3 Cara Membuat Slime Yang Mudah dan Aman dari Bahan di Sekitar

Cara Membuat Slime – Slime adalah mainan kekinian yang banyak digemari oleh anak-anak zaman sekarang. Slime adalah mainan dari bahan polimer yang memiliki bentuk cairan, serta umumnya ditambahkan larutan berupa polivinil alkohol beserta ion borat.

Slime memiliki bentuk kenyal yang mudah dibentuk-bentuk. Slime bukan sekedar mainan biasa lho, melainkan mainan yang memiliki manfaat yang penting untuk tubuh. Slime membuat kita mampu menyalurkan emosi yang menjangkiti diri ketika kita meremas-remas slime.

Jadi, sebaiknya kalau kamu sedang kesal terhadap suatu hal, tidak harus menyalurkan emosi dengan membentak orang lain, ya! Salurkan saja dengan meremas-remas slime.

Selain itu, slime menjadi mainan yang dapat mengusir bosan dalam kehidupan kita. Apalagi, slime memiliki warna-warna yang lucu dan bau yang menyenangkan, wah bisa betah berlama-lama bermain slime.

Namun, slime di pasaran kebanyakan menggunakan boraks. Jika melakukan kontak yang lama dengan slime berboraks ini, maka dapat menyebabkan iritasi. Akan lebih baik jika membuat slime sendiri di rumah dari bahan-bahan yang aman. Tahukah kamu cara membuat slime? Berikut ulasannya spesial untuk kamu.

Cara membuat slime dengan mudah

Membuat slime tidak terlalu sulit lho, guys. Banyak sekali bahan yang dapat digunakan untuk membuat slime, misalnya tepung kanji, lem, bahkan sampo.

Proses pembuatan slime sangat mudah dan menyenangkan. Kamu pun dapat menuangkan emosi yang kamu rasakan selama proses pembuatan slime. Membuat slime sendiri dapat menghemat uang saku pula, lho! Wah banyak sekali manfaatnya, bukan?

Namun, diperlukan kesabaran dalam proses pengadukannya agar didapatkan tekstur slime yang kamu inginkan. Jangan khawatir, jika kamu rajin dan tekun dalam proses pembuatan slime, maka hasilnya pun berpotensi baik.

Sebagai permulaan, kamu dapat mempraktikkan cara pembuatan slime berikut. Cara ini sangat mudah dipraktikkan, bahkan oleh pemula sekali pun. Berikut ulasannya.

Bahan

  1. Lem bening sebanyak satu kemasan (sebaiknya jangan menggunakan lem UHU)
  2. Garam 1 sendok teh atau secukupnya
  3. Air hangat enam sendok makan
  4. Gom 1 sendok teh
  5. Slime activator 1 sendok teh

Gom dan slime activator dapat dengan mudah kamu dapatkan di toko mainan atau online shop. Jadi, jangan khawatir akan kesulitan mendapatkannya, ya!

Cara pembuatan

  1. Tuangkan lem pada wadah tertentu, misalnya baskom, piring, nampan, atau wadah makanan. Pastikan wadah tersebut sudah bersih dan steril ya.
  2. Berikan garam dan air hangat secara perlahan, kemudian aduk adonan menggunakan sendok atau tangan hingga garam terlarut dan adonan tercampur rata.
  3. Tuangkan gom secara perlahan sambil tetap diaduk. Aduklah adonan sampai merata dan timbul sedikit gumpalan.
  4. Apabila adonan belum menggumpal juga, kamu dapat menambahkan gom secukupnya hingga adonan menggumpal.
  5. Berikan slime activator sambil terus diaduk. Aduk terus hingga slime tidak tertempel pada wadah.
  6. Jika slime sudah jadi, maka segera angkat dan pindahkan dalam wadah tempat slime. Kamu pun dapat memainkannya sesuka kamu. Slime jenis ini berwarna putih bening sehingga terkesan cool, kalem, dan menenangkan. Wah, menarik bukan?

Cara membuat slime tanpa lem dan borak

Cara membuat slime tanpa lem dan borax

https://www.rajinbanget.com

Umumnya, slime yang dijual di pasaran adalah slime yang dibuat dari lem. Namun, terdapat cara alternatif yang lain untuk membuat slime tanpa lem lho!

Bagi kamu yang ingin memainkan slime tanpa menguras uang saku, kamu dapat membuatnya sendiri di rumah. Membuatnya pun cukup dengan memanfaatkan bahan-bahan yang terdapat di rumah, tanpa lem pula.

