Cara Membuat Sambal Petis Enak Khas Daerah Jawa Timur

Cara membuat sambal petis dibutuhkan untuk bisa membuatnya di rumah. Ketika berkunjung ke daerah Jawa Timur tentu Anda seringkali disuguhi makanan khas lengkap dengan sambal petisnya.

Loading...

Kelezatan sambalnya tentu membuat Anda sulit berpaling dan ingin mengetahui resepnya. Warna hitam yang dihasilkan dari petis diperoleh dari hasil rebusan udang dan ikan selama berjam-jam.

Ikan dan udang tersebut karena direbus terlalu lama sehingga menghasilkan bentuk kental berwarna hitam.

Seiring perkembangan zaman sambal petis tercetuskan karena olahan petis tadi saat ini dicampurkan dengan olahan cabai.

Resep Sambal Petis

Cara Membuat Sambal Petis

https://mangcook.com/

Sambal ini cocok digunakan sebagai pelengkap makanan apapun, tidak heran banyak orang yang menyukainya.

Bahan-Bahan

  • Bawang merah 6 siung
  • Cabai rawit 13 buah
  • Segenggam kacang tanah
  • Bawang putih 3 siung
  • 4 sdm petis yang sudah siap diolah
  • Gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Cabai merah 1 buah
  • Air 50 ml
  • Kecap manis secukupnya

Cara Membuat Sambal Petis Enak

Langkah 1

Terlebih dahulu siapkan seluruh bahan dan cuci hingga bersih. Goreng kacang tanah terlebih dahulu. Gunakan api kecil agar kacang tidak mudah hangus. Jika sudah matang, Anda bisa tiriskan kacang tersebut.

ke 2

Siapkan seluruh bahan dengan cara mencucinya terlebih dahulu kemudian memotongnya menjadi bagian yang lebih kecil.

Iris bawang merah, bawang putih, cabai rawit dan cabai merah tipis-tipis. Hal ini dilakukan agar agar nantinya Anda bisa lebih mudah untuk mengulek bahan tersebut.

ke 3

Kemudian siapkan cobek untuk ulek bahan yang sudah diiris sebelumnya. Ulek hingga bahan halus. Tambahkan kacang tanah yang sudah digoreng sebelumnya.

Pastikan seluruh bahan tercampur dengan rata dan kacang sudah diulek halus.

ke 4

Tambahkan gula merah dan garam secukupnya. Ulek kembali hingga seluruh bumbu tercampur dengan sempurna. Anda bisa mencicipinya terlebih dahulu agar rasanya bisa sesuai selera Anda.

Jika kurang pedas atau kurang manis, Anda bisa menambahkan cabai dan juga gula merah.

ke 5

Anda bisa menyesuaikan tingkat kepedasan sesuai selera. Jika seluruh bahan sambal sudah tercampur, tambahkan 4 sdm petis yang sudah jadi. Aduk perlahan hingga rata.

ke 6

Akan terlihat sambal dan petis akan menggumpal. Tambahkan 50 ml air. Gunakan air yang hangat agar bahan mudah tercampur dengan lebih rata.

ke 7

Masukkan air sedikit demi sedikit agar memastikan sambal tidak terlalu cair, karena jika langsung Anda masukkan air semuanya, maka bisa mengakibatkan sambal menjadi terlalu cair.

ke 8

Tambahkan air sambil mengaduknya kembali. Pastikan kekentalannya, jangan sampai terlalu cair. Aduk secara merata hingga sambal terlihat kental dan menggoda selera.

ke 9

Untuk tahap terakhir, Anda bisa menambahkan sambal petis dengan kecap manis kemudian aduk kembali hingga sambal merata.

ke 10

Sambal sudah siap dihidangkan dengan gorengan maupun jenis makanan yang lainnya. Dengan adanya sambal petis, maka sensasi makan Anda akan terasa berbeda dan juga lebih berselera.

Sambal ini cocok dihidangkan dengan jenis makanan apapun. Sambal ini juga bisa menjadi sesuatu yang unik, karena tidak banyak yang menghidangkan sambal jenis ini.

Sensasi uniknya akan menyatu di makanan dan menambahkan cita rasa yang menawan.

..

Anda bisa mempelajari cara membuat sambal petis langsung di rumah. Dengan begitu Anda bisa menyajikan makanan lain yang tentunya lebih berwarna dan menggugah selera makan anggota keluarga.

Anda bisa menyajikan sambal petis bersama dengan tahu atau tempe goreng. Selain itu sambal ini juga bisa menjadi pelengkap masakan yang lainnya.

Sampel petis juga nikmat disandingkan dengan sayur kangkung, lihat resepnya cara membuat sayur kangkung.