16 Jenis Tanaman Hidroponik Sayur dan Buah yang Mudah Ditanam Pada Lahan Sempit

jenis tanaman hidroponik

image via https://www.canva.com/

Jenis Tanaman Hidroponik – Umumnya, Anda bercocok tanam menggunakan media berupa tanah. Akan tetapi, baru-baru ini dikembangkan pula menanam berbagai jenis tanaman menggunakan media selain tanah.

Loading...

Nah, teknik inilah yang disebut sebagai hidroponik.

Hidroponik merupakan teknik bercocok tanam dengan media air. Pada air, diberikan nutrisi tanaman untuk mendukungnya tumbuh dengan baik.

Tanaman yang menggunakan media air untuk tumbuh, tidak kalah bergizi dan sehat. Terlebih, teknik menanam yang satu ini mengutamakan terpenuhinya kebutuhan nutrisi bagi tumbuhan.

Jenis Tanaman Hidroponik yang Mudah Ditanam Pada Lahan Sempit

Nah, dari berbagai jenis tanaman yang bisa ditanam menggunakan teknik hidroponik, diantaranya terdiri dari buah-buahan, sayuran, hingga tanaman hias. Mari bahas berbagai jenis tanaman hidroponik pada ulasan di bawah ini :

1. Sawi Hijau

Sawi merupakan salah satu jenis sayuran yang tahan dengan hujan. Hal ini membuat jenis tanaman hidroponik ini bisa tumbuh sepanjang tahun. Selain itu, masa hidupnya tergolong pendek sehingga Anda bisa cepat memanennya.

Jika dijual, sawi cukup laku di pasaran. Untuk meningkatkan daya jual dan menanggulangi keterbatasan lahan, Anda bisa menggunakan teknik hidroponik untuk menanamnya.

2. Tanaman Buah Stroberi

Buah yang satu ini umumnya bisa tumbuh dengan baik di dataran tinggi. Akan tetapi, berkat berkembangnya teknik hidroponik, Anda bisa dengan mudah menemukannya di berbagai tempat.

Permintaan yang tinggi terhadap buah stroberi, membuat banyak petani beralih ke teknik hidroponik untuk mengatasi keterbatasan lahan. Oh ya, cara hidroponik ternyata dapat membuat tanaman ini lebih baik dalam menyerap nutrisi.

3. Tanaman Buah Blueberry

Satu lagi jenis buah yang bisa tumbuh dengan baik saat ditanam menggunakan teknik hidroponik. Ya, si buah unik Blueberry memang kurang produktif jika ditanam pada tanah yang subur.

Bahkan, dari semua jenis tanaman yang dapat di tanam di polibag, blueberry tidak memiliki keistimewaan tersebut.

Hal ini disebabkan sensitifitas yang tinggi terhadap unsur kimia pada buah imut berwarna biru ini. Blueberry paling bagus jika ditanam dengan media sabut kelapa.

4. Tanaman Melon

Tentu Anda tidak menyangka kalau buah sebesar melon bisa ditanam dengan cara hidroponik. Tapi, ada beberapa hal yang perlu Anda garis bawahi ketika menanam melon dengan teknik hidroponik.

Salah satunya adalah harus menggunakan bibit unggul saat menanamnya. Selain itu, jenis media yang dipilih pun tidak bisa asal-asalan.

5. Tanaman Semangka

Kandungan air yang banyak di dalam buah semangka sangat digemari oleh masyarakat terutama ketika cuaca sedang panas-panasnya. Selain segar, buah ini juga terkenal dengan rasanya yang manis.

Buah ini bisa ditanam dengan cara hidroponik. Tak jauh beda dengan melon, semangka juga memerlukan perhatian khusus dalam menanamnya.

Nah, keunggulan dari buah semangka adalah masa panennya yang singkat yaitu sekitar 2 hingga 3 bulan saja.

6. Sayur Brokoli

Tanaman yang sangat mirip dengan kol ini sangat baik untuk kesehatan tubuh lho! Umumnya, brokoli tumbuh di daerah dataran tinggi. Akan tetapi, dengan teknik hidroponik, brokoli juga bisa tumbuh dengan baik di dataran rendah.

7. Tanaman Seledri

Siapa yang melewatkan seledri pada masakan sayur supnya? Tanaman ini memiliki bau yang khas dan memiliki manfaat yang sangat beragam lho!

Biasanya seledri ditambahkan dalam sup untuk membuat aroma masakan menjadi lebih lezat.

