Ini Dia 4 Pelukis Terkenal Indonesia beserta Alirannya, Siapa Saja Mereka?

Karya Affandi - Ayam Tarung 1979

https://www.an1mage.org

Seni rupa merupakan salah satu sarana untuk mengekspresikan diri. Melalui seni rupa Kamu bisa menuangkan segala ide, perasaan dan keinginan dalam bentuk yang bisa terlihat. Misalnya adalah seni lukis.

Loading...

Di Indonesia sendiri terdapat banyak seniman hebat yang mampu menuangkan karyanya menjadi karya lukis yang mempesona. Bahkan pesonanya mampu menghipnotis siapa saja  yang melihatnya dan mampu bersaing di kancah internasional. Sebut saja  abdullah Suriosubroto, Affandi dan lain sebagainya.

Mereka merupakan pelukis terkenal Indonesia yang karyanya sudah mendunia. Tidak hanya itu, masih banyak lagi seniman lukis yang lainnya yang memiliki karya-karya yang luar biasa.

Pada dasarnya setiap pelukis memi aliran seni dan karakteristik yang berbeda-beda. Namun disitulah keistimewaan itu tercipta. Nah dari pada penasaran, yuk simak siapa saja pelukis terkenal di Indonesia dan apa saja alirannya? Check it out!

1. Affandi koesoema (1907-1990)

Affandi koesoema (1907-1990)

https://www.an1mage.org

Mendengar namanya tentunya Kamu sudah tidak asing lagi bukan? nama pelukis yang satu ini sangat terkenal bahkan sangat melegenda. Siapa lagi jika buka Affandi Koesoema.

Affandi dikenal sebagai pelukis yang memiliki gaya ekspresionisme dan romantisme. Karya-karyanya sangat istimewa dan memukau.

Meskipun memiliki teknik melukis yang cenderung aneh dan tidak biasa, (dalam hal ini tidak memakai kuas) akan tetapi pada tahap finishing akan melahirkan karya yang luar biasa.

Itulah sebabnya banyak orang yang mengagumi karya Affandi ini. Affandi  lahir pada tahun 1907  di Cirebon dan meninggal pada tahun 1990. Semasa hidupnya, Affandi mampu melahirkan karya lukis hingga lebih dari 2000 lukisan.

Lukisan-lukisan tersebut banyak dipamerkan di berbagai negara di dunia seperti India, Inggris, Amerika Serikat dan beberapa negara di Eropa.

Baca juga: Buku terlaris di dunia

2. Abdullah Suriosubroto (1878-1941)

Abdullah Suriosubroto (1878-1941)

https://www.senipedia.id

Pelukis yang terkenal di Indonesia selanjutnya adalah Abdullah Suriosubroto. Pelukis  yang satu ini merupakan anak dari pahlawan Nasional Dr. Wahidin Sudirohusodo, seorang tokoh pergerakan nasional di Indonesia.

Abdullah lahir pada tahun 1878 di Semarang. Ia menjadi salah satu pelukis terkenal di abad ke -20. Awalnya, abdullah merupakan seorang dokter seperti ayahnya.

Namun kemudian setelah ia menetap di Belanda, tiba-tiba Abdullah malah berbelok untuk masuk sekolah seni rupa. Padahal awalnya adalah sekolah kedokteran.

Semenjak itulah, Abdullah menekuni profesinya sebagai seorang pelukis, bukan menjadi seorang dokter lagi.

Abdullah merupakan seorang pelukis dengan aliran  romantik, ia sangat menyukai pemandangan yang akhirnya dituangkan ke dalam sebuah lukisan yang indah dan mengagumkan.

Berkat ketekunannya, ia berhasil menjadi pelukis terkenal di Indonesia bahkan di dunia. Berdasarkan karya-karya yang dimiliki Abdullah dimasukkan ke dalam pelukis dengan aliran yang dijuluki dengan nama “ Mooi Indie” atau  hindia Indah.

Abdullah menghabiskan waktunya di Bandung. Dan sebelum akhirnya meninggal pada tahun 1941, Ia memutuskan untuk pindah di Yogyakarta.

3. Barli Sasmitawinata (1921-2007)

Barli Sasmitawinata (1921-2007)

https://serupa.id

Barli Sasmitawinata merupakan seorang maestro seni lukis dengan aliran realis yang menjadi kebanggan bangsa Indonesia. Barli lahir pada tanggal 18 maret 1921 di Bandung. Ia mulai menggeluti dunia lukis sejak tahun 1935.

Oleh kakaknya, Barli disuruh belajar melukis di studio Jos pluimentz, milik seorang pelukis asal Belgia yang ada di Bandung.

Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya di studio Luigi Nobili yang kemudian dipertemukan dengan Affandi. Pertemuan tersebut menjadi angin segar bagi Barli, karena ia bisa belajar banyak hal tentang melukis.

Bersama Affandi, Soedarso, Wahdi Sumantra dan Hendra Gunawan ia mendirikan kelompok Lima Bandung. Yaitu, sebuah komunitas para pelukis yang berfungsi untuk mendekatkan informasi mengenai berbagai event lukis. Dari situlah nama Barli mulai bersinar terang.

Namun di balik ketenarannya, ia tetap merasa haus akan ilmu pengetahuan. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya di Perancis dan Belanda.

Sepulangnya dari Belanda, pada tahun 1958 ia mendirikan padepokan seni dengan nama Rangga gempol yang ada di Dago, Bandung. Berkat ketekunan yang dimiliki, Barli mendapatkan penghargaan Satya Lancana dari presiden pada tahun 2000.

4. Basuki Abdullah (1915-1993)

Basuki Abdullah (1915-1993)

https://kebudayaan.kemdikbud.go.id

Siapa yang tidak mengenal Basuki Abdullah? Pelukis yang lahir di Surakarta ini merupakan seorang pelukis yang terkenal di dunia.

Basuki terkenal sebagai pelukis dengan aliran naturalis dan realis. Karya-karyanya dibuat senatural mungkin seindah kenyataan. Sehingga banyak orang yang mengagumi karya-karyanya.

Jiwa seninya mengalir dari ayahnya yang juga seorang pelukis, yaitu Abdullah Suriosubroto. Basuki memulai pendidikannya di HIS Katolik dan Mulo katolik di Solo, awal Tengah. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya di Belanda. Tepatnya di  Academie Voor Beeldence Kusten Den Haag.

Basuki memiliki karya lukisan yang sangat menarik. Bahkan  banyak disukai oleh kalangan atas, seperti Bung Karno, Pangeran Bernard dari  Belanda, pangeran Philip dari Inggris, Sultan Brunei, Nyonya Ratna Sari Dewi dan lain sebagainya.

Bahkan ia juga pernah diangkat menjadi pelukis istana kerajaan di Thailand pada tahun 1960 dan menjadi pelukis di Istana Merdeka.

Basuki juga menjadi salah satu pelukis yang mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Pada tanggal 6 September tahun 1848 ia pernah mendapatkan penghargaan dari Ratu Yuliana belanda yang berhasil mengalahkan 87 pelukis dari seluruh dunia.

Ia juga sering mengadakan pameran tunggal di berbagai dunia seperti belanda, Inggris, Malaysia, Thailand dan lain-lain.

Nah itulah beberapa penulis yang sangat terkenal dan melegenda di Indonesia. mereka telah berhasil mengharumkan nama Indonesia di mata dunia dengan karya-karya yang dihasilkannya.

Baca juga: Lagu tentang bulan september

Sebagai generasi muda sudah sepantasnya untuk terus semangat menciptakan karya dan mengukir prestasi untuk mengharumkan nama bangsa.