Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

9 Cara Menghilangkan Stress yang Paling Ampuh. Kamu Wajib Tahu

Cara Menghilangkan Stress yang Paling Ampuh – Tumpukan deadline hingga sejumlah kegiatan yang memaksa Kamu untuk mengerahkan waktu dan tenaga memang kerap kali menyiksa.

Cara menghilangkan stres

image via hellosehat.com

Selain membuat tubuh menjadi lelah, pikiran Kamu pun tidak sejalan untuk melakukan serangkaian aktivitas lain di luar pekerjaan.

Menyiksa sekali bukan? Terlebih kalau mengingat hal ini juga akan berpengaruh terhadap mood Kamu dalam menjalani kegiatan harian.

Tak ayal jika ketimpangan semacam ini akan mendatangkan stress pada diri seseorang. Tetapi, Kamu tidak perlu khawatir.

Cara Menghilangkan Stress yang Paling Ampuh

Beberapa hal berikut ini akan membantu Kamu mengatasi stress yang selama ini kerap menghampiri Kamu pada waktu tertentu.

1. Pandai Mengatur Waktu

Karir acapkali menuntut Kamu untuk menyumbangkan waktu dan kemampuan fisik Kamu tanpa terkecuali. Namun, ada baiknya jika Kamu menguasai bagaimana cara mengelola waktu yang baik.

Selain menjadi tips agar Kamu tidak kerepotan, manajemen waktu semacam ini juga akan mengingatkan Kamu untuk merampungkan deadline maupun menjalankan aktivitas sesuai waktu yang telah ditentukan.

Cara menghilangkan stress ini dapat Kamu aplikasikan dengan membuat note kecil kemudian ditempelkan pada meja kerja. Atau bisa juga ruangan yang kerap Kamu sambangi.

Misalnya ruang untuk keluarga atau ruangan makan. Sementara itu, untuk langkah yang paling mudah Kamu bisa memasang alarm pada handphone. Selain praktis, tips ini juga terbilang lebih praktis.

2. Berolahraga

Bisa jadi depresi ringan yang mendera Kamu juga disebabkan oleh terlalu seringnya Kamu berada di ruangan. Waktu Kamu untuk menghirup udara di luar rumah berkurang.

Itulah mengapa perasaan penat dan bosan acapkali menghampiri Kamu. Adapun efek yang dibawa oleh kondisi ini ialah membuat Kamu menjadi pribadi yang gampang badmood. Nah, Kamu tentu tidak mau kan hal ini terjadi?

Cara menghilangkan stress yang bisa Kamu lakukan adalah berolahraga. Kamu bisa memilih waktu pagi hari saat udara masih segar dan minim polusi.

Namun jika hal ini tidak memungkinkan, ada baiknya juga untuk mengajak keluarga atau pasangan untuk berjogging di sore hari saat cuaca tidak terlalu panas.

3. Konsumsi Makanan yang Sehat

Buah dan sayur selain menyuplai vitamin bagi kelangsungan hidup, ternyata juga menempati peran yang signifikan dalam mengatasi stress yang Kamu derita.

Ya, hal ini lantaran sejumlah sayur dan buah dipercaya mampu mengurangi produksi hormon stress yang dikeluarkan oleh tubuh Kamu.

Apel misalnya. Sebuah penelitian membuktikan bahwa apel dapat memberikan perasaan bahagia bagi siapapun yang mengonsumsinya.

Agar Kamu tambah bersemangat dalam menerapkan cara menghilangkan stress ini, Kamu dapat menjajal beberapa olahan yang enak dan menyehatkan. Semisal sup atau salad yang menggabungkan beberapa sayur dalam satu hidangan sekaligus.

4. Yoga atau Meditasi

Dua hal inilah yang nampaknya gencar dilakukan oleh masyarakat jaman sekarang. Polusi serta suasana perkotaan yang sangat dekat dengan kebisingan memang riskan terhadap stress.

Oleh sebab itu, tak heran jika Kamu bisa dengan mudah menjumpai pusat yoga serta meditasi pada sejumlah tempat yang dekat dengan tempat tinggal Kamu.

Jika Kamu merasakan penat atau stress, Kamu juga bisa mengunjungi tempat yoga. Pilihlah instruktur yang dapat Kamu percaya dengan tempat latihan yang nyaman.

Agar tambah semangat, Kamu bisa mengajak teman-teman Kamu untuk mengikuti yoga. Adapun gerakan yang Kamu aplikasikan bisa dimulai dari latihan yang paling mudah hingga pada tahap yang sulit.

