Cara Membuat Jus Mangga untuk Turunkan Tekanan Darah

Buah Mangga

https://tribunnews.com/

Cita rasa buah mangga tidak diragukan lagi. Buah mangga menjadi buah yang mudah ditemui di pasaran, khususnya ketika sedang musimnya.

Loading...

Berbagai jenis mangga bisa kita temui dan olah. Seperti menjadi jus mangga. Cara membuat jus mangga yang segar dan sehat sangat mudah sekali.

Selain langsung mengonsumsi buah mangga tanpa diolah, kelezatan dan kesegaran buah mangga bisa dicicipi dalam bentuk olahan jus yang dicampur beberapa bahan lainnya.

Tentu saja bukan bahan-bahan makanan yang malah mengurangi kandungan nutrisi mangga.

Manfaat Buah Mangga

http://baranews.co/

Manfaat Konsumsi Buah Mangga

Banyak manfaat dari mengonsumsi buah ini secara rutin, di antaranya:

1. Menurunkan Tekanan Darah

Konsumsi buah mangga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Buah mangga mengandung gula alami yang bisa menjadi solusi bagi penderita tekanan darah tinggi untuk mengurangi asupan gula setiap hari.

Cukup konsumsi mangga sebagai camilan misalnya. Buah mangga juga bisa menjadi menu makanan terbaik bagi Anda yang sedang jalani program diet. Seimbangkan dengan konsumsi sumber makanan sehat lainnya.

2. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Kandungan Vitamin A dan Vitamin C yang cukup dalam buah mangga bisa meningkatkan kesehatan kulit dan rambut.

Kedua kandungan vitamin tersebut akan membantu mencerahkan kulit serta menambah kelebapannya. Selain itu bisa membantu mempercepat proses regenerasi kulit dan pertumbuhan rambut.

3. Mengatasi Sembelit

Manfaat berikutnya ialah konsumsi buah mangga bisa menjadi solusi dalam atasi masalah sembelit atau sulit buang air besar. Mangga mengandung banyak serat yang memperlancar sistem pencernaan.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Mangga dikenal mengandung kalium, serat, dan vitamin yang bisa meningkatkan kesehatan organ jantung.

Kalium yang terdapat dalam tubuh dalam jumlah cukup akan menurunkan kandungan zat sodium berlebih yang mana datang dari menu makanan sehari-hari.

Konsumsi zat sodium berlebih tidak baik bagi kesehatan jantung dan bisa memicu penyakit lainnya.

Cara Membuat Jus Mangga

liputan6.com

Bahan-Bahan Jus Mangga Sehat

Terdapat banyak pilihan resep membuat jus mangga sehat, ini adalah satu resep yang menggunakan mangga dan tambahan buah kiwi sebagai bahan utamanya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan pada cara membuat jus mangga berupa:

  • 1 Buah Mangga Aromanis Ukuran Sedang, Ambil Dagingnya dan Bekukan
  • 1 Buah Kiwi yang Telah Dipotong Dadu dan Bekukan
  • 1 sdm Perasan Lemon
  • 100 ml Susu Putih UHT Low Fat

Pilih mangga jenis aromanis yang tingkat kematangannya agar kandungan gulanya tidak berlebihan dan tidak memengaruhi rasa jus.

Membekukan buah-buahan lebih dulu berfungsi untuk memberi rasa segar tapa menggunakan es batu. Bila ingin cita rasa yang lebih pure, Anda bisa tidak masukan susu UHT ke dalam resep.

Rasa mangga aromanis sudah manis, sehingga Anda tidak lagi perlu tambahan pemanis.

Cara Membuat Jus Mangga Kiwi

Berikut langkah mudah membuat jus mangga sehat:

  1. Siapkan blender. Jika Anda tidak gunakan susu dalam resep sajian jus mangga, Anda bisa juga menggunakan alat juicer untuk dapatkan sari buah-buahan lebih maksimal.
  2. Masukan semuah bahan-bahan jus di atas ke dalam blender.
  3. Campur dan hancurkan hingga semua bahan halus serta tercampur.
  4. Sajikan dan segera konsumsi selagi masih segar.

Tidak sedikit dari kita yang merasa kesulitan ketika harus mengonsumsi buah dan sayuran secara langsung, termasuk buah mangga.

Sehingga mengonsumsinya dalam bentuk olahan yang mana diolah dengan cara membuat jus mangga tepat tanpa mengurangi kandungan nutrisi juga gizinya sangat disarankan.

Contohnya konsumsi dalam bentuk jus dan smoothies segar.