Ini Dia 5 Hal Tentang Pentingnya Menghargai Waktu yang Perlu Kita Sadari

Waktu

https://www.kompasiana.com

Sering kali muncul sebuah pertanyaan, apakah hal yang paling berharga di dunia ini? Tentu setiap orang memiliki jawaban berbeda, namun sulit untuk ditolak jika salah satunya adalah waktu.

Loading...

Waktu merupakan hal yang paling berharga di dunia, bahkan sangat lebih berharga dari emas dan berlian. Mengapa bisa demikian?

Waktu yang terus berjalan memiliki segudang kisah yang tidak akan pernah bisa terulang. Banyak perjuangan, kebahagian, kesedihan, kekecewaan yang terukir dalam waktu.

Ada seseorang yang merelakan harus kehilangan pekerjaannya hanya demi bertemu dengan seseorang. Atau bahkan ada pula seseorang yang harus kehilangan nyawanya hanya saja tidak mendapat pertolongan di waktu yang tepat.

Karena berbagai hal itulah, betapa pentingnya menghargai waktu. Waktu tidak akan pernah bisa diulang sedetik pun.

Tidak bisa dipercepat atau juga diperlambat. Saat waktu terhenti maka dunia dan isinya sudah tidak ada lagi. Ada banyak hal yang terlewatkan saat tiba-tiba Kamu menyadari bahwa waktumu sudah habis.

Dan ketika Kamu menyadari akan hal itu, tentunya akan ada penyesalan yang mendalam di lubuk hati. Nah, sebelum hal itu terjadi, tidak ada salahnya jika Kamu menata hidupmu kembali dengan manajemen waktu yang baik.

Ada banyak manfaat yang bisa Kamu dapatkan saat menyadari betapa pentingnya menghargai waktu. Check it out!

Baca juga : Cara melatih kejujuran

1. Lebih Banyak Waktu yang Tersisa, Lebih Banyak Kegiatan Positif yang Tercipta

Sisa waktu

http://tasidola.com

Ketika Kamu menyadari betapa pentingnya menghargai waktu, maka Kamu akan berusaha semaksimal mungkin untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Sebelum nafas terhenti dan semuanya menghilang untuk mengejar mimpi dan terus berjuang

Kamu akan jauh lebih produktif dalam memanfaatkan waktu yang hanya 24 jam dalam sehari. Bagaimana Kamu bisa mengatur hidupmu secara tertata dan disiplin mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi.

Semakin cepat Kamu bisa menyelesaikan satu pekerjaan, maka Kamu bisa mencoba hal positif lainnya. Misalnya saat Kamu lebih cepat dalam menyelesaikan urusan rumah, maka Kamu bisa memiliki kesempatan untuk bisa berkarir di luar rumah.

Atau ketika Kamu selesai pulang sekolah, Kamu bisa mengikuti les musik, les matematika untuk mengasah kemampuan dan bakat yang Kamu miliki.

2. Memiliki Banyak Waktu Luang akan Jauh Lebih Bijak Dalam Pengambilan Keputusan

BEGADANG

https://www.faktajabar.co.id

Salah satu manfaat dari pentingnya menghargai waktu adalah membuat Kamu jauh lebih produktif. Kamu bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan dalam waktu yang singkat.

Sehingga Kamu memiliki banyak waktu lainnya yang bisa Kamu manfaatkan sesuka hati tanpa bermalas-malasan.

Dengan memiliki waktu yang luang, maka ketika Kamu dihadapkan pada sebuah masalah. Kamu bisa memikirkan keputusan terbaik untuk masalah yang sedang Kamu hadapi tersebut.

Mulai dari sebab akibat hingga dampak dari berbagai keputusan yang nantinya akan Kamu ambil.

Berbeda halnya ketika Kamu memiliki waktu yang sempit. Kamu akan merasa tertekan dan tidak memiliki kebebasan dalam berfikir.

