10 Jenis Bunga Matahari yang Harus Kamu Tahu. Cantik Semua Lho

Bagi Kamu penggemar bunga, tentunya Kamu sudah tidak asing lagi dengan bunga yang satu ini. nama bunga ini adalah bunga matahari, sesuai dengan warnanya, bunga ini mirip dengan matahari dimana memiliki warna kuning yang menghangatkan ketika dipandang.

Loading...

Jenis bunga yang satu ini juga sangat terkenal di masyarakat. Sebagian masyarakat menjadikan bunga matahari sebagai tanaman hias.

Selain sebagai tanaman hias, bunga ini juga kaya akan manfaat, oleh sebab itu banyak orang yang mulai meliriknya untuk dibudidayakan.

Jenis bunga matahari termasuk dalam famili Astereceae dan genus Helianthus. Memiliki bentuk kelopak yang bera dengan ukuran bunga yang bisa mencapai diameter 30 cm. Bunga ini juga memiliki kelopak yang berwarna kuning cerah, polos serta terlihat sangat cantik.

Tidak hanya kelopaknya saja yang besar namun bunga ini juga memiliki banyak bunga tabung. Dalam satu tangkai saja jumlah bunga tabung yang dimiliki oleh bunga matahari bisa mencapai 2000 buah. Sedangkan bunga-bunga lain yang berada di sisi lainnya disebut dengan bunga lidah.

Selain itu, bunga matahari juga termasuk bunga yang unik lho. Keunikan ini bisa dilihat dari bagian kelopaknya yang akan terus menghadap ke arah matahari.

Bahkan ketika matahari bergerak, bunga ini juga bergerak sesuai dengan arah matahari. Nah, kejadian ini disebut dengan Heliotropisme.

Pergerakan bunga matahari ini juga dijadikan sebagai salah satu pembuktian bahwa bunga ini pantas disebut dengan bunga matahari. Selain itu, kejadian ini juga dijadikan sebagai bukti bahwa tumbuhan dapat bergerak.

Jenis-Jenis Bunga Matahari

Bagi Kamu penggemar bunga matahari, tahukah Kamu jika bunga matahari memiliki banyak jenis? Sebab, kebanyakan masyarakat hanya mengetahui bahwa bunga matahari hanya terdiri dari satu jenis saja.

Namun, siapa sangka jika bunga ini memiliki beragam jenis yang sangat indah dan tentunya memiliki karakteristik masing-masing.

Sudah penasaran dengan jenis bunga matahari? Berikut ini adalah jenis bunga ini yang akan membuat Kamu semakin kagum.

Baca juga : Jenis pohon bonsai

1. Giant Sun Gold

Giant Sun Gold

http://4hillsofsquash.blogspot.com

Giant sun gold merupakan salah satu jenis bunga matahari yang memiliki ukuran yang cukup besar. Bahkan bunga ini juga bisa tumbuh dan memiliki tinggi 1 meter. Sedangkan untuk bagian bunganya juga bisa mencapai diameter 15 cm lho.

Uniknya lagi, bunga ini juga memiliki kemampuan bertahan lama yang cukup tinggi, yakni bisa bertahan hingga 2 bulan. Karakteristik yang dimiliki oleh jenis bunga ini juga cukup unik dan terletak di bagian kelopak bunganya.

Jika Kamu memperhatikan dengan seksama, Kamu akan menemukan bunga ini seolah-oleh terdiri dari dua lapis kelopak.

Sehingga, ketika dilihat akan terlihat seolah-olah ada kelopak baru yang berada di kelopak pertama. Bukankah hal ini sangat unik? Keunikan inilah yang menjadikan bunga matahari giant sun gold semakin cantik.

2. Teddy Bear

Teddy Bear Sunflower

https://pixabay.com

Nama bunga matahari ini mirip dengan nama boneka beruang yang sangat legendaris. Jenis bunga matahari ini juga termasuk bunga yang paling dicari oleh pecinta tanaman hias lho.

Mengapa demikian? Yang pastinya hal ini dikarenakan bentuknya yang sangat mengagumkan. Bahkan, bentuk kelopak bunga matahari teddy bear juga berbeda dengan bunga matahari lainnya.

Bunga ini terlihat begitu mengembang dengan kelopaknya yang sangat cantik. Dengan warna kuning yang hangat, kelopak ini menyelimuti bunga matahari ini dengan sempurna.

Untuk diameternya sendiri, bunga ini bisa mencapai diameter 17 cm. Bunga ini juga memiliki ketinggian 60-90 cm saja. Hal inilah yang menjadikan bunga matahari teddy bear sangat cocok untuk menghiasi tanam Kamu.

Baca juga : Jenis bunga anggrek

3. Big Smile

Big Smile

http://www.takii.com

Jenis bunga matahari yang satu ini merupakan bunga matahari yang sangat mungil. Dengan ukuran yang dimiliki inilah menjadikan big smile sangat cocok ditanam di pot Kamu.

