10 Jenis Kucing Terlucu Di Dunia Yang Sering Dipelihara

Kucing adalah salah satu jenis hewan peliharaan yang paling lucu, dan paling banyak dipelihara oleh orang-orang karena memiliki paras dan tingkahnya yang lucu dang menghibur. Ada banyak sekali jenis kucing atau ras kucing yang cocok dipelihara di rumah.

Loading...

Di Indonesia ada 2 jenis ras kucing yang paling banyak dipilih untuk dipelihara, yaitu kucing persia dan kucing anggora. Tapi sebenarnya masih banyak lagi jenis dan ras kucing lainnya yang bisa anda pilih, untuk menemani anda di rumah.

Walaupun ada banyak jenis kucing dan ras kucing yang berasal dari seluruh dunia, namun hanya ada beberapa saja yang populer. Yang lainnya jarang atau sulit ditemukan, atau bisa juga karena orang lebih suka memelihara jenis kucing yang populer saja.

Ada beberapa pertimbangkan dalam memilih jenis kucing untuk dipelihara, misalnya bagaimana penampilannya, karakteristiknya, keunikannya, dan masih banyak lagi. Yang pasti kucing adalah makhluk yang paling menggemaskan di dunia.

10 Jenis Ras Kucing Terlucu Di Dunia Yang Sering Dipelihara

1. Kucing Persia

Kucing Persia

Kucing Persia, via https://sukakucing.com/

Tentu anda tahu ras yang satu ini, karena jenis kucing persia adalah jenis kucing yang paling banyak dipelihara di Indonesia bahkan mungkin di dunia.

Sesuai dengan namanya kucing ini berasal dari negeri Iran atau Persia, tetapi sekarang negara Inggris dan Amerika sudah menjadi distributor terbesar penghasil kucing persia.

Bentuk fisik dari kucing lucu ini adalah memiliki hidung yang pesek, dan muka yang bulat. Bagian tubuhnya pendek, ukuran kakinya pendek, dan rambutnya panjang dan halus.

Sedangkan karakteristik dari kucing persia ini adalah pendiam, penyayang, tidak terlalu aktif, dan yang paling penting setia. Jenis makanannya apa saja, bisa makanan kering atau basah.

2. Kucing Persia Himalayan

Kucing Persia Himalayan

Kucing Persia Himalayan, via https://www.pinterest.com/

Ternyata kucing persia juga masih dibagi lagi jenisnya, salah satunya adalah kucing persia himalayan. Kucing ini telah dikenal sejak ratusan tahun silam, tetapi baru dikenal di Benua Eropa sekitar tahun 1950an.

Kucing ini adalah hasil persilangan dari kucing persia dan kucing siam, itulah yang membuat kucing persia himalayan ini unik dan menarik.

Hampir sama dengan kucing persia biasa ia memiliki jenis hidung yang pesek, dan bulunya tebal dan panjang. Warna bulunya sangat unik dan menarik, warna matanya biru cerah. Untuk jenis makanan juga tidak sulit, anda bisa memberikan makanan kering ataupun basah di toko hewan terdekat.

3. Kucing Russian Blue

Kucing Russian Blue

Kucing Russian Blue, via http://animallovers2017.blogspot.com

Jenis kucing yang satu ini bisa disejajarkan dengan jenis kucing cerdas sedunia, karakteristik kucing russian blue ini cukup menarik. selain cerdas kucing yang satu ini juga memiliki kedekatan khusus dengan pemiliknya.

Ia bisa menjadi sangat lengket dengan majikannya, selain itu kucing ini juga terbilang agak pemalu dengan orang yang menurutnya asing.

Untuk jenis makanannya sama dengan jenis dan ras kucing lainnya, anda bisa memberi kucing russian blue makanan kering ataupun basah.

Dinamakan Russian Blue karena kucing ini memang berasal dari Rusia. Kucing ini memiliki bulu yang pendek, dan warna bulunya biasanya abu-abu dengan warna mata yang hijau dan menarik.

4. Jenis Kucing Domestik atau kucing kampung Indonesia

Kucing Domestik atau kucing kampung Indonesia

Kucing Domestik, via http://ternakkucing.blogspot.com/

Tidak semua orang senang memelihara kucing ras atau kucing rumahan, sebagian orang lebih suka dengan kucing domestik atau kucing kampung Indonesia. kucing yang satu ini begitu populer, dan mudah ditemukan misalnya di jalan raya, di gang dekat rumah, di sebuah rumah, dan lain-lain.

