Jenis Olahraga Ringan di Pagi Hari untuk Menjaga Kesehatan Secara Umum

Olahraga Ringan

https://www.halodoc.com

Olahraga adalah salah satu aktivitas yang sangat baik untuk menjaga kesehatan secara umum. Aktivitas fisik ini akan mampu menunjang kesehatan tubuh dan membuat Kamu merasa fresh setiap hari.

Loading...

Tentu, aktivitas ini bisa menjadi penunjang untuk menjaga kesehatan selain mengkonsumsi makanan yang bergizi setiap hari.

Nah, seiring dengan besarnya manfaat olahraga, membuka hari dengan berolahraga adalah ide yang sangat tepat untuk dilakukan. Ya, mengawali hari dengan berolahraga akan membuat Kamu merasa lebih fresh untuk beraktivitas sepanjang hari.

Berikut ini akan dibahas beberapa menu olahraga pagi hari yang bisa Kamu lakukan. Tidak perlu khawatir, seluruh menu olahraga bisa Kamu lakukan dengan sangat mudah dan ringan.

Penasaran apa saja jenis olahraga yang dimaksud? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Ide Olahraga Pagi Hari yang Ringan Dilakukan

Sebagaimana disinggung di awal, olahraga di pagi hari bisa menjadi menu mengawali hari yang sangat baik.

Nah, dikutip dari beberapa sumber, ada cukup banyak ide olahraga yang bisa Kamu lakukan di pagi hari untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan tubuh secara umum.

Nah, beberapa olahraga yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Baca juga : Cara menjaga daya tahan tubuh

1. Jalan Kaki

Jalan Kaki

https://lifestyle.kompas.com

Jalan kaki adalah salah satu olahraga yang sangat mudah dilakukan namun memberikan manfaat yang cukup besar.

Ya, untuk melakukan olahraga ini, Kamu hanya perlu berjalan kaki ke rute yang Kamu inginkan. Namun, saat melakukan olahraga ini, Kamu sebaiknya tidak menggunakan alas kaki.

Nah, olahraga yang bisa dikatakan sangat ringan ini akan memberikan banyak manfaat. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan jika olahraga ini dilakukan dengan teratur adalah kesehatan jantung yang lebih terjaga, kolesterol yang turun, mencegah diabetes, menurunkan berat badan dan lainnya.

2. Jogging

Jogging

https://www.facetofeet.com

Jogging juga masuk dalam salah satu menu olahraga ringan yang bisa Kamu lakukan setiap hari. Olahraga ini sangat mudah untuk dilakukan karena Kamu hanya perlu lari-lari ringan saja. Tidak perlu jauh-jauh, Kamu bisa berkeliling kompleks untuk jogging.

Nah, untuk jogging, Kamu hanya perlu persiapan sepatu olahraga saja agar jogging yang Kamu lakukan bisa terasa lebih nyaman. Olahraga ringan dan murah meriah ini bisa memberikan cukup banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dengan melakukan jogging secara teratur, metabolisme tubuh akan cenderung lebih baik sehingga tubuh akan lebih sehat, bugar dan jarang sakit. Selain itu, jogging juga cukup efektif untuk menurunkan berat badan. Nah, untuk Kamu yang sedang diet, tambah usaha diet Kamu dengan jogging secara teratur.

3. Bersepeda

bersepeda

http://info-bagi-info.blogspot.com

Jika jogging masih terlalu melelahkan untuk dilakukan, Kamu bisa mengubahnya dengan bersepeda. Ya, bersepeda secara umum lebih ringan dilakukan daripada jogging.

Ide olahraga pagi ini sangat menarik karena selain bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan, juga bisa dilakukan sebagai sarana rekreasi.

Saat bersepeda, Kamu bisa mengunjungi beberapa tempat yang Kamu sukai. Nah, inilah kelebihan bersepeda daripada jogging. Lalu, bagaimana manfaat dari olahraga satu ini?

Bersepeda jika dilakukan dengan teratur akan memberikan cukup banyak manfaat. Salah satu manfaat yang paling besar dari olahraga ini adalah pembakaran kalori lebih maksimal. Dengan demikian, metabolisme tubuh akan lebih baik dan yang pasti Kamu akan menjadi lebih sehat.

Tidak perlu berlama-lama untuk bersepeda, Kamu bisa bersepeda sekitar 30 menit saja. Asal teratur, yang sebentar pun akan memberikan manfaat yang besar.

4. Senam aerobik

Senam aerobik

https://www.tokopedia.com

Suka dengan senam? Nah, jika Kamu menyukainya, Kamu bisa melakukannya sebagai menu mengawali aktivitas setiap pagi. Senam aerobik adalah salah satu olahraga yang umumnya dilakukan bareng-bareng. Namun, Kamu juga bisa melakukannya secara individual di rumah.

Apa yang menarik dari senam ini adalah manfaatnya untuk tubuh. Dengan melakukan senam aerobik secara teratur, maka tubuh dapat melepaskan hormon endorphin dalam jumlah yang lebih banyak sehingga mood akan cenderung lebih bagus.

Selain itu, senam aerobik juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh secara umum. Dengan melakukan senam aerobik secara teratur, lengan-lengan akan cenderung bebas dari masalah kekakuan.

Baca juga : Cara menerapkan pola hidup sehat

5. Push Up

Push Up

https://www.vecteezy.com

Kamu pasti sudah sangat kenal dengan olahraga yang satu ini, bukan? Ya, push up adalah olahraga yang sangat familiar karena juga diajarkan di sekolah-sekolah. Nah, ide olahraga ini bisa menjadi menu aktivitas Kamu di pagi hari.

Olahraga satu ini akan sangat berguna untuk membentuk otot-otot tubuh, mulai dari otot tangan, otot dada, otot jantung dan lain sebagainya. Selain itu, dengan push up, massa otot lengan juga akan terbentuk dengan lebih baik.

6. Lompat Tali

Lompat Tali

https://angalul.com

Menu olahraga lain yang cukup ringan untuk dilakukan di pagi hari adalah lompat tali. Lompat tali atau skipping merupakan menu olahraga yang sangat terkenal dan familiar di kalangan masyarakat.

Olahraga yang satu ini akan sangat bermanfaat untuk membakar kalori, terutama untuk Kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Selain itu, skipping juga sangat bermanfaat untuk melatih keseimbangan tubuh dan merangsang pertumbuhan tinggi badan. Nah, untuk Kamu yang masih berada dalam fase pertumbuhan badan, lakukan skipping secara teratur setiap hari.

7. Yoga

Yoga di Pagi Hari

https://www.mindbodygreen.com/

Yoga adalah menu olahraga lain yang cukup ringan dan sangat bermanfaat. Melakukan yoga di pagi hari akan membuat tubuh terasa ringan dan pikiran akan terasa lebih tenang.

Kamu bisa mencari tahu gerakan-gerakan yoga yang tidak terlalu sulit untuk pembelajaran di awal.

Nah, setelah olahraga pagi, kamu bisa lanjutkan dengan belajar hal-hal baru yang menunjang kemampuanmu. Seperti desain, menggambar, editing, menulis dan sebagainya, atau melanjutkan pekerjaan kantormu. Website referensi belajar kunjungi selamatpagi.id

Nah, Kamu bisa bebas memilih mana menu olahraga yang ringan untuk dilakukan di pagi hari dari poin di atas. Tentu saja, hal yang paling penting adalah melakukannya secara teratur agar manfaat bisa didapatkan secara maksimal.