Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Harapan Menjadi Negara Maritim yang Besar, Doa dan Ucapan Selamat Hari Maritim Nasional dari Media Sosial dan Para Tokoh Bangsa

Ucapan Selamat Hari Maritim Nasional

image from : https://jhonlennon20.wordpress.com/

Selamat Hari Maritim Nasional – Mungkin sebagian dari Kita masih banyak yang tidak tahu bahwasanya ada lho peringatan Hari Maritim Nasional. Hari Maritim Nasional diperingati setiap tanggal 21 Agustus.

Sejarah telah mencatat, tepat empat hari setelah kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia tepatnya tanggal 21 Agustus 1945 untuk pertama kalinya diperingati sebagai Hari Maritim Nasional.

Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan Negara kesatuan yang hampir 60 persen dari luas wilayahnya merupakan lautan.

Ditetapkannya tanggal 21 Agustus sebagai Hari Maritim Nasional bertepatan dengan peristiwa kemenangan  Indonesia dalam pertempuran di lautan melawan penjajah.

Karena Indonesia memiliki sumber daya alam yang berasal dari lautan maka sudah sepantasnya laut Indonesia harus kita jaga.

Bertepatan Hari Maritim Nasional maka tidak ada salahnya jika kita turut berkampanye untuk menjaga laut Kita dengan cara memberikan ucapan selamat Hari Maritim Nasional.

Ucapan Selamat Hari Maritim Nasional

Dengan melakukan hal itu, setidaknya sebagai upaya untuk melestarikan laut kita. Nah berikut ini beberapa ucapan selamat Hari Maritim Nasional yang banyak diucapkan oleh netizen di media social. Check these out!

#1. “Selamat Hari Maritim Nasional” @MYIRamadhan

#2. “Selamat Hari Maritim Nasional! Jayalah Maritimku, Jayalah Indonesiaku” @gie_gito

#3. “Selamat Hari Maritim Nasional. Pertahankan wilayah Maritim. Makmur Nelayan. JALESVEVA JAYAMAHE #HariMaritim Nasional” @chikarizandy

#4. “Selamat Hari Maritim Indonesia! Semoga kekayaan maritime kita bisa sama-sama kita jaga. Jangan sampai kekayaan maritime kita dikuasai oleh Negara lain” (Muhammad Hendra Prasetya)

#5. “Selamat Hari Maritim Nasional. Jayalah Terus Maritim Indonesia. Semangat Menjaga maritime, semangat menjaga tanah air” @fidaael

#6. “Sebuah Negara kepulauan, kedaulatan maritime sangat mutlak diperlukan. Para pendahulu kita telah mengajarkan bahwa kekuatan militer laut dan keamanan, sarana dan prasarana,  

serta manajemen yang baik dari pemerintah adalah kunci bagi sebuah Negara untuk menyongsong kedaulatan maritime.

Mari Jadikan Hari Maritim Nasional sebagai momentum bangsa Indonesia untuk merebut kembali kedaulatan laut Nasional,

dan memanfaatkan seluruh potensinya untuk kemakmuran rakyat sebagaimana yang telah diamanahkan Undang-Undang Dasar 1945. Selamat  Hari Maritim Nasional” (Renatha Agung Yoga Prasetya)

#7. “Siapa yang menguasai laut maka dia menguasai perdagangan, siapa yang menguasai perdagangan maka dia akan menguasai kekayaan dunia, dan kemudian dunia itu sendiri” (Sir Walter Raleigh)

#8. “Sudah saatnya selaku generasi muda untuk kembali peduli dan melihat potensi kelautan yang kita miliki. Beberapa tahun ini kita lihat kinerja dari pemerintah yang ingin membangkitkan kemaritiman dan itu harus kita dukung.

Kita tidak boleh lupa kalau luas wilayah kita 2/3 nya adalah lautan. Jangan kita anggap lautan sebagai pemisah. Anggap lautan yang bisa menyatukan kita menjadi sebuah bangsa yang kokoh berdiri di wilayah Nusantara.

Kita juga harus percaya jika laut bisa memberikan kehidupan bagi kita yang di darat. Laut bisa membuat kita lebih sejahtera. Jangan biarkan laut kita justru dinikmati oleh ASING.

Kembali ke laut kembali melaut Indonesiaku. Jayalah Maritim Indonesia!”( kampuscenter.com)

#9. “Kembalilah menjadi bangsa samudra!” Amanat yang ditulis oleh presiden Republik Indonesia yang pertama Ir. Soekarno dalam pidatonya membuka Musyawarah Nasional Maritim I di Jakarta.

#10. “Kita harus bekerja sekeras-kerasnya untuk mengembalikan Indonesia sebagai Negara M Samudera, laut, selat dan teluk adalah masa depan peradaban kita.

Kita terlalu lama memunggungi laut, memunggungi samudera dan memunggungi selat dan teluk. Ini saatnya kita kembalikan semuanya sehingga Jalesveva Jayamahe,

di laut justru kita jaya, sebagai semboyan nenek moyang kita di masa lalu bisa kembali lagi membahana” (Joko Widodo)

#11. “Dengan persoalan yang terus menjadi ancaman, di Hari Maritim Nasional ini hendaknya kita selalu ambil bagian dalam memajukan kembali kejayaan laut kita, lewat cara yang sederhana namun memberi makna.

Merawat laut dan kehidupan di sekitarnya berarti memberi kehidupan bagi seluruh manusia. Jangan sampai potensi kita tersia-sia, jumlah produksi perikanan kita mencapai urutan ke-3 terbanyak di dunia di bawah China dan India.

Diperkirakan dari laut Indonesia mencapai nilai perekonomian mencapai 3 Triliun Dollar AS sampai 5 Triliun Dollar AS. (sumber: Kemenkeu RI).

Terumbu karangan kita yang menyumbangkan 21% terumbu karang dunia. 40 cekungan minyak yang berada di perairan Indonesia, dan masih banyak potensi laut kita yang lain.

Wujudkan mimpi bangsa kita menjadi poros maritime dunia. Jalesveva Jayamahe!” (Maria Anindita Nareswari)

#12. “Berbekal kemandirian maritime, maka ke depan kami optimis akan mampu mengembalikan kejayaan Indonesia sebagai bangsa maritim yang besar dan disegani bangsa lain di dunia.

Hal tersebut tentu akan membuktikan bahwa secara bertahap, Indonesia bisa meraih kemandirian sebagai Negara maritime yang besar“ (Dirjen Perhubungan laut Agus H. Purnomo)

#13. “Selamat Hari Maritim Nasional. Sebagai Negara yang memiliki luas wilayah lautan lebih besar daripada darat sudah sepantasnya kita menjaga kekayaan laut kita demi masa depan bangsa.

Jangan sampai kekayaan alam kita dikuasai oleh bangsa asing. Dengan menjaga laut kita sama dengan menjaga masa depan Indonesia lebih cerah. Jayalah Maritim Indonesia!

Pemerintah dan seluruh rakyat akan terus membela Maritim Indonesia”

Itulah berbagai contoh ucapan selamat Hari Maritim Nasional yang bertebaran di media. Baik yang simple hingga panjang lebar. Yang pasti semua masyarakat sangat antusias dan mendukung pemerintah untuk memajukan maritim Indonesia. Jayalah Terus maritim Indonesia. Jalesveva Jayamahe!

Jadi, Kamu termasuk yang sering memberikan ucapan untuk peringatan semacam Hari Maritim Nasional ini atau bukan? Jika sebelumnya masih belum pernah memberikan ucapan semacam ini, mulai sekarang tidak ada salahnya untuk mencoba lho.