Cara Membuat Jus Alpukat untuk Dikonsumsi Setiap Hari

Manfaat Konsumsi Buah Alpukat

https://hellosehat.com/

Kelezatan buah alpukat diakui dunia. Buah ini sering diselipkan dalam berbagai menu-menu masakan, termasuk menu salad dan smoothies bowl.

Loading...

Cita rasanya begitu khas. Kandungan lemak tak jenuhnya banyak mendatangkan manfaat baik bagi tubuh. Satu cara konsumsi alpukat ialah dengan sajian jus. Cara membuat jus alpukat sendiri sangat mudah.

Memang masih banyak dari kita yang salah dalam mengolah alpukat berbentuk jus karena sebagian besar malah membuat sajian jus alpukat tidak lagi sehat.

Seperti menambahkan banyak gula dan kental manis. Berikut ulasan singkat dan resep jus alpukat sehat dan aman dikonsumsi setiap hari.

Manfaat Konsumsi Buah Alpukat

Tidak hanya kelezatan, manfaatnya pun sudah populer di mata dunia. Kandungan sehat dalam buah alpukat juga sudah banyak dimanfaatkan dalam berbagai produk kecantikan.

Bagaimana dengan manfaat bagi tubuh? Manfaat-manfaat buah alpukat di antaranya:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh berupa lemak tak jenuh tunggal. Sehingga mudah dicerna dan diolah oleh sistem tubuh kita.

Mereka yang konsumsi alpukat rutin biasanya memilih kondisi jantung yang lebih sehat. Tentu saja bila dibarengi dengan pengaturan pola makan yang seimbang.

Alpukat mampu mengusir kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu mampu mengurangi risiko penyakit jantung akibat berat badan berlebih dan diabetes.

Alpukat sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang jalani diet.

2. Baik Dikonsumi Ibu Hamil

Manfaat lain dari konsumsi buah ini bisa didapatkan oleh para ibu yang sedang hamil.

Mengonsumsi alpukat selama masa kehamilan mampu membantu dalam perbaikan sel tubuh ketika masa kehamilan tersebut.

Sebab alpukat tinggi akan kandungan folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

3. Menghindari Kanker

Cara membuat jus alpukat yang praktis lalu dikonsumsi rutin bisa memberi manfaat bagi tubuh untuk menghindar dari penyakit kanker.

Alpukat mengandung antioksidan cukup tinggi yang mana mampu meningkatkan metabolisme, serta menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Jus Alpukat

https://doktersehat.com/

Bahan-Bahan Membuat Jus Alpukat

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat jus alpukat sehat tanpa gula:

  • ½ Buah Alpukat (Kerok Dagingnya)
  • ½ Buah Apel Beku Ukuran Sedang (Kupas Kulitnya)
  • 150 ml Susu Almond
  • 1 sdt Bubuk Kayu Manis

Anda bisa tambahkan madu asli bila ingin menambah cita rasa manis. Buah apel pada resep ini untuk menambahkan kandungan nutrisi dalam sajian jus alpukat.

Apel yang telah dibekukan lebih dulu berguna menambah kesegaran dan mengurangi tambahan bahan yang tidak perlu yaitu es batu.

Langkah Membuat Jus Alpukat

Berikut langkah mudah dalam sajian jus alpukat sehat dan bisa dikonsumsi setiap hari:

  1. Masukan semua bahan-bahan, alpukat, apel, susu almond, serta bubuk kayu manis ke dalam blender. Takaran bahan yang digunakan bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda.
  2. Campur dan hancurkan hingga semua bahan tercampur rata. Jangan diamkan dalam blender terlalu lama.
  3. Sajikan atau konsumsi langsung selagi masih segar rutin setiap hari.
  4. Anda bisa juga sajikan dalam sebuah mangkok (dijadikan pelengkap smoothies bowl). Kemudian tambahkan beberapa potong pisang, taburkan biji-bijian, dan bisa taburkan juga coconut flakes sebagai menu sarapan Anda.

Mungkin ada juga dari Anda yang tidka terbiasa dengan cita rasa pure alpukat yang dirasa terlalu berlemak di lidah.

Anda bisa gunakan susu almond rasa cokelat, atau pun susu cokelat low fat dalam cara membuat jus alpukat sebagai penggantinya.

Terpenting, hindari memasukan bahan tidak sehat seperti kental manis dan cairan larutan gula.