Untuk menanam seledri secara hidroponik, Anda bisa menggunakan metode wick atau sumbu. Selain itu, seledri juga masih bisa tumbuh dengan baik jika ditanam dengan sistem rakit apung.

8. Sayur Bayam

Memiliki lahan yang sempit bukan berarti Anda tidak bisa menanam berbagai sayur seperti bayam di rumah. Dengan teknik hidroponik, bahkan Anda bisa menanam sayur bayam di dalam gedung.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan manfaat sayur bayam yang sangat beragam dengan memanen sendiri di pelataran rumah.

9. Tanaman Paprika

Orang Indonesia memang tidak terlalu familiar dengan paprika. Sehingga, tidak banyak petani yang membudidayakannya.

Akan tetapi, jika dijual bisa bernilai tinggi karena lebih banyak digunakan sebagai bumbu masakan luar negeri.

Nah, tanaman ini sulit untuk tumbuh dengan media tanah. Sehingga, kemungkinan tumbuh lebih tinggi menggunakan teknik hidroponik.

Salah satu hal yang mesti diperhatikan saat Anda menanam paprika adalah konsentrasi nutrisinya harus seimbang.

10. Tanaman Cabe

Salah satu jenis tanaman hidroponik yang banyak peminatnya adalah cabe. Pasalnya, bumbu ini hampir mesti ada di setiap masakan Indonesia. Tanaman ini bisa tumbuh dengan media selain tanah.

Hal yang perlu diperhatikan saat menanam cabe secara hidroponik adalah memilih bibit unggul, memperhatikan teknik penyemaian, serta memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Anda bisa menanam cabe untuk dikomersilkan. Sebab, permintaan terhadap cabe selalu meningkat dari waktu ke waktu.

11. Tanaman Kailan

Sayur yang memiliki daun dan batang yang tebal ini berasa dari Cina. Kailan sering juga disebut dengan brokoli Cina. Tanaman ini mudah untuk dibudidayakan dengan cara hidroponik.

12. Tanaman Sayur Selada

Tanaman yang sering dijadikan salad sayur ini juga bisa dibudidayakan dengan cara hidroponik. Cara mengkonsumsinya sangat beragam.

Bisa dijadikan menu pelengkap dan juga lalapan, sehingga selada memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

13. Tanaman Timun

Timun adalah salah satu jenis buah yang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Termasuk dijadikan rujak, acar, lalapan, petis, atau bisa juga dimakan secara langsung.

Manfaat buah ini juga sangat banyak. Salah satunya bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain menggunakan teknik menanam konvensional, buah yang satu ini bisa ditanam menggunakan teknik hidroponik. Hal ini bertujuan untuk mengatasi keterbatasan lahan.

14.Hidroponik Sayuran Kangkung

Salah satu jenis sayur yang banyak digemari masyarakat Indonesia adalah kangkung. Cara menanamnya terbilang mudah.

Jika ditanam secara hidroponik, akan membantu ketersediaannya di rumah. Jadi, Anda tidak perlu membelinya lagi.

Manfaat kangkung sangat banyak. Mulai dari meningkatkan memori otak, meningkatkan sistem imun, mengurangi kadar kolesterol, dan sebagainya. sehingga, kangkung layak Anda jadikan tanaman wajib yang ada di rumah dengan cara hidroponik.

15. Tanaman Sayur Pokcoy

Pokcoy adalah tanaman yang sering Anda temukan sebagai campuran dalam mie ayam. Rasanya yang segar tentu membuat nilai lebih pada masakan.

Khasiat pokcoy untuk kesehatan tergolong beragam sehingga bisa dijadikan tanaman di pekarangan rumah. Untuk menghemat lahan, Anda bisa menggunakan teknik hidroponik untuk menanamnya.

16. Tanaman Buncis

Sayur yang satu ini memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Zat-zat bermanfaat di dalam buncis diantaranya vitamin A, B, C dan juga protein.

Budidaya buncis sudah banyak dilakukan oleh para petani di Indonesia. Namun, Anda bisa mengembangkan teknik hidroponik agar cara menanam buncis lebih efektif dan efisien.

..

Nah, itulah 16 jenis tanaman hidroponik yang bisa ditanam di pekarangan rumah ataupun lahan yang sempit. Kini, menanam berbagai jenis sayur dan buah menjadi sangat mudah meskipun tidak memiliki lahan yang luas.

Demikian, semoga bermanfaat.