10 Masjid Termegah dan Terindah di Dunia

Gambar Masjid Termegah dan Terindah – Masjid adalah tempat untuk beribadah umat islam. Selain untuk beribadah, masjid pun berfungsi sebagai pusat pengajaran dan pendidikan. Banyak sekali kegiatan pengajian, pendidikan, dan pelatihan diri yang dilaksanakan di masjid.

Loading...

Oleh sebab utamanya fungsi sebuah masjid, umat islam berusaha membangun masjid yang besar, nyaman, dan indah agar mampu menampung banyak jamaah dan dapat memuliakan tempat ibadah untuk beribadah kepada Allah SWT.

Terdapat banyak sekali masjid-masjid yang megah dan indah di dunia. Ketika melihatnya, bisa-bisa kamu takjub dibuatnya. Masjid-masjid tersebut pun menjadi media untuk memperbaiki kualitas diri para umatnya dengan beribadah dan mencari ilmu.

Setidaknya terdapat sepuluh masjid termegah dan terindah di dunia yang perlu kamu tahu agar pengetahuanmu tentang islam semakin berkembang secara global. Apa saja itu? Simak ulasan berikut!

1. Masjid Al-Haram, Makkah, Saudi Arabia

Masjid Al-Haram, Makkah, Saudi Arabia

Masjid Al-Haram, Makkah, Saudi Arabia, via http://themiraclesofislam.com/

Masjid ini terletak di Makkah, Saudi Arabia. Di dalam Masjid Al-Haram terdapat Ka’bah yang menjadi kiblat bagi kaum muslimin untuk melaksanakan sholat. Pendirian Masjid Al-Haram diawali dengan pembuatan Ka’bah.

Ka’bah tersebut dibuat oleh Nabi Ibrahim A.S dan dibantu oleh putranya, Nabi Ismail A.S. Lama-kelamaan, dibangunlah masjid di sekitar Ka’bah yang bernama Masjid Al-Haram.

Oleh sebab itu, usia Masjid Al-Haram ini sudah sangat lama. Walaupun demikian, Masjid Al-Haram tidak kehilangan keagungannya, dan justru semakin megah dan menjadi tempat tujuan bagi kaum muslimin untuk dikunjungi.

Masjid Al-Haram adalah masjid yang sangat luas dan mampu menampung sekitar empat juta orang. Masjid Al-Haram pun adalah salah satu tempat untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah.

Beribadah di Masjid Al-Haram memiliki keutamaan yang banyak dan pahala yang berlipat ganda melebihi beribadah di tempat lain. Oleh sebab itu, masjid ini menjadi masjid yang sangat dirindukan bagi kaum muslimin.

2. Masjid Nabawi, Madinah, Saudi Arabia

Masjid Nabawi, Madinah, Saudi Arabia

Masjid Nabawi, Madinah, Saudi Arabia, via http://www.countrydetail.com/

Masjid ini terletak di Madinah, Saudi Arabia yang dibangun oleh Nabi Muhammad setelah hijrah ke Madinah. Terdapat makam Nabi Muhammad pada bagian pusat masjid atau biasa disebut Green Dome.

Di atas makam Nabi Muhammad dibangunlah kubah kayu pada tahun 1279 Masehi. Bangunan tersebut telah beberapa kali direnovasi, yaitu pada akhir abad XV dan pada tahun 1817 Masehi.

Masjid ini pun memiliki banyak keutamaan. Beribadah di masjid ini pun memiliki lipatan pahala yang melebihi beribadah di tempat lain. Masjid ini pun disambangi ketika melakukan ibadah haji dan umroh. Masjid Nawabi telah menjadi pusat pendidikan, pengajaran, dan penyebaran agama islam selama berabad-abad.

3. Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, Palestina

Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, Palestina

Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, Palestina, via https://www.albawaba.com/

Masjid Al-Aqsa adalah tempat yang suci ketiga setelah Masjid Al-Haram dan Masjid Nabawi. Dulu, kaum muslimin sholat menghadap Masjid Al-Aqsa. Kemudian, kaum muslimin diperintah oleh Allah untuk sholat menghadap Ka’bah (Bayt Al-Haram). Masjid Al-Aqsa pun menjadi saksi perjalanan spiritual yang dilakukan Nabi Muhammad SAW ketika Isra’ Mi’raj.

Masjid Al-Aqsa memiliki kubah keperakan. Bangunan masjid berbentuk persegi yang memiliki luas 35.000 meter persegi. Masjid Al-Aqsa memiliki panjang 83 meter dan lebar 56 meter serta dapat menampung 5.000 jamaah.

4. Hassan II Mosque, Casablanca, Maroko

Hassan II Mosque, Casablanca, Maroko

Hassan II Mosque, Casablanca, Maroko, via https://afktravel.com/

Masjid ini merupakan masjid termegah dan terbesar di Maroko. Menara Hassan II Mosque sangat tinggi dan menjulang, yaitu 210 meter serta terdiri atas enam lantai. Oleh sebab itu, menara masjid ini memiliki status sebagai menara masjid yang tertinggi di dunia.

Hassan II Mosque didirikan di sebuah tanjung, arah ke Samudera Atlantik, dan lantai aula gedung dibuat dari kaca. Oleh sebab itu, pemandangan dasar laut dapat terlihat dengan jelas dan sangat indah.

Hassan II Mosque dapat menampung 105.000 jamaah, yaitu sekitar 25.000 jamaah dapat beribadah di dalam masjid, sedangkan yang lainnya di luar masjid.

