7 Ucapan Salam Dalam Bahasa Korea Sehari hari

Ucapan salam dalam bahasa Korea sehari hari – Bagi sebagian banyak remaja, serial drama Korea adalah film yang tidak terlewatkan. Bukan karena para pemainnya yang memang cakep akan tetapi kualitas cerita dari sebagian besar drama korea memang sangat menyentuh jiwa.

Loading...

Karena hal itu pula bahasa Korea menjadi sesuatu yang begitu populer untuk remaja sekarang ini, bukan hanya di Indonesia tetapi para fans Korea di seluruh dunia.

Ucapan Salam Dalam Bahasa Korea

Baiklah saya akan sedikit berbagi tentang kosa kata ucapan salam dalam bahasa korea sehari-hari, sekalian saya belajar karena saya juga gak begitu ngerti bahasa korea. Inilah beberapa ucapan salam yang saya kumpulkan dari beberapa referensi yang ada.

1. Ucapan waktu makan ( 식사할 때 )

Ucapan waktu makan bahasa korea

sumber gambar : http://korea.panduanwisata.id

Jika kita berwisata ke negara Korea Selatan, saat kita makan di warung Korea atau di dapur umum (sikdang) biasanya akan ada ucapan-ucapan seperti ini :

  • 맛있게 드세요 (masitge deuseyo) “selamat menikmati”.
  • 잘 먹겠습니다 (jal meokgessseumnida) “terima kasih”, ucapan yang ini diungkapkan untuk menyampaikan terima kasih sebelum kita makan, yang arti sebenarnya “saya akan makan dengan nikmat”, huawaow keren bukan.
  • Namun untuk ucapan terima kasih setelah selesai makan, maka menggunakan istilah : 잘먹었습니다 (jalmeogeossseumnida), arti yang terkandung sama, yaitu ” terima kasih ”.
  • Ucapan ketika kita sedang menyantap makanan, lalu ada orang lain datang, ucapan yang dipakai adalah ” 식사 하세요 ” (siksa haseyo) artinya “silahkan makan”, dan untuk jawaban umumnya adalah : 많이 드세요(manhi deuseyo) “makanlah dengan banyak”.

2. Saat memberi ucapan selamat ( 축하할 때 )

Ucapan Salam Bahasa Korea

sumber gambar: http://sadarlah.com/

  • Misalnya penggunaan kata diatas untuk ucapan salam untuk ulang tahun bahasa korea yaitu 생일 축하 합니다 (saengil chukha hamnida) “selamat ulang tahun”.
  • Sebenarnya begitu banyak ucapan selamat dalam bahasa Korea, ucapan selamat dalam bahasa korea semua menggunakan kata …..축하 드립니다 (chukha deurimnida) atau …..축하 합니다 (chukha hamnida), “Selamat…..”
  • Selain ulang tahun bisa juga untuk ucapan salam pernikahan bahasa korea misalnya, 결혼 축하드려요 (gyeolhon chukha deuriyeoyo) “selamat menikah” dan masih banyak yang lain menyesuaikan dengan situasinya.
  • Untuk ucapan salam lebaran bahasa korea buat yang mau lebaran, bisa juga diucapkan ” 단식 축제 일 축하 합니다 (dansik chukje il chukha hamnida) yang artinya “selamat hari lebaran”.

3. Mengucapkan terima kasih ( 감사할 때 )

Mengucapkan terima kasih dalam bahasa korea

sumber gambar: http://res.heraldm.com

  • Uucapan untuk menyampaikan rasa terima kasih adalah 감사합니다 (gamsahamnida) “terima kasih” bisa juga 고맙습니 (gomapseumnida) atau bisa lebih informal 고마워요 (gomawoyo).
  • Kalau dengan teman sendiri atau yang beda sedikit usianya bisa dengan 고마워 (gomaweo) atau cukup 고맙다 (gomapda).

4. Ucapan meminta maaf ( 사과할 때 )

Ucapan Salam Dalam Bahasa Korea

sumber gambar: http://www.oneworld365.org

Sedangkan apabila kita melakukan kesalahan atau kita merasa perlu untuk meminta maaf,

  • maka ucapan yang digunakan -죄송합니다 (joesonghamnida) atau 미안합니다 (mianhamnida) , sedang informalnya bisa cukup 미안해 (mianhae).

Ucapan untuk menjawabnya digunakan kata 괜찬습니다 (gwaenchanseumnida) “tidak apa-apa” atau cukup 괜찬아.. (gwaenchana) untuk informalnya.

5. Ucapan salam saat tahun baru ( 새해 인사 )

Ucapan salam saat tahun baru bahasa korea

sumber gambar: http://cheria-travel.com/

  • 새해복 많이 바드세요(saehaebok manhi badeuseyo) yaitu ungkapan selamat tahun baru yang artinya “semoga engkau mendapatkan banyak kebahagiaan ditahun baru”.

Ucapan tersebut biasanya diucapkan waktu tahun baru 1 januari atau tahun baru imlek. Sedang orang yang lebih tua biasa mengucapkan “새해복 많이 받아.. (saehaebok manhi bada) kepada yang lebih muda untuk menjawabnya.

6. Ucapan akhir pekan ( 주말 인사 )

Ucapan akhir pekan bahasa korea

sumber gambar: http://blog.travescape.com/

Ucapan salam saat akhir pekan, mungkin diantara kita ada yang berkeinginan untuk menyampaikan ucapan akhir pekan dalam bahasa Korea,

  • maka bisa disampaikan : 주말 잘 지내세요(jumal jal jinaeseyo) atau -좋은 주말 보내세요. (joheun jumal bonaeseyo) yang maknanya “selamat akhir pekan”.

7. Ucapan ketika di Toko ( 가게에 있을 때 )

Ucapan Bahasa Korea ketika di toko

sumber gambar: http://traveloista.com/

Ucapan salam ini biasa kita dengar saat kita berbelanja di toko di Korea.

  • Penjualnya biasa menyampaikan – 어서 오세요 (eoseo oseyo) “selamat datang”, kemudian dilanjut mengatakan – 뭘 도와 드릴까요 (mwol dowa deurilkkayo) “apa yang bisa saya bantu”.

Lalu kita sampaikan barang apa yang ingin kita beli.

  • Saat sudah selesai belanja, untuk menyampaikan terima kasih bisa diucapkan dengan -많이 파세요 (manhi paseyo) yang makna sebenarnya “menjual lah yang banyak”,
  • atau bisa dengan 수고하세요 (sugo haseyo) yang maksudnya”terima kasih dan selamat bekerja dengan baik”

Sepertinya baru 7 ucapan salam ini yang bisa saya bagikan, jika ada yang ingin menambahkan kita bisa berdiskusi di komentar dibawah ya. semoga postingannya bermanfaat, gomaweo.