Resep dan Cara Membuat Sambal Bu Rudy

Bagi masyarakat Indonesia, sambal merupakan salah satu pelengkap makanan yang wajib ada. Suka atau tidak suka pedas, sambal pasti mampu meningkatkan selera makan Anda.

Loading...

Salah satu sambal yang menjadi favorit dan terkenal di masyarakat pecinta sambal adalah sambal Bu Rudy. Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah lho. Cara membuat sambal Bu Rudy akan dijelaskan di bawah ini.

Varian Sambal Bu Rudy

Sambal Bu Rudy memiliki berbagai varian yang dapat Anda buat sendiri di rumah sesuai keinginan. Jika perlu, Anda dapat membuat tiga jenis sambal khas Bu Rudy untuk disajikan secara bergiliran di rumah.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat tiga varian sambal ini juga mudah dicari dimanapun Anda berada. Sehingga dapat menjadi salah satu alternatif pelengkap untuk meningkatkan cita rasa masakan.

1. Sambal Ijo Bu Rudy

Sambal ijo ala Bu Rudy merupakan salah satu jenis makanan pelengkap berwarna hijau yang memberikan sensasi makan dengan kenikmatan maksimal.

Sambal hijau merupakan salah satu sambal yang kini hits di kalangan masyarakat untuk disantap dengan aneka makanan gorengan maupun sayur mayur.

2. Sambal Bawang Bu Rudy

Sambal bawang ala Bu Rudy ini merupakan jenis sambal yang pedas namun enak.

Sebagian besar sambal bawang memiliki tekstur yang kasar dan pedas yang menyakitkan, sehingga dapat memberikan rasa sakit pada area bibir, lidah, hingga tenggorokan Anda.

Bedanya, sambal bawang Bu Rudy ini pedasnya enak sehingga sangat nikmat.

3. Sambal Terasi atau Sambal Bajak Bu Rudy

Sambal terasi ala Bu Rudy juga menjadi favorit karena dominasi antara bumbu-bumbu dengan terasi yang tentunya sangat nampol di lidah. Sambal terasi ini dapat menjadi salah satu varian yang dapat dicoba di rumah.

Cara Membuat Sambal Ala Bu Rudy

Resep Sambal Bu Rudy

https://www.quube.xyz/

Pecinta Sambal tidak akan menikmati makanan tanpa kehadiran sambal. Terutama sambal Bu Rudy yang menjadi primadona di kalangan pecinta sambal.

Tidak perlu memesan, Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Ingin tahu? Siapkan bahan-bahan dan ikuti langkah pembuatan sambal Bu Rudy di bawah ini.

Bahan-bahan sambal Bu Rudy :

  • 10 cabe
  • 3 siung bawang merah
  • Gula, garam, dan minyak secukupnya

Cara membuat sambal :

  1. Pertama, kupas 10 cabe atau lebih sesuai level kepedasan Anda dan sediakan 3 bawang merah. Kemudian hilangkan bagian batang pada cabe dan kupas bawang merah lalu cuci hingga bersih
  2. Kemudian masukkan sedikit minyak di wajan lalu nyalakan api hingga minyak panas, kemudian goreng cabe rawit dan bawang merah hingga tercium bau harum
  3. Setelah ditiriskan, ulek kasar cabe rawit, bawang merah, satu sendok gula dan 1 ½ sendok makan garam. Tambahkan sedikit gula untuk memberi rasa sedap pada sambel tersebut
  4. Kemudian goreng lagi hasil ulekan kasar Anda hingga sambal berubah warna menjadi coklat dan bau harum yang menggugah selera
  5. Sambil mengaduk, rasakan sambal ala Bu Rudy tersebut, jika dirasa kurang manis atau kurang asin sesuai selera, tambahkan saja bumbu yang dibutuhkan
  6. Setelah dirasa sedap, angkat kemudian dinginkan sambal ala Bu Rudy tersebut ke wadah yang kedap udara
  7. Sambal ala Bu Rudy siap dihidangkan menjadi makanan pelengkap di rumah Anda dengan berbagai tambahan lauk pauk

Cara membuat sambal Bu Rudy di atas dapat menjadi salah satu alternatif bagi Anda untuk menikmati makanan dengan pelengkap yang rasanya terjamin enaknya.

Baca juga: Resep sambel teri

Sambal buatan Anda pasti menjadi salah satu kenangan yang tidak pernah terlupakan karena dapat meningkatkan selera makan orang satu rumah. Selamat mencoba!