5. Masjid Agung Sheikh Zayed

Masjid Agung Sheikh Zayed

Masjid Agung Sheikh Zayed, via http://studiofashions.blogspot.com/

Masjid ini memadukan arsitektur Mughal dan Maroko. Masjid ini memiliki 82 kubah dengan gaya Maroko yang dihias dengan batu pualam berwarna putih. Kubah utama memiliki diameter 32,8 meter dengan tinggi 55 meter.

Masjid ini pun mempunyai 1000 pilar yang dilapisi dengan batu alam yang indah. Masjid berukuran 22.412 meter persegi yang dapat menampung 40.960 jamaah.

6. Masjid ul Taj, Bhopal, India

Masjid ul Taj, Bhopal, India

Masjid ul Taj, Bhopal, India, via http://www.detailsoftemples.com/

Masjid yang terletak di Bhopal, India ini memiliki dua menara dengan delapan belas lantai yang berbentuk persegi delapan. Masjid ini memiliki kubah bulat yang berjumlah tiga buah. Lantainya terbuat dari marmer, lorong utama sangat besar dan mengesankan, serta terdapat pilar-pilar indah di sekeliling masjid.

Masjid ini berpean penting dalam pendidikan islam. Ketika siang hari, masjid ini dijadikan sebagai sekolah islam. Masyarakat dapat menimba ilmu dalam majelis tersebut dan menyebarkannya ke tempat lain.

7. Masjid Faisal, Islamabad, Pakistan

Masjid Faisal, Islamabad, Pakistan

Masjid Faisal, Islamabad, Pakistan, via https://www.shughal.com/

Masjid ini mulai didirikan pada tahun 1969 dan selesai pada tahun 1986. Masjid ini diberi nama Masjid Faisal untuk mengenang jasa Raja Faisal yang dibunuh pada tahun 1975.

Masjid ini berperan penting untuk proses pendidikan dan pengajaran. Hal tersebut ditunjukkan bahwa masjid ini menjadi markas bagi universitas islam internasional.

Arsitektur masjid Faisal adalah arsitektur yang modern dan unik karena tidak menggunakan kubah tradisional atau lengkungan layaknya masjid pada umumnya. Masjid ini memiliki ruang sholat berbentuk segitiga yang sangat luas.

Masjid ini pun memiliki manara yang berjumlah empat buah. Minaret masjid berbentuk menyerupai pensil, khas Turki, yang memiliki tinggo 80 meter dengan panjang dan lebar 10 x 10 meter.

8. Sultan Omar Ali Saifuddin Mosque, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam

Sultan Omar Ali Saifuddin Mosque, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam

Sultan Omar Ali Saifuddin Mosque, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, via http://www.wallpapers13.com/

Sultan Omar Ali Saifuddin Mosque selesai dibangun pada tahun 1958. Bangunan masjid memiliki arsitektur islam modern yang menempati laguna buatan. Arsitektur masjid ini memadukan style Mughal dan style Italia. Sultan Omar Ali Saifuddin Mosque terletak di Kampong Ayer, yaitu desa yang mendapat julukan sebagai desa di dalam air.

Masjid ini memiliki menara yang terbuat dari marmer. Selain itu, Sultan Omar Ali Saifuddin Mosque pun mempunyai kubah yang terbuat dari emas serta berhalaman dengan taman indah dan air mancur. Taman di sekitar masjid melambangkan surga karena keindahannya.

9. Masjid Istiqlal, Indonesia

Masjid Istiqlal, Indonesia

Masjid Istiqlal, Indonesia, via https://www.dream.co.id/

Masjid Istiqlal sangat indah dan besar dan merupakan Masjid terbesar di Asia Tenggara dan masjid nasional negara Republik Indonesia yang terletak di pusat ibukota Jakarta, dihiasi dengan kubah utama yang besar berwarna putih dengan diameter 45 meter yang ditopang 12 tiang besar dan dinding dengan ornamen modern yang khas.

Masjid ini memiliki gaya arsitektur modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer, dihiasi ornamen geometrik dari baja yang anti karat. Bangunan utama Masjid Istiqlal terdiri dari lima lantai dan satu lantai dasar. Di sudut selatan selasar Masjid, terdapat menara tunggal yang menjulang tinggi, dengan tinggi total 96,66 meter. Masjid Istiqlal mampu menampung lebih dari 200.000 jamaah

10. Masjid Badshahi, Lahore, Pakistan

Masjid Badshahi, Lahore, Pakistan

Masjid Badshahi, Lahore, Pakistan, via http://beautiful-places-in-pakistan.blogspot.com/

Masjid Badhahi di Lahore memiliki arsitektur sangat indah. Masjid ini memiliki tiga kubah yang melengkung berwarna putih. Menara-menara di tiap sudut masjid semakin mempercantik arsitektur masjid. Terdapat pula satu menara yang lebih besar daripada menara lain di sudut yang terpisah dengan bangunan utama masjid.

Masjid ini mulai dibuat pada tahun 1671 dan terselesaikan pada tahun 1673 pada masa keenam Kaisar Mughal Aurangzeb. Masjid ini mampu menampung 150.000 jamaah, yaitu kapasitas 55.000 jamaah di dalam masjid dan 95.000 jamaah di luar masjid.

Itulah 10 Masjid terbesar dan terindah versi GOODMINDS, semoga menginspirasi.