Mengenal Jenis Jambu Air Unggulan di Indonesia

Jambu air merupakan salah satu jenis buah yang sangat terkenal terutama untuk masyarakat Indonesia. Selain rasanya manis, air yang terdapat dalam buah ini juga memberikan kesegaran yang luar biasa.

Loading...

Tak jarang, cukup banyak masyarakat yang seakan tidak pernah bosan dan ketagihan untuk menyantap buah yang satu ini.

Selain rasanya yang nikmat, jambu air juga tergolong cukup mudah dibudidayakan di Indonesia. Kondisi tanah di Indonesia cukup cocok untuk menanam aneka jenis jambu air.

Oleh karena itu, dewasa ini, cukup banyak masyarakat yang mencoba menanam pohon jambu air di pekarangan rumah mereka untuk bisa menikmatinya setiap saat.

Ragam Jenis Jambu Air Unggulan di Indonesia

Perlu diketahui bahwa ada cukup banyak jenis jambu air unggulan yang ada di Indonesia.

Adanya banyak jenis tanaman ini tentu saja membuat Kamu bisa memilih mana pohon jambu air yang pas untuk ditanam di pekarangan rumah. Adapun beberapa jenis tanaman tersebut adalah sebagai berikut:

Baca juga : Jenis timun laut

1. Jambu Air Bajang Leang

Jambu Air Bajang Leang

https://higaragro.com

Salah satu jenis pohon jambu air yang cukup terkenal dan menjadi unggulan masyarakat Indonesia adalah jambu air Bajang Leang.

Ini adalah varietas jambu air unggulan yang sudah banyak ditanam dan dikembangkan oleh masyarakat sejak beberapa tahun yang lalu. Nah, memang, jambu air ini memiliki beberapa kelebihan.

Bajang Leang termasuk varietas jambu air yang memiliki bentuk super besar. Ukurannya memang lebih besar dari varietas lain.

Tidak hanya itu, jambu air ini memiliki warna yang sangat menarik serta rasa yang begitu nikmat. Paduan apa yang ada dalam jambu air ini membuatnya digemari oleh masyarakat.

2. Jambu Air Cincalo Merah

Jambu Air Cincalo Merah

https://www.youtube.com

Seperti namanya, Cincalo Merah adalah jenis jambu air yang memiliki warna merah yang sangat menarik.

Warna merah yang melekat pada varietas jambu air ini membuatnya terlihat begitu menggiurkan untuk disantap, terutama di kala siang hari.

Tidak hanya itu, jambu air ini merupakan varietas unggulan dengan daging buah yang tebal serta padat. Tentu, rasa jambu air Cincalo Merah juga begitu manis dan menyegarkan.

Perlu diketahui bahwa jambu air ini juga memiliki keunikan lainnya, yakni bentuk buahnya yang unik dan memanjang seperti lonceng.

3. Jambu Madu Deli Hijau

Jambu Madu Deli Hijau

http://doctorjambumadu.blogspot.com

Deli Hijau adalah salah satu varietas jambu air yang juga cukup populer dan menjadi varietas unggulan di Indonesia.

Seperti namanya, jambu air air memiliki warna hijau yang tampak cantik. Nah, di balik warna hijaunya yang cantik ini, terdapat rasa jambu air yang begitu manis dan lezat. Tak salah rasanya jika varietas ini disebut jambu madu.

Hal lain yang menarik dari jenis jambu air ini adalah adanya fakta bahwa Deli Hijau tidak memiliki biji di dalamnya.

Nah, karena tidak ada biji, maka buah ini bisa dimakan sampai habis. Untuk dibudidayakan, Deli Hijau termasuk yang cukup cepat berbuah. Pohon ini bisa dipanen dalam usia sekitar 9 bulan.

4. Jambu Madu Kesuma Merah

Jambu Madu Kesuma Merah

https://www.youtube.com

Salah satu jenis jambu air yang juga populer dan menjadi unggulan untuk dibudidayakan adalah jambu madu Kesuma Merah.

Seperti namanya, varietas jambu air ini cukup menarik dengan warna buahnya yang merah dan menyegarkan. Tidak hanya itu, varietas ini juga memiliki ukuran buah yang begitu tebal sehingga dagingnya lebih banyak.

Namun, jika Kamu ingin membudidayakan varietas jambu air ini, maka Kamu harus sedikit bersabar. Waktu panen buah bisa dikatakan cenderung lebih lama daripada varietas lainnya.

