Cara Membuat Jus Seledri untuk Turunkan Tekanan Darah

Sayuran seledri sudah dipercaya akan khasiatnya dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan mengontrol kolesterol dalam tubuh.

Loading...

Banyak masyarakat mengonsumsi sayuran ini sebagai langkah menetralkan kondisi tubuh setelah konsumsi makanan-makanan dengan kandungan kolesterol tinggi. Caranya dikonsumsi dalam bentuk jus.

Cara membuat jus seledri sangat beragam, tergantung pada bahan-bahan apa yang ingin digunakan. Aroma seledri memang sangat khas dan rasanya sedikit asin.

Seledri juga bisa langsung dikonsumsi tanpa diolah. Orang luar negeri banyak yang makan sayuran ini dengan mengoleskannya pada saus tuna, mayonise, dan lain-lain.

Manfaat Seledri

fimela.com

Manfaat Konsumsi Seledri

Manfaat dari mengonsumsi seledri rutin di antaranya:

1. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol Tinggi

Seperti yang sudah disebutkan, pada dasarnya banyak yang konsumsi seledri dengan tujuan untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, serta asupan kolesterol berlebih.

Seledri mengandung komponen khusus yang memang mampu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

2. Mengatasi Inflamasi

Seledri bisa diandalkan juga untuk atasi inflamasi atau peradangan. Seledri kaya akan antioksidan yang mana membantu mengurangi inflamasi. Contohnya mengurangi pembengkakan.

3. Meningkatkan daya Tahan Tubuh

Karena kandungan antioksidannya tinggi, konsumsi sayuran ini dalam jumlah cukup setiap hari akan membuat daya tahan tubuh lebih baik. Sehingga lebih maksimal dalam melawan virus dan bakteri.

4. Mencegah Gangguan Hati

Manfaat selanjutnya dalam mengonsumsi sayuran seledri ialah seledri bisa mencegah kita terkena gangguan hati atau liver karena memiliki sifat diuretik.

Sifat ini membantu membuang keberadaan racun dari dalam tubuh kita.

Cara Membuat Jus Seledri

hellosehat.com

Cara Membuat Jus Seledri

Ada dua rekomendasi resep membuat jus berbahan dasar seledri yang sehat dan segar. Lebih disarankan menggunakan seledri impor atau seledri dengan batang besar.

Bukan seledri lokal dengan batang tipis yang biasa menjadi pelengkap masakan.

1. Resep Jus Seledri Jahe

Anda bisa juga gunakan juicer untuk resep ini dengan mengambil sari seledri dan jahe kemudian camourkan dengan tetesan madu.

Namun bila tidak memiliki juicer, Anda bisa gunakan blender.

Bahan-bahan:

  • 4 – 6 Batang Seledri Import
  • 1 Buah Jahe Ukuran Sedang
  • 100 ml Air Putih
  • 1 sdm Madu Asli

Langkah Membuatnya:

  1. Potong seledri menjadi beberapa bagian agar lebih mudah dihancurkan.
  2. Kupas dan iris-iris jahe.
  3. Siapkan blender. Masukan semua bahannya, potongan seledri, irisan jahe, air putih, dan madu. Hancurkan hingga semua bahan tercampur dan menjadi halus.
  4. Bila terdapat ampas, saring jus. Sajikan selagi jus masih segar.

2. Resep Jus Seledri Campur Apel

Banyak dari kita yang masih merasa asing dengan cita rasa asli seledri. Untuk melatih lidah, campurkan dengan bahan-bahan alami lain seperti apel dan lemon.

Bahan-bahan:

  • 4 Batang Seledri Import
  • ½ Buah Apel
  • 1 sdm Perasan Lemon
  • 1 sdm Madu
  • Air Secukupnya

Langkah Membuat:

  1. Potong-potong seledri menjadi beberapa bagian. Potong-potong apel menjadi beberapa bagian juga, buang biji dan bagian kerasnya.
  2. Siapkan blender. Masukan semua bahan, potongan seledri, potongan apel, perasan lemon, madu, serta air secukupnya. Hancurkan dan haluskan.
  3. Anda bisa saring bila tidak nyaman dengan ampas dari seledri atau kulit apel.
  4. Konsumsi selagi masih segar.

Resep dalam cara membuat jus seledri di atas sangat mudah, bukan?

Anda juga bisa memberi campuran bahan lain seperti tomat, semangka, jeruk, dan nanas untuk menambah kandungan nutrisi sekaligus memberi cita rasa lebih lezat.

Hindari penambahan gula agar sajian jus seledri lebih sehat.