Bunga ini juga memiliki karakteristik yang cukup unik yakni hanya memiliki tinggi 40 cm saja. Meskipun kecil, bunga ini juga memiliki dahan-dahan yang bercabang.

Nah, bunga ini juga bisa menghasilkan bunga hingga 4 buah lho. Karena bunga ini mungil, oleh sebab itu diameter bunga ini juga cukup kecil yakni hanya 10 cm saja.

4. Eart Walker

Earthwalker sunflower

https://www.seedsnsuch.com

Eart walker merupakan salah satu bunga matahari yang memiliki jenis warna yang berbeda. Bunga ini terdiri dari tiga kombinasi warna yang cantik yakni warna merah, kuning, coklat ataupun hitam.

Yang lebih menariknya lagi, bunga ini juga bisa tumbuh dengan ketinggian 270 cm, wow bukankah tingginya hampir 3 meter? Dengan karakteristik yang dimiliki oleh bunga ini menjadikan eart walker tidak hanya unik, namun juga cantik dan indah.

5. Fiesta Del Sol

Fiesta Del Sol

https://garden.org

Salah satu bunga matahari yang tidak kalah cantik dengan bunga matahari lainnya adalah Fiesta Del Sol. Bunga matahari ini terlihat begitu cantik karena memiliki warna yang berbeda yakni warna merah cerah dan pekat.

Tentunya warna ini berbeda dengan bunga matahari lainnya yang berwarna kuning bukan? Selain memiliki warna yang berbeda, bunga ini juga memiliki ukuran yang cukup besar yakni dapat tumbuh hingga mencapai 80 cm. Adapun untuk ukuran bunganya yaitu antara 5 hingga 10 cm saja.

Dengan peraduan ukuran dan tinggi bunga ini membuat Fiesta Del Sol sangat cocok dijadikan tanaman hias di rumah Kamu. Kecantikan yang dimiliki oleh bunga ini akan semakin memancarkan aura positif di rumah.

Baca juga : Ikan Hias Air Tawar Aquarium

6. Cherry Rose

Cherry Rose

https://www.flickr.com

Jenis bunga yang satu ini memiliki gradasi warna yang sangat mengagumkan. Di bagian bunga-bunga kecilnya berwarna coklat kehitaman. Di bagian kelopaknya berwarna ungu kemerahan dan di bagian ujungnya berwarna kuning.

Dengan perpaduan warna yang sangat harmonis ini menjadikan bunga ini sangat sedap untuk dipandang. Bagaimana? Bukankah bunga ini sangat cantik untuk dipelihara di rumah?

7. Early Rusian

Bunga matahari

https://www.asmaraku.com

Jika dilihat dari warnanya, bunga matahari Early Rusian tampak biasa-biasa saja dan hampir sama dengan kebanyakan bunga matahari lainnya.

Yang menjadikan bunga ini unik adalah dilihat dari segi ukurannya. Ukuran bunga ini sangat besar, bahkan kelopak bunganya bisa mencapai diameter 30 cm.

Adapun ketinggianya juga bisa mencapai 2 hingga 3 meter. Karena ukurannya yang sangat besar inilah bunga ini sering disebut dengan bunga raksasa.

8. Music Box

Music Box

http://glallotments.blogspot.com

Bunga ini juga termasuk kategori bunga matahari yang unik dan cantik. Keunikan dan kecantikannya terpancar dari degradasi warna yang ditimbulkan.

Memiliki warna kuning kemerahan hingga kecoklatan membuat pola yang diberikan menjadi salah satu ciri khas bunga ini mudah untuk dikenali.

9. Red Sun

Red Sun

https://pixels.com

Jenis bunga matahari selanjutnya yang harus Kamu tahu adalah bunga matahari red sun. Sesuai dengan warnanya, bunga ini diselimuti dengan kelopak bunga yang berwarna merah.

Warna merah yang ditimbulkan tersebut adalah merah ke hitam-hitaman. Meskipun bunga ini tampak gelap, namun hal inilah yang menjadikan bunga ini cantik.

10. Monwalker

Moonwalker

https://digiyan.com

Moonwalker jika diperhatikan sekilas akan tampak seperti bunga matahari pada umumnya. Namun, jika Kamu memperhatikan lebih dalam, bunga ini ternyata memiliki warna yang sedikit pudar, bunga ini juga memiliki diameter 15 cm dan tinggi 10 cm.

Masih ada banyak lagi jenis bunga matahari yang tidak bisa dijelaskan satu persatu di sini. Meskipun demikian, dari ke 10 bunga matahari di atas saja sudah cukup memberikan informasi kepada Kamu bahwa bunga matahari terdiri dari berbagai jenis.

Untuk itu, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan Kamu mengenai bunga matahari menjadi semakin banyak.