5. Travelling

Selanjutnya ada cara menghilangkan stress yang dijamin tidak akan Kamu tolak. Bagaimana tidak? Jika sudah melihat rekomendasi tempat jalan-jalan yang ciamik.

Diajak mencicipi cita rasa kuliner suatu daerah, sampai mungkin menikmati indahnya keindahan alam yang akan merefresh otak Kamu dari kepenatan yang selama ini melanda.

Sebetulnya untuk melakukan agenda yang satu ini, Kamu tidak memerlukan biaya yang terlalu besar. Kamu bisa mengakalinya dengan memilih referensi wisata yang murah, booking hotel yang sederhana, serta tidak menyewa tour guide.

Jika Kamu ingin lebih hemat, Kamu dapat berjalan-jalan dengan keluarga, tanpa harus pergi ke luar kota.

6. Bersosialisasi

Terkadang, Kamu juga perlu memeriksa sosialisasi atau interaksimu dengan orang sekitar. Hal ini lantaran bisa saja Kamu merasa penat saat dirimu tidak mempunyai teman untuk bercerita.

Meski terkesan sederhana, sosialisasi atau berkomunikasi dengan banyak orang terbukti efektif mengurangi rasa stress pada dirimu.

Sebab, selain membuat Kamu menjadi pribadi yang terbuka. Kamu juga masuk dalam lingkup dimana Kamu bebas menceritakan apapun dengan teman-teman atau sekadar berbagi cerita dengan tetangga.

Tak jarang hal ini akan membuat pikiran seseorang menjadi lebih terbuka. Komunikasi semacam ini juga membuat Kamu menjadi pribadi yang lebih bahagia. Lantaran aman dan terbebas dari gunjingan tetangga. Atau bahkan tuduhan sombong.

7. Sensory play

Tidak ada salahnya jika Kamu mencoba cara menghilangkan stress yang satu ini. Ya, permainan super lucu yang dijamin dapat membuat Kamu rileks.

Di satu sisi, bentuknya yang dapat digenggam dan dimainkan sesuka hati Kamu juga dipercaya dapat menimbulkan perasaan bahagia. Contohnya slime, squishy, dan bola pingpong.

Metode menggenggam bola dan menggulir-gulirkannya di tangan sudah sejak lama dikenal sebagai penghilang stress.

Jika tidak menemukan permainan anak-anak ini, Kamu bisa menggunakan squishy dan slime yang dapat dengan mudah Kamu jumpai di toko mainan anak-anak.

Beberapa orang bahkan mengatakan jika menggenggam squishy dan sensory play dapat membuat  menjadi lebih ringan dan fleksibel.

8. Mendengarkan Musik

Kegiatan seperti inilah yang dapat dikatakan sangat mudah. Kamu bahkan dapat melakukannya dimanapun tanpa terkecuali. Apalagi kalau bukan mendengarkan musik. Sebagai rekomendasinya, Kamu dapat memilih lagu-lagu apik yang dinyanyikan oleh penyanyi favorit Kamu.

Ada baiknya Kamu tidak memutar lagu dengan nada yang keras, atau bergenre up beat seperti hardcore. Selain dikhawatirkan membuat Kamu menjadi semakin penat, musik semacam ini memang tidak direkomendasikan untuk didengarkan oleh orang yang sedang mengalami stress.

Putarlah musik dengan alunan yang slow. Kamu dapat mencari referensi lagu yang membuat Kamu rileks dan menenangkan pikiran. Beberapa musik bahkan memang dirancang sebagai media terapi bagi mereka yang dilanda stress.

9. Minum Air Putih

Penuhilah kebutuhan air putih Kamu setiap hari. Paling tidak sebanyak 8 gelas. Disamping mempunyai peran yang signifikan dalam mencegah dehidrasi, air putih juga diketahui sebagai langkah detoksifikasi tubuh secara alami.

Perasaan Kamu yang sedang meluap-luap, seakan ingin membuat Kamu marah dapat ditenangkan dengan minum banyak air putih. Ya, cairan yang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Kamu ini sangat efektif mengusir stress.

Kamu akan merasa lebih santai dan tidak dikacaukan dengan pikiran saat kebutuhan cairan Kamu terpenuhi. Untuk itulah, konsumsi air mineral sangat dibutuhkan dalam kehidupan harian Kamu. Kurangi juga konsumsi soda atau minuman berenergi yang kurang menyehatkan.

Bagaimana? Mudah bukan cara menghilangkan stress di atas? Selain mudah, Kamu juga tidak perlu memakai obat penenang yang membahayakan.