Cara Membuat Jus Wortel Lezat untuk Kesehatan Mata

Manfaat Wortel

https://www.disway.id/

Khasiat wortel dalam menjaga kesehatan mata sudah dikenal sejak dulu. Bahkan ada banyak kasus pada gangguan kesehatan mata yang dianggap bisa diatasi dengan konsumsi wortel rutin.

Loading...

Rasa manis alami dari wortel membuat sayuran ini lezat untuk diolah. Seperti dalam menu jus. Cara membuat jus wortel mudah dan praktis.

Anda bisa mencampurkan bahan-bahan alami lainnya untuk menambah cita rasa jus wortel. Jadi, selain konsumsi dengan olahan menu masakan, Anda bisa konsumsi dalam bentuk yang lebih segar.

Manfaat Konsumsi Wortel Secara Rutin

Ada pun manfaat-manfaat yang bisa kita dapat ketika konsumsi jus wortel sehat setiap hari, di antaranya:

1. Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Mata

Wortel terkenal akan kandungan Vitamin A yang tinggi di mana kandungan ini sangat memengaruhi kondisi kesehatan mata kita.

Maka dari itu wortel sering diandalkan dalam pemulihan penderita rabun senja atau buta malam. Membiasakan konsumsi wortel sejak dini bisa menjadi langkah dalam mencegah rabun senja/buta malam.

2. Mengontrol Kadar Kolesterol

Selain Vitamin A, kandungan penting lain dari wortel ada biotin, kalium, Vitamin K1, dan Vitamin B6.

Kandungan-kandungan tersebut membantu mengontrol kesehatan tubuh, termasuk kadar kolesterol. Sebab wortel juga mengandung gula alami.

3. Membantu Program Diet

Sejak lama wortel sudah sering dijadikan bahan menu program diet. Wortel bisa menciptakan rasa kenyang yang lebih lama disertai kalori rendah.

Sehingga mereka yang mengonsumsinya akan mampu mengontrol rasa lapar.

Bahan-Bahan Membuat Jus Wortel

Terdapat dua pilihan resep menu jus wortel sehat dengan campuran bahan alami lain yang akan menambah cita rasanya. Ada dua pilihan kelompok bahan yang bisa dipilih, yaitu:

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam resep jus wortel 1 ‘Jus Wortel Jeruk’:

  • 2 Buah Wortel Kualitas Baik
  • 1 Buah Jeruk Sunkist
  • 1 sdm Perasan Lemon
  • 2 sdm Madu Asli
  • Es Batu Secukupnya

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam resep jus wortel 2 ‘Jus Wortel Tomat’:

  • 2 Buah Wortel Kualitas Baik
  • 3 Buah Tomat Segar
  • 1 sdm Perasan Lemon
  • 150 ml Susu UHT Low Fat
  • Es Batu Secukupnya

Bahan wortel, jeruk sunkist, dan tomat bisa dipotong menjadi beberapa bagian agar lebih mudah ketika dihancurkan dengan blender.

Cara Membuat Jus Wortel Segar

Cara Membuat Jus Wortel Segar

https://caracicak.wordpress.com/

Langkah mudah membuat jus wortel untuk kedua resep berupa:

  1. Siapkan blender. Selain menggunakan blender, Anda bisa juga gunakan juicer bila ingin mendapatkan sari wortel dan buah/sayur lainnya lebih maksimal. Tetapi bila ingin diolah dengan campuran bahan lain, lebih mudah menggunakan blender.
  2. Masukan semua bahan, sesuaikan dengan resep jus wortel yang Anda pilih. Anda tidak perlu menambahkan es batu atau memasukan bahan ini bila merasa tidak perlu. Es batu akan menambah kesegaran, tetapi juga menambah kandungan air yang mana akan mengurangi cita rasa, juga kemurnian jus.
  3. Hindari proses menghancurkan dengan blender dalam waktu terlalu lama agar nutrisi di dalamnya tetap terjaga. Cukup sampai semua bahan tercampur dan halus saja.
  4. Sajikan selagi masih segar. Konsumsi rutin setiap hari untuk mendapatkan berbagai manfaat kebaikannya bagi tubuh Anda.
  5. Anda bisa juga mendapatkan sari wortel dengan cara memarut halus wortel dengan parutan yang kemudian diperas.

Kedua resep membuat jus berbahan dasar wortel ini bisa menjadi referensi penyajian jus wortel dengan cita rasa lebih segar dan nikmat.

Cara membuat jus wortel di atas sangat mudah, serta praktis. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah untuk didapatkan di pasar, atau pun di supermarket.