Ini Dia Urutan Pangkat Polisi Lengkap Dengan Penjelasannya

Struktur pada jabatan dan pangkat polisi pada Kepolisian Republik Indonesia mulai diberlakukan sejak tanggal 1 Januari 2001.

Pada saat itu, TNI dan Polri mulai dipisahkan dan masing-masing memiliki tanda kepangkatan sendiri. perubahan ini didasarkan pada sebuah surat keputusan dari kapolri yang bernomor Skep/1259/X/2000 dengan tanggal 3 Oktober 2000.

Nah, kalau Kamu memiliki mimpi menjadi seorang polisi, sebaiknya mengetahui daftar jabatan polisi dari yang terendah hingga tertinggi. Berikut daftar urutan pangkat polisi secara lengkap.

Tabel Urutan Pangkat Polisi

JENJANGPANGKAT POLISI
Perwira TinggiJenderal Polisi
Komisaris Jenderal Polisi (Komjen)
Inspektur Jenderal Polisi (Irjen)
Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen)
Perwira MenengahKomisaris Besar Polisi (Kombes)
Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)
Komisaris Polisi (Kompol)
Perwira PertamaAjun Komisaris Polisi (AKP)
Inspektur Polisi Satu (Iptu)
Inspektur Polisi Dua (Ipda)
Bintara TinggiAjun Inspektur Polisi Satu (Aiptu)
Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda)
BintaraBrigadir Polisi Kepala (Bripka)
Brigadir Polisi (Brigpol)
Brigadir Polisi Satu (Briptu)
Brigadir Polisi Dua (Bripda)
TamtamaAjun Brigadir Polisi (Abrip)
Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu)
Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda)
Bhayangkara Kepala (Bharaka)
Bhayangkara Satu (Bharatu)
Bhayangkara Dua (Bharada)
Lambang Pangkat Polisi - Perwira

Tanda Kepangkatan Polisi – Perwira

1. Urutan Pangkat Polisi Jenjang Perwira Tinggi

Jabatan yang paling tinggi pada Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah Perwira Tinggi. Pangkat pada jenjang ini meliputi Jenderal Polisi, Komisaris Jenderal Polisi, Inspektur Polisi dan Brigadir Jenderal Polisi.

  • Jenderal Polisi

Polisi berpangat Jenderal adalah posisi paling tinggi di kepolisian. Seorang Jenderal tentu memiliki tugas dan tanggung jawab yang penting dan berat.

Lambang yang dimiliki oleh polisi berpangkat jenderal adalah simbol 4 bintang berwarna emas, simbol ini juga merupakan tanda kehormatan.

  • Komisaris Jenderal Polisi (KOMJEN)

Polisi dengan pangkat Komjen atau komisaris jenderal adalah pangkat polisi dengan jabatan penting dalam kepolisian.

Pada umumnya, Komjen menempati jabatan kepala BNN, Wakapolri, sampai Kabaintelkam. Lambang polisi berpangkat Komjen adalah 3 bintang berwarna emas.

  • Inspektur Jenderal Polisi (IRJEN)

Irjen atau inspektur jenderal menempati posisi di atas brgadir jenderal. Polisi dengan pangkat irjen dapat menempati jabatan sebagai atau pemimpin tertinggi kepolisian daerah (kapolda).

Lambang pangkat yang dimiliki oleh irjen adalah 2 bintang berwarna emas.

  • Brigadir Jenderal Polisi (BRIGJEN)

Pangkat Brigjen menempati posisi paling bawah pada golongan perwira tinggi. Polisi dengan pangkat brigjen ini dapat menjabat sebagai kapolda atau pemimpin tertinggi kepolisian daerah.

Brigjen memiliki pangkat dengan simbol bintang satu.

2. Urutan Pangkat Polisi Jenjang Perwira Menengah

Perwira menengah terdiri dari pangkat Komisaris Polisi, Ajun Komisaris Besar Polisi dan Komisi Besar Polisi.

  • Komisaris Besar Polisi (KOMBESPOL)

Pangkat ini adalah yang tertinggi pada jenjang Perwira Menengah. Senior dari pangkat ini adalah superintendent.

  • Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)

Tugas dari AKBP biasanya dibantu oleh Komisaris Polisi atau Kompol. Disebut juga sebagai superintendent sebelum masuk tahun 2011. Pangkat ini memiliki lambang dua diamond dengan warna emas.

  • Komisaris Polisi (KOMPOL)

Lambang dari pangkat ini adalah satu diamond berwarna emas.

