Tidak Perlu ke Manado, Ini Dia Cara Membuat Sambal Dabu-Dabu Paling Wenak!

Indonesia sebagai salah satu negara dengan berbagai macam sumber daya alam, menjadikan aspek kulinernya juga lengkap dengan berbagai makanan yang bervariasi.

Loading...

Berbagai jenis makanan khas Indonesia itu sangat sepi tanpa adanya kehadiran sambel sebagai salah satu pelengkap di berbagai daerah.

Sebagai pelengkap, artikel ini akan membahas tentang cara membuat sambal dabu-dabu.

Bagi Anda yang baru saja mendengar tentang sambal dabu-dabu dan ingin tahu tentang sambal tersebut sangat cocok jika berkunjung kesini.

Dabu-dabu merupakan bahasa Manado yang berarti sambal. Memang lucu jika pada akhirnya lidah orang Indonesia sendiri menyebutnya sambal dabu-dabu.

Namun, sambal dabu-dabu ini telah menjadi kuliner yang wajib dicoba terutama dibuat sendiri dirumah.

Cara Membuat Sambal Dabu-Dabu

https://www.cnnindonesia.com/

Resep Sambal Dabu-Dabu

Bahan untuk membuat sambal dabu-dabu khas Manado ini sangat mudah didapatkan dimanapun Anda berada.

Bahan-bahan ini juga dapat dibeli di pasar tradisional maupun di pasar modern terdekat dirumah Anda. Pastikan untuk memilih bahan-bahan dengan kualitas terbaik agar rasa sambal Anda nikmat ya!

  • 1 cabe merah besar yang segar yang telah dicuci bersih dan dibuang bijinya. Kemudian potong dan iris kecil-kecil hingga memiliki tekstur yang halus. Meskipun cabe merah tidak memiliki rasa pedas, namun cabe merah dapat memberikan varian rasa yang dapat meningkatkan rasa sedap pada sambal
  • 10 cabe rawit segar berwarna hijau. Cuci dengan air yang mengalir sambil dibersihkan kotorannya. Lalu iris tipis-tipis hingga menjadi potongan cabe hijau yang kecil-kecil
  • 5 siung bawang merah yang telah dikupas dan dibersihkan menggunakan air yang mengalir. Kemudian potong kecil-kecil dengan bentuk bulat
  • 1 buah tomat merah dengan ukuran sedang yang telah dibersihkan dan dibuang bijinya. Potong tomat hingga membentuk dadu berukuran kecil
  • 8 lembar daun kemangi yang telah dicuci bersih dan dipotong tipis-tipis. Kehadiran daun kemangi ini dapat memberikan sambal yang harum dan menambah kelezatan
  • 1 jeruk nipis yang telah diperas
  • garam, gula, dan minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Sambal Dabu-Dabu

Pembuatan sambal dabu-dabu khas Manado ini sangat mudah. Semua orang dapat membuat sambal dabu-dabu ini hanya dengan satu kali praktik dengan mengikuti langkah-langkah yang disediakan disini.

Meski dapat dilakukan oleh semua orang, namun rasa dari hasil olahan pembuatan sambal ini sangat enak dan cocok dijadikan pendamping makanan yang lainnya.

  1. Siapkan tempat kemudian masukkan semua bahan yang telah disiapkan mulai dari cabe merah besar, cabe rawit, bawang merah, tomat, daun kemangi, perasan jeruk nipis beserta gula dan garam secukupnya kemudian aduk hingga merata.
  2. Kemudian panaskan minyak goreng lalu tuangkan semua campuran bahan lalu aduk sampai semua bahan menyatu dan tercium bau harum. Campuran bahan-bahan tersebut akan menjadikan sambal dabu-dabu khas Manado ini berwarna warni dan memiliki tampilan yang segar, harum, dan lezat dijadikan pendamping makanan
  3. Setelah matang, letakkan semua sambal ke dalam mangkuk sambal yang biasanya menjadi tempat untuk meletakkan sambal. Sambal dabu-dabu ini siap untuk dijadikan bahan pelengkap untuk menikmati berbagai masakan Anda.

Cara pembuatan dabu-dabu khas Manado di atas sangat mudah bukan? Sambal tersebut cocok dijadikan teman bagi berbagai masakan yang lainnya.

Baik lauk yang digoreng, dibakar, maupun dikukus sangat cocok digabungkan dengan sambal dabu-dabu ini.

Rekomendasi untuk kamu:

Tentunya, kini Anda juga bisa membuatnya dirumah dengan mencontoh cara membuat sambal dabu-dabu di atas. Selamat mencoba!