Cara Mengupas Buah Nanas yang Mudah

Nanas adalah buah yang segar dan lezat, buah ini tumbuh hanya di negara-negara tropis dengan iklim yang lembab. Buah nanas sangat cocok dengan diet apa pun karena buah ini bisa menurunkan berat badan.

Loading...

Dalam setiap 100 gram buah nanas hanya mengandung 48 kilokalori yang bagus untuk tubuh. Dengan kulitnya yang hampir berduri dan kasar, Anda harus mengetahui cara mengupas nanas.

Cara mengupas buah satu ini tidak semudah mengupas buah lainnya seperti melon atau semangka. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar tidak salah dalam mengupasnya.

Bagaimana ya cara mengupas buah nanas yang benar dan apa saja manfaat yang didapatkan dengan mengkonsumsi buah ini?

Cara Mengupas Nanas

Cara Mengupas Nanas

https://food.detik.com/

Anda ingin makan nanas? Ketahui dahulu cara mengupasnya, ya…jangan sampai Anda terluka karena salah dalam mengupasnya.

Berikut adalah cara untuk mengupas buah nanas :

1. Potong bagian atas dan bawah nanas

Putar atau potong daun buah nanas sekitar 3-4 cm dari bagian atas dan bawah nanas. Jika suka, Anda bisa menggunakan bagian atas dan daun sebagai bagian dari hiasan meja.

2. Tegakkan buah nanas

Putar nanas hingga tegak ke alasnya. Perhatikan “mata” berwarna cokelat tua di sekitar tepi nanas, Anda bisa membuang bagian tersebut karena bagian tersebut memiliki rasa yang sangat tidak menyenangkan.

3. Potong dengan pelan-pelan

Tempatkan pisau Anda di atas buah dan iris ke bawah buah dengan sedikit memutar pisau Anda di bagian atas dan bawah untuk mengikuti bentuk nanas yang melengkung.

Anda bisa memotong-motong buah nanas dengan ukuran yang Anda sukai.

4. Mengupas Sisa Nanas

Potong sisa kulit nanas dengan mengiris dari atas ke bawah. Pisau Anda harus berada di belakang mata dengan sudut sekitar 45 derajat.

Jangan mencoba memotong terlalu banyak kulitnya secara bersamaan atau Anda akan membuang banyak daging buah nanas yang bagus.

Bagaimana? Tidak begitu menyulitkan bukan cara mengupas nanas sebagaimana dijelaskan di atas.

Manfaat Buah Nanas

https://www.wikihow.com/

Manfaat Nyata dari Buah Nanas

Buah nanas sangat bergizi dan bermanfaat. Buah ini mengandung 85% air dan 15% monosakarida. Nanas juga memiliki asam organik dan berbagai vitamin.

Seluruh kompleks zat bioaktif yang membentuk nanas sangat berkhasiat sebagai penyembuhan beberapa penyakit. Berikut adalah manfaat nyata mengkonsumsi buah nanas.

1. Membantu pencernaan tubuh

Nanas membantu untuk merangsang pencernaan, meningkatkan nafsu makan dan memiliki efek positif pada usus dengan membersihkan usus.

2. Mencegah perkembangan aterosklerosis

Buah nanas juga sangat kaya akan mineral, terutama tembaga, besi, kalium, seng, kalsium, magnesium, yodium dan mangan.

Nanas memiliki manfaat untuk mencegah perkembangan aterosklerosis, meningkatkan fungsi ereksi, menyembuhkan darah rendah dan mengurangi kekentalan darah.

3. Mudah menguraikan protein

Buah nanas mengandung zat aktif khusus yang mudah menguraikan protein. Berkat enzim ini, asimilasi protein oleh tubuh manusia dilakukan jauh lebih mudah.

4. Bagus untuk diet

Buah nanas sangat membantu menghilangkan kelebihan cairan dari tubuh, yang juga berkontribusi terhadap penurunan berat badan.

Mengkonsumsi buah nanas secara rutin bisa memudahkan pencernaan lemak dan meningkatkan metabolisme.

5. Mengurangi peradangan usus

Bromelain, enzim yang hanya ditemukan di nanas sangat bagus untuk mencerna protein dan dapat membantu mengurangi peradangan usus.

Dengan memperbaiki pencernaan yang buruk, bromelain dapat mengurangi kembung dan retensi air.

Manfaat kesehatan lain dari bromelain yang ada di nanas juga mengurangi kemungkinan radang sendi, pembekuan dan memar.

Selamat menikmati  buah yang sangat bermanfaat untuk tubuh ini, ya!