3. Urutan Pangkat Polisi Jenjang Perwira Pertama

Perwira adalah jajaran pangkat yang paling tinggi pada kepolisian RI. Ada tiga pangkat yang terdapat pada jenjang Perwira Pertama. Meliputi Senior Inspektur Polisi, Inspektur Polisi Tinggi, serta Inspektur Polisi Dua.

  • Ajun Komisaris Polisi (AKP)

AKP adalah pangkat yang paling tinggi pada jenjang Perwira Pertama. AKP merupakan senior dari dua komisaris lainnya.

Jika Komisaris layaknya Letnan dalam TNI, maka AKP bisa diibaratkan sebagai kaptennya. Tugas dari AKPadala mengontrol kinerja dari bawahannya. Lambang dari pangkat ini adalah tiga balok dengan warna emas.

Baca juga : Pondok pesantren di indonesia

  • Inspektur Polisi Satu (IPTU)

Dalam kemiliteran, Iptu bisa disetarakan dengan Letnan Satu. Lambang dari pangkat ini adalah dua balok emas.

  • Inspektur Polisi Dua (IPDA)

Ipda bisa bekerjasama dengan Aipda untuk melakukan tugasnya. Dalam kemiliteran, Ipda bisa disetarakan dengan Letnan Dua. Lambang Ipda adalah satu balok berwarna emas.

Lambang Pangkat Polisi - Bintara

Tanda Kepangkatan Polisi – Bintara

4. Urutan Pangkat Polisi Pada Jenjang Bintara Tinggi

Dalam Kepolisian Republik Indonesia, jenjang Bintara Tinggi berada pada satu tingkat di bawah Perwira Pratama dan setingkat di atas Bintara.

Ada dua pangkat polisi pada jenjang ini yaitu Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu) dan juga Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda).

Bintara Tinggi adalah kepanjangan tangan dari para perwira untuk melaksanakan perintah dari atasan secara langsung.

Bintara Tinggi harus mampu mengembangkan diri dengan baik, memiliki pengalaman lapangan yang cukup, memiliki pengetahuan yang tinggi untuk mewujudkan misi, serta kesiapan moral dan mental yang mumpuni.

  • Ajun Inspektur Satu (AIPTU)

Aiptu memiliki tugas utama membantu Letnan Satu. Lambang dari pangkat ini adalah huruf V terbalik dan saling terhubung. Sekilas seperti ombak di lautan. Sedangkan warna dari pangkat ini adalah perak.

Kemampuan yang mesti dimiliki oleh Aiptu polisi adalah merealisasikan perintah menjadi tindakan agar lebih efektif, fokus,efisien, dan juga tepat sasaran.

  • Ajun Inspektur Polisi Dua (AIPDA)

Aipda bertugas untuk membantu kepentingan dari Letnan Satu. Lambangnya hampir sama dengan Aiptu yaitu huruf V terbalik.

Bintara Tinggi termasuk senior dari para Bintara. Sehingga harus bisa membantu Bintara dalam menghadapi konflik internal maupun eksternal.

5. Jenjang Polisi Bintara

Jika Kamu pernah mengurus SIM ataupun melaporkan perkara, maka Kamu sedang berhadapan dengan polisi pada jenjang Bintara.

Polisi dengan jenjang ini adalah salah satu tulang punggung pada kesatuan militer. Peran dari Bintara adalah menghubungkan antara polisi Tamtama dan Perwira terutama pada segi operasional.

Biasanya, pelatih pada instansi Polri asalnya dari golongan Bintara demi merekrut aparat yang profesional. Pada jenjang ini, urutan pangkat polisi adalah sebagai berikut:

  • Brigadir Polisi Kepala (BRIPKA)

Pangkat tertinggi pada polisi Bintara adalah Brigadir Polisi Kepala. Pangkat ini sering disingkat dengan Bripka.

Pada posisi ini, perannya sangat penting yaitu melakukan pengawasan ataupun controlling pada semua brigadier yang ada di bawahnya.

Awalnya, jabatan ini diberi nama Sersan Mayor hingga tahun 2011 akhirnya diganti menjadi Bripka atau Brigadir Polisi Kepala.

  • Brigadir Polisi (BRIGPOL)

Setingkat lebih rendah dari Bripka, polisi pada tingkat ini bertugas untuk memastikan bahwa polisi di bawah tingkatnya menjalankan tugas dengan tertib dan juga konsisten.

Dahulu, pangkat Brigadir Polisi pernah memiliki nama Sersan Kepala Polisi. Nah, lambang Brigadir Polisi adalah tanda V terbalik berjumlah tiga buah dengan warna perak.

