Cara Membuat Sambal Pecel Enak Dengan Mudah

Cara membuat sambal pecel seringkali dibutuhkan sebagai bahan pelengkap untuk semua hidangan makanan.

Loading...

Bumbu pecel banyak dibutuhkan untuk pelengkap gorengan, sayuran, kerupuk dan lain sebagainya. Bumbu pecel ini menggunakan kacang sebagai bahan dasarnya.

Untuk lebih lezatnya, kacang harus diolah dengan baik dan ditambah dengan berbagai bahan alami lainnya.

Bumbu pecel akan membuat sensasi makan Anda menjadi berbeda. Sajian ini merupakan jenis masakan tradisional yang bisa Anda sajikan untuk sebuah acara ataupun untuk dimakan bersama keluarga.

Resep Sambal Pecel Enak

Resep Sambal Pecel

https://idntimes.com/

Memang sudah ada bumbu pecel yang didalam kemasan dan bisa langsung dicairkan dengan air panas. Namun rasanya akan berbeda jika Anda membuatnya sendiri dengan bahan alami.

Bahan-Bahan

  • Gula merah 500 gr
  • Kacang tanah 600 gr
  • Asam jawa 2 gr
  • Bawang putih 4 siung
  • Garam secukupnya
  • Daun jeruk 7 lembar
  • Kencur 1 cm
  • Cabai rawit 3 biji
  • Cabai merah 500 gr

Cara Membuat Sambal Pecel Enak

Cara Membuat Sambal Pecel

https://cookpad.com/id/

Langkah 1

Sebelum membuat sambal pecel ini, tentukan terlebih dahulu tingkat kepedasan yang Anda inginkan. Dengan menentukan hal tersebut, Anda bisa bisa mengetahui berapa jumlah cabai yang akan digunakan.

Jika ingin pedas, Anda bisa menambahkan cabai rawit yang lebih banyak.

ke 2

Sebagai langkah awal membuat sambal pecel, Anda perlu menggoreng kacang tanah terlebih dahulu. Jangn terlalu banyak menggunakan minyak karena bisa membuat kacang menjadi basah.

Gunakan minyak secukupnya saja.

ke 3

Kemudian goreng kacang tanah hingga matang. Tiriskan. Tunggu beberapa saat hingga kacang menjadi lebih dingin. Lepaskan kulit ari yang terdapat pada kacang tersebut agar terlihat bersih.

ke 4

Kemudian sangrai cabai merah, cabai rawit, bawang putih dan asam jawa. Jangan menggunakan minyak dan Anda hanya perlu sangrai dengan cepat saja, karena jika terlalu lama bisa gosong.

Pisahkan bahan tersebut jika sudah matang.

ke 5

Kemudian haluskan kacang tanah yang sudah Anda bersihkan kulit arinya tadi. Anda bisa menghaluskannya dengan cara menumbuk atau menggunakan blender agar lebih cepat.

Kemudian simpan kacang yang sudah dihaluskan ke dalam wadah.

ke 6

Haluskan juga cabai rawit, cabai merah, kencur, gula merah, asam jawa, daun jeruk dan bawang putih. Anda bisa mengolahnya dengan cara tradisional yaitu di ulek atau menggunakan blender agar lebih cepat.

ke 7

Jika bahan cabai sudah halus, tambahkan dengan bahan kacang yang sudah Anda  haluskan sebelumnya. Aduk kedua bahan hingga rata atau Anda bisa menggunakan blender untuk mencampurnya agar bisa rata.

ke 8

Untuk menyatukan kedua bahan tersebut, Anda bisa menggunakan air, tetapi hanya sedikit agar bisa teraduk sempurna saja. Jangan biarkan bumbu terlalu basah dengan air.

Pindahkan sambal pecel tersebut ke sebuah wadah yang kedap udara.

ke 9

Kapan pun dibutuhkan, Anda bisa ambil sambal pecel tersebut sedikit kemudian gunakan air panas untuk melarutkannya.

Pastikan jangan terlalu menggunakan air yang banyak, cukup sedikit saja. Kemudian aduk dan campurkan air dengan sambal pecel tersebut.

ke 10

Sambal pecel bisa dimakan kapan saja sesuai dengan kebutuhan. Anda hanya perlu menyediakan sayuran yang diinginkan seperti buncis, tauge, kangkung dan lain sebagainya.

Kemudian siram sayuran tersebut dengan sambal pecel yang sudah dibuat tadi. Anda juga bisa menyiram sambal pecel ke gorengan ataupun kerupuk yang ingin dimakan.

..

Cukup mudah bukan, Anda bisa langsung mencoba cara membuat sambal pecel enak ini di rumah. Bumbu pecel ini cocok untuk disajikan bersama makanan apapun.

Dengan adanya bumbu pecel ini, rasa masakan Anda akan terasa lebih lengkap dan lezat. Bagi Anda yang suka bumbu dengan rasa yang lebih pedas, bisa menambahkan cabai sesuai dengan selera.

Rekomendasi untuk kamu: