7 Fakta Unik Kemerdekaan Indonesia yang Tidak Kamu Temukan Saat Belajar di Bangku Sekolah

Fakta Unik Kemerdekaan Indonesia – Kamu tentu sudah tidak asing lagi dong ketika ditanya tentang Sejarah Indonesia? Ya bagaimana tidak, selama di bangku sekolah Kamu selalu mendapatkan sebagai pelajaran IPS.

Loading...

Sejak sekolah dasar kita semua bahkan sudah mulai diperkenalkan tentang sejarah dari beberapa kerajaan yang ada di Indonesia, penjajahan Belanda dan Jepang, serta Perang Dunia satu ataupun Dua.

Fakta unik Kemerdekaan Indonesia

7 Fakta unik Kemerdekaan Indonesia

Tidak luput juga  Kamu telah belajar Kitab Sutasoma yang begitu terkenal. Ya ketika belajar sejarah memang tidak akan pernah ada habisnya, apalagi dengan buku tebal yang merangkum semua perjalanan negara Indonesia.

Namun, tahukah  Kamu, ada banyak sekali fakta unik kemerdekaan Indonesia loh! Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Fakta Kemerdekaan Indonesia yang Belum Banyak di Ketahui

1. Jika Sosok Pemuda Bernama Wikana Tidak Ada, Mungkin Kemerdekaan Indonesia Bisa di Undur

Emm, Wikana? Sepertinya cukup asing yang terdengar di telinga bukan? Jadi sebenarnya beliau adalah tokoh yang berasal dari golongan muda yang bekerja sebagai juru bicara.

Dimana pada waktu itu rakyat telah mendesak Soekarno Hatta untuk sesegera mungkin  menyatakan bahwa Indonesia merdeka.

Bahkan insiden penculikan tokoh-tokoh kemerdekaan ke Rengasdengklok itu pun dilakukan oleh Wikana. Mungkin tanpa adanya semangat dari sosok Wikana, kemerdekaan dan pembacaan naskah Proklamasi bisa diundur.

Bisa jadi negara Indonesia tidak akan menyatakan kemerdekaannya pada tahun 1945.

Fakta unik kemerdekaan Indonesia yang pertama ini menunjukkan bahwasanya kehadiran sosok pemuda dalam waktu genting memang telah berhasil membawa Indonesia menuju kemenangan.

Apakah kita semua akan menyia-nyiakan semuanya begitu saja tanpa usaha apapun agar negara lebih maju?

2. Ketika Pembacaan Naskah Proklamasi Pada 17 Agustus 1945, Ternyata Ir. Soekarno Sedang dalam Kondisi Sakit

Kali ini mungkin akan menjadi fakta unik kemerdekaan Indonesia yang belum pernah terpikirkan bagi  Kamu sebelumnya.

Kita semua mengira bahwa Ir Soekarno dalam keadaan yang sehat ketika membaca naskah Proklamasi pada 17 Agustus 1945. Namun semua prasangka tersebut tidak benar!

Tepat pada tanggal 17 Agustus 1945, Ir. Soekarno sedang dalam kondisi kurang sehat atau sakit demam. Cukup keren bukan?

Dalam kondisi sakit saja semangat para pejuang kemerdekaan dalam membaca naskah proklamasi tidak pernah luntur.

3. Kemerdekaan Indonesia Berlangsung Saat Bulan Ramadhan, Namun di Waktu yang Sama Ir. Soekarno Ternyata Tidak Berpuasa

Mungkin selama ini kita selalu mengira jika pada saat kemerdekaan Republik Indonesia Ir. Soekarno sedang melaksanakan ibadah puasa.

Ya kemerdekaan Indonesia memang berlangsung di Bulan Ramadhan. Tetapi karena kondisi beliau yang sedang sakit Ir. Soekarno pun tidak puasa.

4. Bendera Merah Putih Saat Kemerdekaan Bukanlah Kain Baru Melainkan Berasal Dari Sprei dan Kain Penjual Soto

Fakta unik kemerdekaan Indonesia yang selanjutnya ini berasal dari bendera merah putih yang dikibarkan.

Ya,  Kamu pun tentu sudah tahu jika bendera ini dijahit sendiri oleh istri dari Bung Karno yaitu Ibu Fatmawati sehari sebelum kemerdekaan RI.

Sangat disayangkan sekali ukuran dari bendera tersebut ternyata terlalu kecil apabila dinaikkan ke tiang bendera.

Sebagai salah satu langkah alternatif, kemudian Ibu Fatmawati  mengambil kain dari sprei berwarna putih yang ada di dalam lemarinya.

Sedangkan warna merahnya memberikan amanat pada pemuda Indonesia bernama Lukas Kastaryo untuk segera mendapatnya dan pada akhirnya kain itu dibeli dari penjual soto.

5. Naskah Proklamasi 17 Agustus 1945 yang Asli Telah Ditemukan di Tong Sampah

Fakta unik kemerdekaan Indonesia ternyata juga ada pada naskah proklamasi loh.

Bagaimana tidak naskah yang dibacakan pada saat kemerdekaan tersebut memang sebuah teks salinan yang sudah diketik oleh seorang pemuda bernama Sayuti Melik.

Siapa sangka, ternyata naskah yang asli sama sekali tidak pernah disimpan oleh pemerintah Indonesia.

Orang yang menyimpannya justru seorang wartawan bernama BM Diah yang telah menemukan naskah tersebut di tong sampah yang berada di kediaman Laksamana Maeda.

Tepat pada bulan Mei 1992 Diah memberikan naskah aslinya kepada Bung Karno.

6. Perintah Pertama dari Presiden Pertama Ir. Soekarno Kepada Rakyatnya Ditujukan Pada Tukang Sate Untuk Memesan Sate Sebanyak 50 Tusuk

Selama ini, tugas dari presiden setelah dilantik pasti akan membuat kabinet atau pemerintahan dan beberapa hal lain yang berhubungan dengan itu.

Namun hal seperti ini sama sekali tidak terjadi ketika Bung Karno resmi jadi Presiden RI yang pertama. Saat di jalan beliau melihat ada orang berjualan sate dan membeli sate ayam sebanyak 50 tusuk.

Dan siapa yang menyangka jika tukang sate 50 tusuk tersebut adalah perintah pertama bagi Bung Karno untuk rakyatnya. Cukup lucu bukan?

7. Mobil Pertama yang Digunakan Presiden RI adalah Mobil Hasil dari Curian

Fakta unik kemerdekaan Indonesia yang ke tujuh ini tergolong cukup menarik.

Tidak ada yang pernah menyangka jika mobil yang dikenakan oleh Bapak Presiden dengan bentuk keren dan mewah adalah hasil mobil curian yang didapatkan dari Jepang.

Kala itu Soediro memang memiliki pikiran untuk mengambil mobil Buick sebagai mobil paling keren dan bagus di Kota Jakarta.

Akhirnya Soediro mencurinya dari sebuah garasi. Bahkan tak segan-segan Soediro juga meminta kunci mobil yang kala itu sedang dipegang sang sopir.

Seketika kunci tersebut langsung diberikan kepada Soediro karena diberitahukan jika mobil tersebut akan digunakan oleh Presiden.

Presiden disini adalah Bung Karno dan bukan Kepala Jawatan dari Kereta Api Jepang.

Itu dia beberapa fakta unik kemerdekaan Indonesia. Mungkin beberapa hal di atas memang tidak pernah kita sangka sama sekali pernah ada saat hari kemerdekaan RI yang pertama kalinya.

Kini ada banyak ilmu tambahan yang sebelumnya belum pernah dipelajari saat sekolah.

Artikel  ini bersumber dari : http://www.tribunnews.com/sains/2017/08/18/22-fakta-tentang-kemerdekaan-ri-yang-jarang-diketahui-orang-indonesia

Baca juga : Ucapan Dirgahayu Republik Indonesia yang Membuat Semangat Nasionalismemu Berkobar