Hal ini dikarenakan varietas jambu air ini memiliki pohon yang cenderung besar sehingga waktu berbuah menjadi lebih panjang.

Baca juga : Jenis tumbuhan paku

5. Jambu Madu Super Green

Jambu Madu Super Green

https://www.jualbenihmurah.com

Varietas jambu air lain yang menjadi unggulan adalah Super Green. Varietas ini disebut juga dengan nama jambu madu super karena memiliki ukuran yang cukup besar.

Buah yang dihasilkan pohon ini memiliki rata-rata berat sekitar 250 gram.

Meskipun memiliki ukuran buah yang lebih besar dibandingkan dengan varietas jambu air lainnya, rasa jambu air ini tetap nikmat dan super manis.

Nah, untuk varietas ini, pohon akan mulai berbuah paling lama sekitar 2 tahun setelah masa tanam pertama.

6. Jambu Air Camplong

Jambu Air Camplong

https://sampangkabmuseumjatim.wordpress.com

Camplong juga termasuk jenis jambu air yang cukup populer dan masuk dalam varietas unggulan. Varietas ini berasal dari Jawa Timur dan menjadi pohon jambu air idola di daerahnya.

Apa yang menarik dari varietas ini adalah buah jambu air yang terlihat putih mengkilap dan memiliki daging yang tebal.

Selain itu, jambu air Camplong juga tidak memiliki biji sehingga bisa dinikmati hingga habis tak bersisa. Nah, untuk budidaya, varietas jambu air ini bisa tumbuh di berbagai kontur tanah.

Untuk masa tanam sendiri, pohon memerlukan waktu paling lama 1 tahun untuk berbuah pertama kali.

7. Jambu Air Citra

Jambu Air Citra

https://samudrabibit.com

Varietas jambu air yang juga masuk dalam kategori unggulan adalah jambu air Citra. Ini adalah varietas jambu air yang sangat terkenal karena ukuran buahnya yang super besar.

Tidak hanya ukuran buah yang besar dan daging yang tebal, rasa buahnya pun sangat manis sehingga nikmat untuk disantap.

Nah, jika Kamu suka dengan jambu air, sepertinya varietas ini cocok untuk dikembangkan. Hal ini cukup beralasan karena jenis jambu air ini mampu berbuah sebanyak 3 kali dalam setahun!

Namun, untuk masa berbuah pertama kali, varietas ini membutuhkan waktu paling lama sekitar 2 tahun.

Baca juga : jenis ubur-ubur

8. Jambu Air Delima

Jambu Air Delima

https://www.youtube.com

Varietas ini berasal dari daerah Demak, Jawa Tengah dan menjadi unggulan di daerah asalnya. Apa yang menarik dari varietas jambu air ini adalah rasa jambu yang renyah dan mengandung cukup banyak air. Karena kandungan airnya, jambu air ini begitu menyegarkan saat disantap.

Tidak hanya itu, jambu air delima juga menarik dengan warnanya yang merah merona bak delima. Kamu yang melihatnya pasti akan segera ingin menyantap.

Nah, jika ada space yang kosong di pekarangan, maka menanam varietas ini bisa menjadi opsi menarik.

9. Jambu Bol Jamaika

Jambu Bol Jamaika

https://www.bukalapak.com

Varietas jambu air unik dan populer lain adalah jambu Bol Jamaika. Nah, apa yang menarik dari varietas ini adalah buah jambu air yang begitu besar hingga segenggaman tangan orang dewasa.

Tidak hanya itu, jambu air ini memiliki daging yang tebal. Untuk pembudidayaan, jambu air ini juga bisa dijadikan pohon hias yang unik.

10. Jambu Air King Rose

Jambu Air King Rose

https://www.bukalapak.com

Opsi jenis jambu air unggulan lain yang bisa ditanam adalah jambu air King Rose. Varietas jambu air adalah salah satu unggulan yang unik dengan warna buah merah serupa mawar.

Tidak hanya itu, buah jambu air ini juga cukup besar dengan berat sekitar 300 gram per buah. Rasanya? Kamu pasti akan sangat menyukainya karena jambu air ini sangat manis.

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai jenis jambu air unggulan yang ada di Indonesia. Mana yang ingin Kamu tanam di rumah?