa pertanyaan jebakan ini. Pahami dengan baik setiap pertanyaan yang diberikan, apakah itu merupakan pertanyaan jebakan atau memang pertanyaan biasa yang harus Kamu jawab dengan wajar.

3. Beri Jeda Saat Menjawab

Menjawab pertanyaan

https://www.livecareer.com

Tips sukses interview kerja yang selanjutnya adalah memberi jeda saat menjawab pertanyaan. Jangan menjawab dengan terlalu cepat dan tergesa-gesa karena ini akan memberikan efek yang kurang baik untuk diri Kamu.

Ketika pertanyaan interview sudah dilayangkan, pasti keinginan untuk segera menjawab pertanyaan muncul dengan sendirinya.

Sebaiknya Kamu jangan terlalu terburu-buru menjawabnya, pahami dulu dengan seksama dan jawab pertanyaan dengan tenang dan tidak tergesah-gesah.

Beri sedikit jeda saat menjawab pertanyaan. Hal ini berguna agar Kamu terlihat seolah-olah sedang mempertimbangkan pertanyaan yang hendak dijawab sempurna.

Ini juga menunjukkan bahwa Kamu merupakan seseorang yang memiliki pertimbangan kuat saat akan melakukan sesuatu alias tidak gegabah. Karakter ini sangat diperlukan dalam sebuah perusahaan. Jangan memberikan kesan menjadi orang yang tidak sabaran dan suka gegabah dalam menyikapi sesuatu.

Baca juga : Topik pembicaraan asik memulai obrolan dengan wanita

4. Bersikap Terbuka dan jujur

Semua orang pasti tidak suka kebohongan, termasuk dunia kerja. Setiap perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang jujur dan bertanggung jawab.

Sebagai tips sukses interview kerja yang keempat adalah dengan berusaha bersikap terbuka dan penuh kejujuran dalam menjawab setiap pertanyaan interview.

Cobalah untuk berkata jujur ketika melangsungkan interview dengan perusahaan terutama kejujuran tentang kepribadian Kamu. Salah satunya alasan mengapa berhenti pada pekerjaan yang Kamu geluti sebelumnya.

Kebohongan pada suatu hal membutuhkan kebohongan lain untuk menutupinya. Jika Kamu berbohong tentang sesuatu, berarti akan banyak kebohongan yang akan Kamu lakukan setelahnya.

Perlu Kamu ketahui, kebohongan memang disalurkan lewat sebuah kata, namun banyak orang yang bisa mendeteksi kebohongan melalui gerak dan ekspresi tubuh.

Usahakan untuk bersikap terbuka dan jujur karena ini menjadi salah satu modal awal Kamu menjadi pekerja yang berkualitas dalam perusahaan tersebut.

Baca juga : Mengatasi Susah Tidur Dengan Efektif

5. Berjabat Tangan dengan Mantap

Berjabat tangan

https://www.glassdoor.com

Tahukah Kamu, jabatan tangan juga bisa menggambarkan tentang kepribadian Kamu yang bisa dibaca oleh pihak perusahaan yang memberikan interview, sehingga salah satu tips sukses interview kerja yang tidak boleh ketinggalan adalah kemantapan Kamu saat melakukan jabat tangan.

Lakukan hal ini dengan yakin dan penuh percaya diri agar Kamu terlihat seperti orang yang bertanggung jawab dan penuh semangat kerja.

Itulah 5 tips sukses interview kerja yang wajib Kamu tahu agar tidak gagal dalam menghadapi tes interview.

Jangan sampai perjuangan yang hanya tinggal selangkah lagi gagal karena kurangnya pengetahuan dan persiapan bagaimana menghadapi tes interview dengan baik dan benar. Selamat mencoba!

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.

Klik star berikut untuk memberikan dukungan pada kami 😀

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

By continuing to use the site, you agree to the use of cookies. more information

The cookie settings on this website are set to "allow cookies" to give you the best browsing experience possible. If you continue to use this website without changing your cookie settings or you click "Accept" below then you are consenting to this.

Close