14 Jenis Burung Lovebird Dengan Warna Tercantik, dan Harga Juga Fantastis

Jenis Burung LoveBird – Penghobi burung memiliki primadona baru, yaitu Lovebird. Warna-warnanya yang indah dan cantik, serta suaranya yang merdu membuat Lovebird memiliki nilai tersendiri di mata penggemarnya.

Loading...

Nah, Lovebird ternyata memiliki berbagai jenis dan warna lho!

Para kolektor burung sering berburu Lovebird dengan warna yang langka dan baru. Semakin langka jenisnya, semakin tinggi pula nilai jualnya.

Awalnya, jenis burung Lovebird hanya terdiri dari 9 jenis saja. Akan tetapi, setelah disilangkan, terdapat berbagai warna baru akibat mutasi bulu.

Sehingga varian warnanya menjadi lebih beragam dan mengesankan. Salah satu jenis Lovebird yang paling mahal dan terlihat cantik adalah Lovebird Parblue.

Banderol harganya adalah Rp 15 juta hingga Rp 20 juta setiap ekor. What a fantastic price!

Jenis Burung LoveBird

Untuk lebih jelas, silahkan simak berbagai jenis Lovebird dengan warna yang paling menarik berikut ini :

1. Lovebird Muka Salem (Agapornis Roseicollis)

Lovebird Muka Salem

image via pinterest.com

Burung Lovebird Muka Salem banyak dijumpai di daerah selatan Afrika, Angola, dan juga Namibia. Di Indonesia sendiri burung ini sangat sulit untuk ditemukan.

Postur tubuh Lovebird Muka Salem sangat menawan. Kombinasi warna-warna cantiknya membuat Lovebird Muka Salem menjadi semakin elegan.

Pada bagian tubuh bawah, warnanya hijau kekuningan. Sedangkan pada dahi dan belakang mata warnanya merah. Warna pink mendominasi bagian pipi, leher, dan dada.

Sementara sayapnya berwarna hijau dengan ujung kebiruan. Cantik sekali bukan jenis burung Lovebird yang satu ini?

2. Lovebird Nyasa (Agarponis Lilianae)

Agarponis Lilianae

image via https://www.hbw.com/

Nama lain dari jenis burung Lovebird yang satu ini adalah Lilian. Warna yang mendominasi burung ini adalah hijau. Ketika disilangkan, maka Lovebird Nyasa akan menghasilkan warna yang unik yaitu Lutino dan biru.

Lovebird Nyasa bisa Anda temukan dengan mudah di daerah Mozambik, Malawi, Tanzania, Zambia Tenggara, dan Zimbabwe Utara.

3. Lovebird Topeng

Lovebird Topeng 

image via https://www.flickr.com/

Jika sebagian besar jenis Lovebird memiliki warna cerah, lain halnya dengan Lovebird Topeng.  Sekilas, jenis burung Lovebird ini sangat imut, karena pada warna di bagian wajahnya, terdapat warna gelap kehitaman. Seperti sedang mengenakan topeng.

Burung jenis ini pertama kali ditemukan di daerah Timur Laut Tanzania. Sedangkan masyarakat yang membudidayakannya pertama kali di Kenya.

Lovebird topeng didominasi oleh warna hijau dan warna terang di bagian dada. Akan tetapi, sangat sulit untuk membedakan jantan atau betina dari tipe ini. Sebab, ciri fisik keduanya hampir sama.

4. Lovebird Abisinia (Agapornis Taranta)

Agapornis Taranta

image via pinterest.com

Ciri khas dari jenis burung Lovebird Abisinia adalah ukuran tubuhnya yang cenderung lebih besar. Perpaduan warnanya agak monoton, tidak seperti kebanyakan jenis Lovebird.

Biasanya, Abisinia memiliki dua warna dominan yaitu hijau tua dan hitam.

Sedangkan pada dahinya berwarna orange kemerahan. Burung ini berasal dari bagian selatan Eritrea. Habitatnya banyak ditemukan di barat daya Ethiopia.

5. Lovebird Madagaskar (Agapornis Cana)

Agapornis Cana

image via https://www.pappagallinelmondo.it/

Lovebird Madagaskar merupakan kebalikan dari Abisinia. Ukuran tubuhnya adalah yang paling kecil dibanding jenis Lovebird lainnya. Bobot tubuhnya hanya berkisar 30 gram.

Jenis ini paling mudah untuk dikenali karena kombinasi warnanya. Lovebird Madagaskar merupakan burung dengan perpaduan warna hijau dan abu-abu.

Burung ini cukup sulit ditemukan di wilayah Indonesia. Pasalnya, habitat aslinya ada di Madagaskar, Afrika.

6. Lovebird Muka Merah

Lovebird Muka Merah

image via https://www.jalaksuren.net/

Disebut sebagai Lovebird Muka Merah karena bagian mukanya memang berwarna merah. Jenis burung Lovebird ini bukan termasuk burung yang pemalu.

Jika mukanya berwarna merah, maka tubuhnya berwarna kekuningan. Populasi burung ini mudah untuk ditemukan di daerah pesisir pantai Afrika tengah hingga Ethiopia bagian barat.