Baca juga : Kerajaan terbesar di indonesia

  • Brigadir Polisi Satu (BRIGTU)

Brigadir Polisi Satu atau Briptu membawahi pangkat Bripda atau Brigadir Polisi Dua. Sebelum berubah menjadi Brigadir Polisi Satu, dahulu nama pangkat polisi ini adalah Sersan Satu.

  • Brigadir Polisi Dua (BRIGDA)

Bripda memiliki posisi yang setara dengan Sersan Dua pada Kemiliteran.

Lambang Pangkat Polisi - Tantama

Tanda Kepangkatan Polisi – Tantama

6. Pangkat Polisi Tamtama

Tamtama dalam Kepolisian Republik Indonesia adalah pangkat terendahnya. Tugas dari prajurit kepolisian ini adalah sebagai pelaksana tugas khusus dari kepolisian.

Polisi pada jenjang Tamtama harus memiliki loyalitas tinggi dan siap menerima perintah dari atasan. Sikap yang mesti dimiliki adalah profesional, terampil, dan juga mahir.

Secara global, polisi pada tingkat ini disebut sebagai private. Nah, yang termasuk pada jenjang Tamtama meliputi :

  • Ajun Brigadir Polisi (ABRIPOL)

Nama Abrip sebenarnya telah mengalami perubahan hingga dua kali. Pertama, disebut dengan Kopral Kepala, lalu diubah lagi menjadi Bhayangkara Utama I.

Hingga saat ini, Ajun Brigadir Polisi menjadi pangkat paling tinggi pada kelas Tamtama tapi masih di bawah jenjang Bintara.

  • Ajun Brigadir Satu (ABRIPTU)

Ada di bawah Abripol, pangkat ini awalnya dinamakan sebagai Kopral Satu.

  • Ajun Brigadir Dua (ABRIPDA)

Pangkat ini juga pernah mengalami perombakan nama sampai dua kali, seperti pangkat-pangkat di atasnya. Pangkat ini dilambangkan dengan tanda V terbalik berwarna merah.

  • Bhayangkara Kepala (BHARAKA)

Bharaka adalah kependekan dari bhayangkara kepala. Sebelum tahun 2001, pangkat ini disebut Praka (Prajurit Kepala), sama dalam bidang militer.

Kemudian penyebutannya diganti menjadi Bharaka. Tanda kepangkatan untuk jabatan ini adalah tiga garis miring berwarna merah.

  • Bhayangkara Satu (BHARATU)

Pangkat ini setingkat lebih tinggi ketimbang Bharada. Sebelum tahun 2001, pangkat ini diberi nama Prajurit Satu.

Nama ini sama dengan tingkat kemiliteran Indonesia yang masuk dalam militer paling kuat se-Asia Tenggara.

Baca juga : Urutan pangkat tni

  • Bhayangkara Dua (BHARADA)

Dulu, pangkat ini memiliki nama yang mirip dengan pangkat pada TNI yaitu prajurit dua. Namun, sekarang, untuk membedakan dan mempertegas identitas, lantas nama dari pangkat ini diganti menjadi Bhayangkara Dua (Bharada).

Bharada memiliki peran sebagai pendamai pada konflik agama serta konflik antar suku yang berlangsung di tengah masyarakat.

Urutan pangkat polisi yang tersebut diatas hanyalah bagi anggota dari kesatuan korps Brigade Mobil atau Brimob dan juga Polisi Perairan atau Polair saja.

..

Struktur Wilayah Kepolisian

Setelah mengetahui urutan pangkat kepolisian seperti di atas. Ketahui juga struktur kepolisian untuk wilayah dari tingkat pusat sampai kecamatan.

Berikut tabelnya:

TINGKAT WILAYAHMARKASPIMPINAN
IndonesiaMabes PolriKapolri
Provinsi/DIPoldaKapolda
Kabupaten/KotaPolresKapolres
PolrestaKapolresta
PolrestabesKapolrestabes
KecamatanPolsekKapolsek
PolsektaKapolsekta

Posisi Jenderal Polisi (Jenderal Pol) pernah di emban oleh Tito Karnavian. Terakhir kali sebelum memperoleh jabatan ini, Tito adalah Kepala Badan Penanggulangan Terorisme Indonesia. Jenderal Polisi Tito memiliki empat bintang emas.

Itulah urutan pangkat polisi Republik Indonesia. sekarang sudah tahu ‘kan apa saja perbedaan dan tingkatannya?