Wajib Bangga! Ini Dia Jenis-Jenis Terumbu Karang yang Ada di Indonesia

Orange Footed Sea Cucumber

https://www.hakaimagazine.com

Pernahkah Anda menyelam ke dasar laut? Jika iya, di sana Anda akan melihat banyak sekali terumbu karang yang berbeda dan indah.

Loading...

Adanya terumbu karang di lautan menjadi penghias laut dan samudera yang luas.

Terumbu karang juga dijadikan sebagai rumah-rumah bagi ikan hias dan cantik. Jadi, saat Anda melihat unik dan cantiknya terumbu karang, dari situ pula Anda akan melihat berbagai jenis ikan hias.

Namun, tahukah Anda apa saja jenis-jenis terumbu karang?

Jenis-jenis Terumbu Karang

Bicara soal terumbu karang, ternyata terumbu karang terdiri dari banyak sekali jenis. Nah, beberapa jenis terumbu karang yang cukup populer akan di bahas di bawah ini.

1. Terumbu Karang Endapan

Sesuai dengan namanya, terumbu karang yang berbentuk endapan kaur dan bentuknya seperti punggung laut.

Terumbu karang jenis ini masuk dalam tipe ekosistem pasir. Terumbu karang ini biasa ditemukan dengan mudah di pesisir pantai.

Baca juga : Jenis biota laut

2. Terumbu Karang Tepi

Terumbu karang Tepi adalah terumbu karang yang paling banyak ditemukan di di sekitar pantai. Biasanya terumbu karang tepi tumbuh di laut dengan kedalaman 40 meter saja.

Adapun bentuknya adalah melingkar dengan arah menuju ke lautan lepas. Di Indonesia sendiri, jenis terumbu karang ini biasanya ditemukan di Pulau Panaitan, Bunaken, dan juga Nusa Dua Bali.

3. Terumbu Karang Penghalang

Jika dilihat dari bentuknya, terumbu karang Penghalang ini hampir sama dengan terumbu karang tepi. Hanya saja terumbu karang penghalang ditemukan pada kedalaman 75 meter.

Jenis terumbu karang ini biasa ditemukan di wilayah Sulawesi Selatan, Kepulauan Riau, Kepulauan Banggai Sulawesi Tenggara.

4. Terumbu Karang Cincin

Sesuai dengan namanya, bentuk dari terumbu karang ini menyerupai sebuah cincin yakni melingkar. Biasanya terumbu karang ini akan mudah ditemukan di daerah Samudera Atlantik.

5. Terumbu Karang Datar

Terumbu karang yang satu ini cukup unik, mengapa? Sebab bentuknya seperti pulau-pulau. Biasanya terumbu karang Datar ini akan tumbuh di dasar laut menuju ke permukaan laut.

Di Indonesia sendiri, jenis terumbu karang datar biasa ditemukan di Kepulauan Ujung Batu Aceh dan Kepulauan Seribu.

6. Terumbu Karang Menghadap ke Angin

Jenis terumbu karang angin adalah terumbu karang yang pada bagian lerengnya mengarah ke arah angin lepas.

Jenis terumbu karang ini tumbuh di kedalaman laut 50 meter dan biasanya cenderung tumbuh subur. Karena bentuknya inilah biasanya terumbu karang ini sering disebut dengan pamatang alga.

7. Terumbu Karang Membelakangi Angin

Untuk terumbu karang ini termasuk dalam golongan terumbu karang yang keras. Sama halnya dengan terumbu karang menghadap angin, terumbu karang membelakangi angin juga tumbuh di kedalaman 50 meter. Untuk bentuknya sendiri seperti hamparan karang yang sempit.

Itu adalah jenis-jenis terumbu karang di Indonesia. Nah, terumbu karang ini juga dibagi menjadi 300 spesies. Bahkan Indonesia menjadi salah satu negara dengan ekosistem terumbu karang terbanyak dan terbesar di dunia.

Penasaran apa saja contoh terumbu karang yang ada di Indonesia? Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

Baca juga : Jenis timun laut

Zona Terumbu Karang

https://kumpulanilmu.com

  • Acropora Cervicumis

Acropora Cervicornis

https://en.wikipedia.org

Acropora Cervicumis adalah terumbu karang yang berada pada kedalaman 3-15 meter di atas permukaan laut.

Bentuk dari Acropora Cervicumis seperti pipa kecil yang ada di dalam laut. Selain itu, terumbu karang ini juga tersusun atas beberapa cabang hingga membentuk terumbu karang yang lebat.

Adapun warna terumbu karang ini biasanya berwarna coklat muda dan biasa hidup di laut yang jernih dan tidak berpolusi.