7. Lovebird Fischer (Agepornis Fischeri)

Agapornis Fischeri

image via https://www.hbw.com/

Nama jenis burung Lovebird yang satu ini terinspirasi dari nama penemunya, yaitu Gustav Fischer asal Jerman. Burung ini memiliki perpaduan warna yang sangat menarik. Yaitu antara merah, kuning, orange, dan hijau.

Saat ini, Lovebird Fischer mudah dijumpai di Indonesia. Akan tetapi, daerah asalnya adalah dari Afrika Timur, Tengah, Selatan dan Tenggara. Burung ini juga mudah ditemui di daera Victoria Tanzania utara.

8. Lovebird Pipi Hitam (Agaprnis Nigrigenis)

Agapornis Nigrigenis

image via https://pecintakicau.wordpress.com/

Sekilas, jenis burung Lovebird ini hampir sama dengan Lovebird Topeng. Tapi, jika Anda amati dengan lebih detail, warna hitam pada Lovebird ini hanya ada pada bagian pipinya saja.

Sedangkan pada bagian tubuhnya, hampir didominasi oleh warna hijau kekuning-kuningan. Habitat aslinya adalah di hutan gugur yang dekat dengan perairan seperti di Zambia serta Victoria, Zimbabwe.

9. Lovebird Kerah Hitam (Agarponis Swinderniana)

Agarponis Swinderniana

image via https://pbs.twimg.com/

Lovebird Kerah Hitam termasuk salah satu burung cinta yang cukup langka. Burung ini memiliki ciri khas pada bagian kerah yang berwarna hitam sedangkan lehernya berwarna kecokelatan.

Pada bagian tubuhnya didominasi oleh warna hijau. Sedangkan ukuran tubuhnya sama dengan jenis Madagaskar. Nah, jenis burung ini banyak terdapat di bagian khatulistiwa negara Afrika.

10. Lovebird Pastel

Lovebird Pastel

image via https://olx.co.id/

Salah satu jenis burung Lovebird yang menjadi incaran bagi penggemar burung adalah Pastel. Sebab, bulunya cenderung berwarna kalem atau soft.

Jika biasanya warna Lovebird adalah hijau tua dan kuning, maka Lovebird pastel memiliki tampilan hijau muda dan kuning muda.

Akan tetapi, beberapa Lovebird memiliki warna yang lebih muda yaitu jenis Dilute. Sehingga, Dilute disebut sebagai burung yang warna bulunya telah mencair.

Lovebird yang umum ditemui adalah pastel ijo, pastel kuning, dan juga pastel biru.

11. Lovebird Batman

Lovebird Batman

image via https://olx.co.id/

Nama jenis burung Lovebird ini memang unik, seunik bentuk fisiknya. Burung Lovebird Batman memang memiliki ciri fisik dan warna yang mirip dengan karakter superhero Batman.

Paduan warna abu-abu dan putih membuat burung ini terlihat gagah.

Jika sudah dewasa, sayap burung ini akan berubah menjadi hitam pekat, sehingga banyak juga yang menyebutnya sebagai Lovebird hitam.

12. Lovebird Cobalt

Lovebird Cobalt

image via https://i.pinimg.com/

Berbagai jenis burung Lovebird biasanya dibedakan berdasarkan warnanya. Sehingga Lovebird Cobalt disebut juga sebagai Lovebird biru.

Pasalnya, hampir seluruh tubuhnya berwarna biru telur asin. Sebagian kecil tubuhnya berwarna abu-abu yaitu pada bagian lehernya saja.

Pada jenis Lovebird Biru Violet, warnanya identik dengan jenis Cobalt. Perbedaannya ada pada kepala yang berwarna hitam. Dilengkapi pula dengan kacamata yang cantik. Sedangkan leher dan dadanya berwarna putih.

13. Lovebird Merah

Lovebird Merah

image via http://resepnma.blogspot.com/

Lovebird Merah adalah salah satu jenis burung Lovebird yang cukup langka. Warna ini muncul akibat mutasi dari jenis lainnya.

Akan sangat sulit menemukan Lovebird berwarna merah polos. Biasanya warna merahnya diselingi dengan kuning, orange, ataupun putih.

Jangan heran jika seekor Lovebird Merah yang masih muda dibanderol dengan harga jutaan. Sedangkan untuk yang warnanya polos tanpa paduan lain akan lebih mahal lagi.

14. Lovebird Albino

Lovebird Albino

image via https://www.burungcantik.com/

Sesuai dengan namanya, jenis burung Lovebird yang satu ini berwarna putih polos. Tidak ada variasi warna lain yang terdapat pada bagian tubuhnya. Sehingga, kesan pertama ketika melihat Lovebird Albino adalah bersih.

Di indonesia, Albino cukup langka. Akan tetapi, harganya tidak semahal Lovebird merah. Untuk Lovebird Albino yang masih mudah, harganya bisa mencapai Rp 700 an ribu.

..

Baca juga : Jenis Burung Kicau dengan Suara Termerdu

Nah, itu dia 14 jenis burung Lovebird yang memiliki warna-warna cantik. Mana yang paling Anda suka? Silahkan membelinya sesuai dengan budget yang Anda miliki.