Pada umumnya kucing ini memiliki karakteristik dan sifat pembawaan yang cukup baik, sangat mandiri, memiliki ingatan yang tajam, dan memiliki fisik yang kuat.

Sekilas kucing kampung terlihat agak liar dan menyeramkan. Tetapi sebenarnya mereka lebih mudah dijinakkan dan memiliki sifat yang bersahabat, ia juga terbiasa makan apa saja.

5. Kucing Turkish Anggora

Kucing Turkish Anggora

Kucing Turkish Anggora, via http://pedas-banget.blogspot.com/

Kucing anggora adalah jenis kucing alami dan kucing tertua di dunia, konon katanya kucing ini sering dikaitkan dengan mitos legenda dari Turki maka namanya pun Turki Anggora.

Walaupun asalnya bukan dari Turki dan belum diketahui dari mana. Kucing ini memiliki ukuran tubuh yang sedang, dan memiliki bulu yang sangat panjang dan cantik.

Ciri fisik dari kucing Turkish Anggora ini hampir sama dengan kucing persia, namun pada umumnya bentuk kepalanya segitiga dan hidungnya mancung. Serta bulu di bagian lehernya lebih panjang dibanding yang lain.

6. Kucing American Shorthair

Kucing American Shorthair

American Shorthair, via http://vetstreet.com

Jenis kucing ras yang satu ini merupakan keturunan dari european shorthair dan british shorthair. Seiring dengan berjalannya waktu nama kucing ini berubah menjadi american shorthair.

Ia memiliki ukuran badan yang sedang, dan otot kaki serta cakar kaki yang begitu kuat. Bentuk badan mereka diselimuti oleh bulu badan yang pendek tetapi tebal.

Bulu tebalnya tersebut berfungsi untuk melindungi tubuhnya dari hawa dan cuaca dingin. Kenyataannya kucing jenis american shorthair ini memiliki fisik yang kuat dan sehat, kucing ini biasanya lebih menyukai makanan basah seperti daging ikan, ayam atau sapi.

7. Kucing Siamese

Kucing Siamese

Kucing Siamese, via http://kucingtercantikdunia.blogspot.com/

Jenis kucing berikutnya yang lucu dan cocok untuk dipelihara adalah kucing siamese. Kucing ini merupakan jenis kucing oriental yang berasal dari negara Thailand.

Siamesse adalah jenis kucing yang sangat populer di dunia, tak heran jika banyak sekali orang yang senang memeliharanya.

Ia memiliki bentuk tubuh yang ramping, ekor yang panjang dan warna matanya yang biru. Untuk jenis makanan yang baik dan cocok untuknya, anda bisa memberinya jenis makanan basah.

8. Kucing Norwegian Forest

Kucing Norwegian Forest

Kucing Norwegian Forest, via http://kucingimutmu.blogspot.com/

Bagi anda pecinta kucing pasti tidak asing dengan kucing norwegian forest, yang berasal dari Norwegia dan Skandinavia.

Ciri khasnya terletak pada ukuran bulunya yang sangat panjang, yang tebal di musim dingin dan rontok di musim semi. Uniknya lagi ia memiliki bulu pendek berwarna putih, dan bulu panjang berwarna gelap. Karakternya ramah dan juga pendiam.

9. Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon, via http://fluffycoons.pl/

Kucing ini juga merupakan jenis kucing tertua sedunia, yang berasal dari wilayah Maine Amerika Serikat. Ia memiliki bentuk tubuh yang sangat besar, tinggi, dan juga berat. bahkan tingginya bisa mencapai 1 meter.

Bulunya lembut, halus dan tebal dan juga tahan air. Ia memiliki sifat yang menarik seperti independen, aktif, dan sayang pada pemiliknya.

10. Kucing Sphynx

Kucing Sphynx

Kucing Sphynx, via https://www.liputan6.com/

Kucing yang satu ini memiliki bulu yang sangat pendek sehingga terlihat seperti tidak memiliki bulu. Ciri fisiknya yaitu memiliki ukuran tubuh yang sedang, tegak, tetapi bulat di bagian perutnya. Bentuk kepalanya segitiga dan cukup panjang, lehernya juga panjang, berotot dan juga bulat.

Karakteristik dari kucing sphinx ini adalah aktif, setia pada pemiliknya, cerdas, dan tipe kucing yang penyayang. Jenis makanannya apa saja bisa makanan kering dan bisa juga makanan basah. Sejarah kucing ini berasal dari Kanada.