Acropora Cervicumis juga biasa tumbuh di daerah laut dangkal. Saat dilihat dari dekat, terumbu karang ini tampak terlihat indah dan mengagumkan. Biasanya terumbu karang ini ditemukan di kepulauan Cayman.

  • Achropoda Michropthalma

Acropora Microphthalma

http://www.marinespecies.org

Sama halnya dengan Acropora Cervicumis, jenis terumbu karang ini juga tumbuh pada kedalaman laut 3-15 meter. Bentuk dari terumbu karang ini lebar dan pilih. Bahkan luasnya juga bisa mencapai 2 meter.

Biasanya terumbu karang ini hanya ada satu spesies diantara terumbu karang lainnya. Tempat hidupnya biasanya berada di perairan yang keruh serta daerah lagun yang berpasir. Di Indonesia sendiri Achropoda Michropthalma biasanya ditemukan di Papua.

  • Achropoda Elegantula

Acropora Elegantula

https://www.dictio.id

Terumbu karang ini juga hidup di permukaan laut 3 sampai 15 meter. Memiliki bentuk semak dan melebar, cabang terumbu karang ini juga berbentuk horizontal dan tipis. Terdapat pula aksial koralit yang jelas.

Saat ada arus laut, biasanya terumbu karang ini akan bergerak dengan sangat lembut layaknya sedang menari dengan seragam dan indahnya. Warna terumbu karang ini adalah abu-abu dengan ujungnya yang semakin muda.

Di Indonesia terumbu karang ini ditemukan di perairan dangkal. Sedangkan selain di Indonesia, jenis terumbu karang in ditemukan di Sri Lanka.

  • Achropoda Millepora

Achropoda Millepora

http://www.coralsoftheworld.org

Memiliki bentuk bantalan yang bercabang dan gemuk membuat ukuran terumbu karang ini sama. Terumbu karang ini juga memiliki beberapa warna seperti jingga, hijau, biru dan merah.

Di Indonesia jenis terumbu karang ini juga biasa ditemukan di wilayah yang dangkal dan tidak berpolusi. Selain di Indonesia, terumbu karang ini biasa ditemukan di Australia dan Filipina.

  • Achropoda Humilis

Achropoda Humilis

http://www.coralsoftheworld.org

Achropoda humalis jua memiliki bentuk yang bercabang-cabang dan tebal. Bahkan terumbu karang ini juga memiliki koralit yang besar serta memiliki radial koralit dengan dua ukuran. Adapun warna terumbu karang ini adalah ungu dan merah muda.

Sayangnya, yang lebih sering dijumpai di Indonesia adalah warna coklat, biru dan juga krem. Biasanya jenis terumbu karang ini tumbuh di lereng karang. Jenis terumbu karang ini juga bisa ditemukan di perairan mana saja hingga ke Amerika Tengah dan Indo-Pasifik.

  • Acropora Hyacinthus

Acropora Hyacinthus

http://www.coralsoftheworld.org

Jika terumbu karang lainnya biasa tumbuh di perairan dengan kedalaman 3-15 meter, maka terumbu karang ini berada di kedalaman 15-35 meter. Jenis terumbu karang ini termasuk dalam golongan terumbu karang yang mudah rapuh.

Adapun koralitnya berbentuk mangkuk yang melebar. Biasanya ditemukan dengan warna hijau, coklat, biru dan abu-abu.

Adapun terumbu karang ini biasanya ditemukan di perairan dangkal. Selain di Indonesia, jenis terumbu karang ini banyak dijumpai di Australia.

Baca juga : Laut terdalam di dunia

  • Sidesratra Sidereal

Siderastrea Sidereal

https://fineartamerica.com

Ini adalah terumbu karang yang hidup di kedalaman 7 sampai 14 meter saja. memiliki bentuk koloni dan tampak seperti batu bulat yang besar. Terumbu karang ini juga bisa tumbuh hingga beberapa meter.

Beberapa diantara terumbu karang ini juga ditemukan dalam bentuk yang pipih. Memiliki warna coklat dan biasanya tampak seragam. Adapun hidupnya berada di perairan yang jernih dan bebas polusi.

Itu hanya segelintir contoh Jenis-jenis terumbu karang yang ada di Indonesia. Jika ada 300 spesies, maka masih kurang 293 spesies lagi yang belum disebutkan.

Hal ini menunjukkan bahwa laut Indonesia sangatlah indah. Oleh sebab itu, marilah cintai terumbu karang dan jangan merusaknya saat melihatnya. Sebab, jika bukan kita yang menjaganya, siapa lagi?