Macam-macam Minuman Kopi Paling Nikmat dan Terkenal Di Dunia

macam kopi dan minuman kopi

Image via pexels.com

Macam-macam minuman kopi – Minum kopi memang paling nikmat saat hangat panas. Sering kali kopi menjadi sumber inspirasi dari kebanyakan orang mulai remaja hingga para bapak. Saat berkumpul, para kaum adam banyak menjadikan kopi sebagai menu minuman wajib sebagai pelengkap tongkrongan dan bercengkrama ria. Memang, minuman kopi punya makna tersendiri bagi penikmatnya.

Loading...

Kopi adalah minuman sumber inspirasi yang istimewa, ia punya makna disetiap aroma hingga penyeduhannya. Setiap orang pasti memiliki selera tersendiri, ada mereka yang suka kopi panas, sedengan, ada yang suka rasa manis hingga pahit. Dan setiap pengolahan hingga teknik pengolahan menjadikan aroma dan cita rasa yang khas. Perbedaan suhu pada pengolahan kopi dapat menjadikan cita rasa kopi berubah.

Secara ilmiah pernah dilakukan penelitian tentang kopi, dan memang kopi punya banyak manfaat yang dapat mencegah depresi, menajamkan memori dan meningkatkan metabolisme tubuh. Namun secara alami kopi terasa pahit dan kadang ada yang mengandung kafein yang cukup tinggi. Kopi juga tidak baik bagi penderita hipertensi dan pengidap jantung, karena kopi bisa menjadikan kerja jantung lebih ekstra.

Macam-macam Minuman Kopi Paling Nikmat

Meskipun tadinya kopi hanya berbentu biji kopi yang diolah menjadi kopi hitam yang berasa pahit, kini sudah ada beragam olahan kopi dengan berbagai cita rasa dan aroma yang spesial. Kamu bisa menikmati sesuai selera lidahmu. Ingin tahu olahan kopi apa saja yang nikmat itu? Dibawah ini adalah macam-macam olahan kopi menjadi minuman kopi yang paling nikmat dan bisa buat kamu ketagihan.

1. Espresso

Kopi espresso cukup popular di Eropa, nama “espresso” sendiri berasal dari bahasa Italia yang berarti express atau “cepat” karena dibuat untuk disajikan dengan segera kepada pelanggan. Espresso merupakan kopi hitam pekat dengan aromanya yang sangat kuat, pengolahnnya adalah biji kopi pilihan terbaik yang digiling, sering kali juga disebut “shot” karena berasal dari proses menekan kopi giling di bawah tekanan suhu yang sangat panas.

Pada setiap kopi espresso terdapat suatu komponen yang disebut crema yang merupakan busa berwarna keemasan yang terdiri dari minyak, protein, gula dan mengambang di permukaan seduhan kopi. Secara teknis, espresso diperoleh dengan 45 ml air yang disemburkan melewati 7 hingga 9 gram kopi bubuk pada temperatur 90 °C dengan tekanan 9 atmosfer.

Aroma yang pekat ini dihasilkan dari teknik penyeduhannya yang penuh ketelitian, espresso sering dijadikan bahan dasar utama untuk menciptakan mayoritas kopi baru yang populer lainnya. Penyajian murni hanya dengan seduhan kopi giling dan air mendidih tanpa tambahan pemanis, susu, maupun krimer.

Macam-macam Minuman Kopi Espresso Nikmat Kental

Espresso, Image via tokopedia.com

2. Americano

Americano sebenarnya adalah kopi espresso yang ditambakan dengan air panas. Awal mulanya tercipta istilah americano saar warga Amerika ingin menikmati kopi espresso yang tidak terlalu kental dan pekat sehingga ditambhanlah air panas ke dalam kopi espresso.

Yang membedakan americano dan espresso adalah tingkat kekentalannya, tentu saja rasa dan aroma juga sudah berbeda. America bisa kita nikmati dalam keadaan dingin, istilahnya adalah “iced americano” dimana espresso ditambhankan air dingin.

