Kamu Harus Tahu! 10 Bunga Terlangka di Dunia Ini Harus Dilindungi

Semakin tua bumi ini membuat banyak flora dan fauna di dunia juga semakin sedikit. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya flora dan fauna yang hampir punah.

Loading...

Misalnya saja seperti Badak Bercula Satu, Harimau Sumatera dan juga fauna lainnya. Hal inilah yang menimbulkan kelangkaan terjadi.

Kelangkaan yang terjadi tidak hanya terjadi pada hewan saja, namun hal ini juga berlaku pada tumbuhan yang lebih spesifiknya lagi adalah bunga.

Berdasarkan sebuah penelitian, terdapat 270.000 jenis bunga dengan beragam bentuk serta keindahannya.

Sayangnya, dari jumlah jenis bunga tersebut, banyak diantaranya yang sudah langka bahkan mendekati punah. Apa sajakah bunga terlangka di dunia? bagi Kamu yang penasaran, Kamu bisa simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Middlemist Camelia

Middlemist Camellia

https://id.pinterest.com

Middlemist Camelia atau dikenal dengan nama Middlemist Merah adalah bunga paling langka di dunia. bunga ini hanya ditemukan di dua tempat saja yakni di sebuah taman bunga yang berumah kaca di Inggris dan di Selandia Baru.

Middlemist Merah merupakan bunga yang cantik dan memiliki warna peach dengan kelopak yang rimbun. Bunga ini juga mirip dengan bunga mawar. Pada awalnya, bunga ini dibawa oleh John Middlemit dari Cinapada tahun 1084.

Sayangnya sejak saat itu keberadaan bunga ini benar-benar punah dan bahkan tidak ditemukan lagi di Cina. Untung saja di Inggris Middlemist Merah dapat tumbuh dan dapat berkembang biak selama bertahun-tahun.

Baca juga : Jenis bunga mawar

2. Rafflesia Arnoldii

Rafflesia Arnoldii

https://beritagar.id

Rafflesia Arnoldii atau sering disebut dengan nama bunga bangkai. Bunga ini juga termasuk dalam kategori bunga terlangka di dunia. memiliki diameter lebih dari 100 cm, Rafflesia Arnoldii dinobatkan sebagai bunga terbesar di dunia.

Keberadaan bunga ini juga pertama kali ditemukan di Indonesia tepatnya di hutan hujan oleh tim ekspedisi pimpinan Thomas Stamford Raffles. Hal inilah yang menjadikan bunga ini disebut dengan bunga Rafflesia Arnoldii.

Bunga ini juga termasuk dalam kategori tumbuhan parasit yang tidak memiliki akar, batang, dan daun. Saat bunga ini mekar, maka akan keluar aroma busuk yang dapat menarik lalat untuk datang menghampirinya.

Nah, fungsi dari lalat ini adalah untuk membantu proses penyerbukan. Bunga ini juga tidak bisa bertahan hidup lama sebab akan mati seminggu sejak bunganya mekar.

3. Ghost Orchid

Ghost Orchid

https://www.youtube.com

Ghost Orchid adalah bunga anggrek yang tidak memiliki daun. Karena keunikan yang dimilikinya ini menjadikan anggrek ini sebagai bunga langka. Bahkan, anggrek ini juga tidak membutuhkan proses fotosintesis seperti anggrek pada umumnya.

Lantas, bagaimana proses penyerapan makanannya? Dalam proses penyerapan makanan, anggrek ini membutuhkan jamur tertentu untuk menyerap sari makanan melalui akar. Jenis anggrek ini banyak ditemukan di hutan Kuba dan Florida.

Biasanya bunga ini tumbuh dekat dengan permukaan tanah. Periode mekarnya juga jatuh di bulan Juni hingga agustus.

Yang menjadikan anggrek ini unik adalah kemunculannya yang secara tiba-tiba mengapung di batang pohon membuat anggrek ini disebut dengan anggrek hantu.

Baca juga : Jenis bunga anggrek

4. Jade Vine

Jade Vine

https://www.gildshire.com

Bunga terlangka di dunia selanjutnya adalah Jade Vine. Bunga ini hidup di daerah hutan tropis Filipina. Jade Vine juga termasuk dalam keluarga kacang-kacangan dan memiliki kekerabatan yang dekat dengan kacang merah.

Adapun bunganya memiliki panjang 3 meter dan memiliki warna yang indah yakni hijau kebiruan dan hijau mint. Sayangnya bunga ini terancam punah karena berkurangnya habitat yang membantu proses penyerbukan secara alami.