Wah asik ya, simak langkah pembuatannya berikut ini!

Bahan

Pada dasarnya, kita membutuhkan bahan-bahan yang kenyal dan bahan pelengkap yang dapat membentuk suatu polimer yang berbentuk cairan.

Oleh sebab itu, carilah bahan-bahan dengan kaakteristik tersebut di sekitar rumah kamu. Eits jangan bingung dulu, berikut contoh konkrit berupa bahan-bahan yang dapat kamu temukan di rumah, yang berfungsi untuk membuat slime.

Bahan yang perlu kamu sediakan untuk membuat slime tanpa lem adalah:

  1. Air yang bersih sebanyak 400 ml
  2. Tepung kanji 2 gelas atau 12 sendok makan
  3. Pewarna makanan 2 sendok teh
  4. Minyak goreng 150 gram

Cara pembuatan

  1. Tuangkan tepung kanji dalam sebuah wadah. Kamu dapat menggunakan baskom atau piring besar sebagai wadah yang kamu manfaatkan. Kemudian, masukkan air secara perlahan. Ketika proses pemasukan air, aduklah adonan dengan tangan atau sendok. Hal tersebut bertujuan agar adonan tidak menggumpal. Tepung kanji digunakan karena memiliki tekstur kenyal lho, guys! Namun, sesuaikan banyaknya tepung dengan takaran yang pas agar hasil yang didapatkan sesuai dengan harapan.
  2. Masukkan minyak goreng secara perlahan sambil terus diaduk. Sebaiknya, masukkan minyak goreng sedikit demi sedikit. Rasakan kekenyalan adonan slime. Jika kamu merasa sudah mendapatkan kekenyalan yang sesuai seleramu, maka hentikanlah penambahan minyak goreng. Minyak goreng pun dapat memberikan kekenyalan pada adonan slime. Selain itu, minyak goreng pun berfungsi agar slime tidak lengket.
  3. Berikan pewarna makanan pada adonan slime. Kamu dapat memberikan warna yang sesuai selera kamu. Pewarna makanan pun mudah didapatkan di toko kue atau supermarket. Pastikan pewarna makanan yang kamu gunakan masih dalam keadaan baik dan belum kadaluarsa, ya!
  4. Ambil adonan, berikan wadah khusus slime, dan siap dimainkan.

Cara membuat slime dengan lem fox

Cara membuat slime dengan lem fox

https://santaisaja.net

Salah satu cara membuat slime yaitu dengan menggunakan lem fox. Jika kamu memiliki lem fox yang tidak digunakan di rumah, maka gunakan saja untuk membuat slime.

Pembuatan slime yang menggunakan lem fox ini membuat tekstur slime menjadi lebih solid atau padat. Alhasil, slime pun semakin enak untuk diremas-remas. Penasaran? Simaklah ulasan berikut!

Bahan

Bahan untuk membuat slime dengan cara ini lebih menggunakan banyak bahan daripada langkah pembuatan slime tanpa lem.

Namun, jangan khawatir untuk meribetkan diri karena bahan-bahan yang dibutuhkan pun familiar dan dapat ditemukan di sekitar kita.

Selain itu, bahan-bahan yang digunakan dapat berfungsi menjadikan slime semakin kenyal dan empuk sehingga enak untuk dimainkan. Berikut adalah bahan yang dibutuhkan:

  1. Lem fox sebanyak 3 sendok makan
  2. Air sebanyak 3 sendok teh
  3. Obat tetes mata sebanyak 8 tetes
  4. Baking powder sebanyak 1 sendok teh
  5. Baby oil sebanyak 2 sendok teh
  6. Sabun cair sebanyak 2 sendok teh
  7. Pewarna makanan sebanyak 1 sendok teh

Cara Pembuatan

  1. Tuangkan lem fox ke dalam wadah, misalnya baskom, nampan, atau piring. Tuangkan air secara perlahan sambil di aduk agar adonan merata.
  2. Tuangkan baking powder dalam adonan dan aduklah adonan tersebut hingga menjadi adonan yang padu.
  3. Berikan sabun cair, obat tetes mata, serta pewarna makanan ke dalam adonan. Aduklah adonan tersebut hingga semua bahan tercampur.
  4. Tuangkan pula baby oil dalam adonan tersebut. Jangan lupa untuk terus mengaduknya sampai rata.
  5. Setelah semua adonan bercampur secara padu, maka slime pun siap dimainkan.

Itulah beberapa cara membuat slime yang kami bagikan, semoga bermanfaat.