Kopi Americano adalah espresso yang dicampur dengan air panas. Awal mulanya terbentuk kopi ini adalah ketika warga Amerika ingin menikmati espresso yang tidak terlalu kental dan pekat sehingga mereka menambahkan air panas ke dalam espresso. Jika kamu tidak suka minum kopi hitam yang tidak terlalu kental dan pahit, Americano kopi perlu kamu coba nikmati.

gambar kopi americano

Americano. Image via tokopedia.com

3. Cappucino

Cappucino kopi diciptakan dari bahan dasar espresso ditambah dengan dengan susu dan busa susu. Komposisi untuk menciptakan secangkir cappucino nikmat adalah setengah espresso berkualitas baik dengan setengah susu panas serta setengah busa susu yang ditambahkan dipermukaannya.

Yang menjadikan cappucino semakin nikmat adalah faktor tekstur dan temperatur susu yang bisa menjadikan cappucino menjadi lebih terasa manis dan lembut. Minuman kopi yang bermula dari Italia ini biasanya dinikmati pada pagi hari di negara asalnya. Di Indonesia sendiri cappucino biasa disajikan saat malam untuk teman bercengkerama yang menyenangkan.

gambar kopi cappucino

Cappucino. Image via tokopedia.com

4. Latte

Kopi dengan nama latte memiliki kemiripan yang hampir sama dengan cappucino karena diciptakan dari bahan dasar yang sama yaitu espresso dan susu. Yang membedakannya adalah takaran komposisi dan bahan yang digunakan. Pada kopi latte susu lebih mendominasi dari pada espresso, perbandingannnya adalah 3:1 sehingga cita rasa susu pada latte lebih terasa.

Selain itu lapisan busa susu yang ada dipermukaan kopi latte lebih sedikit, bagi kamu yang ingin menikmati minuman kopi dengan minimal kadar kopinya, jenis kopu latte adalah pilhan yang tepat. Di tambah lagi kopi latte mempunyai banyak pilihan rasa yang bisa menyesuaikan dengan seleramu seperti caramel, vanila, hazelnut, almod, papermint dan kayu manis.

gambar kopi latte

Latte. Image via tokopedia.com

5. Moka

Bahan dasar untu kopi moka hampir sama dengan cappucino dan latte, tambahannya adalah cokelat untuk minuman kopi moka ini. Tambahan cokelat ini menjadikan moka minuman yang unik serta memiliki aroma yang khas, aroma kopi, susu berbaur dengan aroma cokelat.

Jenis cokelat yang bisa ditambahkan untuk kopi moka bervariasi, yaitu bisa berupa bubuk cokelat kokoa hingga sirup cokelat. Pilihan cokelat hitam seperti cokelat hitam, susu cokelat bisa kamu kombinasikan ke dalam minuman kopi ini untuk menghasilkan kopi moka yang nikmat.

Karena komposisi cokelat didalamnya, kopi moka sering juga disebut coklat panas dengan sedikit espresso. Untuk penyajiannya sendiri juga bervariasi yaitu bisa ditambahkan susu atau whipped cream dan taburan marshmallow, bubuk kayu manis dan bubuk coklat di atas permukannya.

gambar kopi moka

Mocca. Image via tokopedia.com

6. Frappe

Frape adalah minuman kopi dingin yang dibuat dari kopi instan. Minuman es kopi ini sangat mudah dibuat, cara dengan mencampur kopi instan ditambahkan gula. Dalam proses pembuatannya yaitu dengan cara di kocok atau diblend sehingga membentuk busa.

Setelah itu tuangkan frappe ke dalam gelas panjang yang sudah terisi es batu, air es dingin dan susu. Dalam penyajiannya gunakan sedotan untuk menikmati nikmatnya minuman es kopi yang satu ini. Frappe sangat cocok diminum saat siang hari untuk menemani aktivitasmu harianmu.

Minuman Kopi Frappe Rasa Mocca

Frappe. Image via tokopedia.com

Itulah tadi macam-macam minuman kopi yang paling nikmat dan paling terkenal di dunia. Kopi-kopi populer ini banyak kamu temukan di kedai-kedai kopi di daerahmu. Kira-kira mana nih yang menjadi favoritmu?

Sensasi lebih sedap bisa kamu dapatkan dengan cara meraciknya sendiri. Berikut aku kasih info untuk membeli biji kopi mentah yang bisa untuk kamu olah sendiri.  Biji kopi mentah ini ini adalah kopi lokal asli Indonesia.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan di share ya 🙂