Hal ini akan membuat Kamu terburu-buru dan gelisah sehingga menghasilkan sebuah keputusan yang ternyata kurang tepat. Bahkan bisa berakibat fatal.

Baca juga : Cara meningkatkan daya ingat

3. Membuatmu Semakin Kaya!

Semakin kaya

https://www.commondreams.org

Jika ada istilah yang menyebutkan bahwa “time is money” adalah sebuah istilah yang sangat tepat. Jika Kamu menjalankan sebuah bisnis, maka saat Kamu menyia-nyiakan waktu begitu saja tanpa melakukan aktivitas maka hal tersebut sangat merugikan.

Sementara jika Kamu melakukan bisnis yang Kamu jalani tersebut, Kamu bisa mendapatkan untung yang sangat banyak. Semakin banyak Kamu memiliki waktu luang semakin banyak pula peluang usaha yang bisa Kamu ciptakan. Menarik bukan?

4. Mengurangi Stress Tingkat Dewa

Rasa Sakit Kepala

https://beritabojonegoro.com

Stress tingkat dewa atau stress tingkat tinggi merupakan istilah yangs ering dihadapi oleh orang-orang jaman now. Kenapa? Orang-orang jaman sekarang terlebih anak muda zaman sekarang sering kali lebih suka nongkrong dan main bareng teman tanpa memikirkan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.

Hal ini menjadi sisi yang negatif dari perkembangan anak muda jaman Now. Meskipun tidak semuanya demikian, namun pada kenyataannya sebagian besar melakukan demikian.

Hal ini terbukti dengan banyaknya yang melakukan sistem kebut semalam untuk bisa menyelesaikan tugas-tugasnya.

Atau belajar dalam satu malam sebelum besok menghadapi ujian. Hal ini merupakan kebiasaan yang buruk. Selain memicu stress juga kurang efektif.

Pasalnya sistem kerja otak yang Kamu miliki tidak bisa menerima banyak materi hanya dalam satu malam. Yang ada otakmu menjadi lelah dan stress.

Berbeda jika Kamu rutin belajar setiap hari. Atau Kamu menyelesaikan tugasmu setiap hari sedikit demi sedikit. Kamu bisa mengerjakannya lebih santai karena tidak dikejar deadline. Dan hasilnya pun akan jauh lebih memuaskan. Karena Kamu bebas mengekspresikan apa yang Kamu inginkan.

Baca juga : Cara menumbuhkan sikap empati pada anak

5. Berkumpul dengan Keluarga

Berkumpul dengan keluarga

https://thesayingquotes.com

Selain waktu yang sangat berharga, keluarga juga menjadi salah satu hal yang paling berharga di dunia. Banyak orang yang melewati waktunya hanya untuk bekerja tanpa pernah berkumpul bersama keluarga.

Padahal berkumpul bersama keluarga merupakan sesuatu yang sangat berharga untuk dilewatkan begitu saja. Sesibuk apapun pekerjaanmu, keluarga tetap menjadi yang utama.

Nah itulah beberapa hal yang bisa Kamu dapatkan jika Kamu mengerti betapa pentingnya menghargai waktu.

Seseorang yang pandai menghargai waktu akan terus memanfaatkan waktu yang dimilikinya untuk terus memperbaiki diri menjadi lebih baik, lagi dan lagi. Mereka tak memiliki alasan untuk melewatkan waktu begitu saja dengan sia-sia.

Oleh karena itu, gunakan waktumu sebaik-baiknya. Pahamilah bahwa aset termahal di dunia ini adalah waktu. Waktu tidak akan pernah bisa diulang dan kembali.

Berharganya sebuah waktu tidak pada seberapa panjang waktu yang dimiliki, melainkan seberapa banyak kebaikan yang ada di dalamnya. Akan tiba saatnya semua yang terjadi menjadi sebuah cerita yang hanya bisa dikenang karena termakan waktu.