5. Silver Word

Silversword

https://www.hawaii-guide.com

Bunga yang ditemukan di Pulau Maui ini memiliki bentuk yang unik. Bunga ini ditemukan pada ketinggian yang hanya sekitar 6.900 kaki atau setara dengan 2.100 meter gunung berapi.

Bunga ini juga termasuk bunga terlangka di dunia karena sudah terancam punah. Oleh sebab itu, Silver word mulai dilindungi oleh undang-undang federal dengan tujuan untuk melestarikannya.

Populasi bunga ini juga semakin langka, hal ini disebabkan perkembangan api dan kambing dan yang mengalami kenaikan yang tinggi. oleh sebab itu, bunga ini sering kali dijadikan sebagai makanan untuk sapi dan kambing.

6. Chocolate Cosmos

Chocolate Cosmos

https://gardenseedsmarket.com

Chocolate Cosmos adalah bunga yang berasal dari Meksiko. Bahkan bunga ini sudah punah sejak 100 tahun yang lalu.

Namun, spesies dari bunga ini sudah berhasil dilestarikan dengan cara klon tunggal yang dilakukan pada tahun 1902.

Memiliki warna cokelat tua dan diameter 2-4 cm. Bunga ini juga memiliki ukuran yang kecil dan lucu. Tidak hanya itu saja, saat dicium bunga ini juga menghasilkan aroma vanili di musim panas.

Baca juga : Jenis Bunga Tercantik dan Terindah di Dunia

7. Kokai Cookei

Kokia Cookei

https://commons.wikimedia.org

Hawai memang terkenal dengan pemandangan lautnya yang indah. Namun siapa sangka jika di tempat ini ada bunga terlangka di dunia yang diberi nama Kokai Cookei.

Bungai ini ditemukan ada tahun 1806 dan sangat sulit untuk dikembangbiakkan. Hal ini juga yang mengakibatkan bunga ini mengalami kepunahan sejak tahun 1950.

Namun, 20 tahun setelah kabar kepunahannya, ternyata bunga ini ditemukan kembali di suatu tempat dan kini berhasil untuk dikembangbiakkan di 23 tempat yang terpisah di Hawai. Hal inilah yang menjadikan bunga ini menjadi langka.

8. Youtan Poluo

Youtan Poluo

https://id.pinterest.com

Bunga ini tidak hanya langka namun juga sangat unik. Mengapa? Sebab bunga ini dikabarkan dapat tumbuh di baja. Bahkan bunga ini juga pertama kali ditemukan di bawah mesin cuci di Gunung Lushan, Cina.

Berdasarkan mitos India dan juga kitab Buddha menyebutkan bahwa bunga ini hanya mekar setiap 3.000 tahun sekali. Tidak heran jika bunga ini sangat langka, sebab untuk menunggu waktu mekarnya saja sangatlah lama.

9. Lotus Berthelotii

Lotus Berthelotii

https://store.ricardosnursery.com

Bunga terlangka di dunia selanjutnya adalah Lotus Berthelotii. Bunga ini memiliki bentuk yang unik dimana bentuknya menyerupai paruh burung kakak tua. Hal inilah yang menjadikan bunga ini disebut pula dengan bunga paruh kakak tua.

Pada tahun 1884, keberadaan bunga ini di alam liar benar-benar punah. Sebab, proses penyerbukannya dibantu oleh burung unbird di kepulauan Canary dan diketahui sudah lama punah juga.

Pada tahun 2008 juga dilakukan percobaan penyerbukan, sayangnya proses penyerbukan ini gagal dan kini tidak ada buah yang berhasil diproduksi lagi. hal inilah yang menjadikan bunga ini sangatlah langka.

10. Cape Sundew

Cape Sundew

https://www.newphytologist.org

Satu lagi bunga terlangka di dunia yang harus Kamu tahu adalah Cape Sundew. Bunga ini merupakan bunga karnivora atau pemakan daging yang berasal dari Afrika Selatan. hidup dengan memangsa serangga dengan melalui perangkap lengket yang disebut dengan arthropods.

Bunga ini dikatakan langka karena keberadaannya yang hampir punah. Bahkan, Cape Sundew juga dilindungi Undang-Undang agar kelestariannya tetap terjaga.

Kini Kamu sudah tahu 10 bunga terlangka di dunia yang sudah disebutkan di atas. Jika Kamu pernah menjumpai salah satu diantara bunga tersebut, hal ini menandakan bahwa Kamu adalah orang yang beruntung.

Ingat, jangan rusak bunga yang akan punah, lestarikan saja. jika Kamu tidak bisa melestarikannya, maka biarkan bunga tersebut tumbuh dan mati dengan sendirinya.