Menajubkan! Inilah 9 Wisata Bawah Laut Paling Populer di Indonesia

Wisata Bawah Laut – Sumber daya alam di Indonesia tampaknya tak berbatas pada hasil buminya yang melimpah ruah. Kondang sebagai penghasil kebutuhan pangan terbesar di dunia, Indonesia, negeri dengan ribuan pulau eksotis ini juga menyuguhkan pemandangan bawah laut luar biasa bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Loading...

Wisata Bawah Laut Paling Populer di Indonesia

Kepopuleran wisata bahari ini bukan tanpa alasan, mengingat pesona beragam terumbu karang dan spesies ikan beraneka macam, tak heran jika banyak orang datang berbondong-bondong untuk menikmati keindahan lautnya.

Nah, bagi Anda yang mendambakan snorkeling dengan spot keren dan suguhan anti mainstream, berikut referensi 9 wisata bawah laut paling populer di Indonesia untuk Anda.

1. Raja Ampat

Raja Ampat

image via gilldivers.com

Pesona situs menyelam terkenal di Papua ini tentu sudah sangat familiar di mata Anda. Terlebih mengingat barisan pulau kecil yang cantik yang tersebar di atas birunya laut pulau di ujung barat laut Papua tersebut.

Tak hanya berhasil membius mata pengunjung lokal, Raja Ampat juga menjadi daya pikat tersendiri bagi turis luar negeri yang ingin menghabiskan masa berliburnya dengan esensi liburan yang tak terlupakan.

Mempunyai 1500 pulau kecil, dengan 1200 jenis ikan, biota yang hidup di dalam laut raja ampat disebut-sebut sebagai yang terbesar di dunia. Bahkan, jika wisatawan datang di waktu yang tepat, hiu paus akan muncul dan menjadi tantangan tersendiri saat anda bersnorkeling disana.

2. Pulau Komodo

Pulau Komodo

image via http://www.kepulaukomodo.com/

Jika mayoritas dari Anda mengenal tempat ini sebagai kawasan wisata edukatif yang berkonsep binatang purba yang ditangkar di alam bebas, maka anda tidak sepenuhnya benar.

Mengapa? Pulau Komodo yang menjadi habitat asli Komodo rupanya juga menyajikan view mempesona bagi penyelam kelas dunia.

Tak mengherankan jika wisata bawah laut paling populer di Indonesia yang masih termasuk cagar alam langka di dunia ini menjadi surganya para penyelam yang ingin menikmati keindahan terumbu karang tropis yang tenang dan penuh warna.

Sajian lain yang dijamin akan memanjakan mata Anda ialah atraksi alam oleh ikan-ikan berpostur kecil dan berwarna-warni.

3. Kepulauan Bali

Kepulauan Bali

image via http://anekatempatwisata.com/

Selain identik dengan kearifan lokalnya yang masih terjaga, Bali dengan keanekaragaman budaya dan khasanahnya yang masih terpelihara sampai sekarang tampaknya tak mau kalah dengan mengembangkan potensi wisata baharinya.

Ya, kepulauan bali disebut-sebut sebagai destinasi wisata terbaik untuk melakukan selancar di dunia. Hal ini karena pulau ini menyuguhkan deburan ombak yang sangat menantang untuk para peselancar.

Lokasi yang dikenal sebagai wisata bawah laut paling populer di Indonesia ini juga menjadi perairan dengan potensi yang menakjubkan.

Anda dapat menjajal sensasi diving bersama ikan-ikan cantik, serta merasakan pengalaman menyelam yang unik dengan menjumpai tebing koral, bangkai kapal perang dunia, hingga gunung api bawah laut.

4. Kepulauan Togean

Kepulauan Togian

image via hipwee.com

Rekomendasi wisata yang selanjutnya berada di Indonesia bagian timur. Referensi ini cocok sekali bagi Anda yang mendambakan liburan keren dengan bersnorkeling namun tidak menyuguhkan tantangan yang besar,

atau singkatnya bagi Anda yang berambisi menjajal bagaimana esensi menyelam namun belum memiliki pengalaman yang cukup mengenai dunia snorkeling.

Togian, kepulauan di kawasan Sulawesi Utara ini adalah jawabannya. Tempat menyelam yang terbilang anyar dan digandrungi oleh para turis ini dianggap sebagai tempat menyelam terindah di Indonesia.

Julukan ini didasarkan pada karakteristik tak biasa yang ditawarkan oleh Togian, yakni 3 situs menyelam dengan 56 pulaunya.

5. Bunaken

Bunaken

image via https://www.straitstimes.com

Wisata bawah laut paling populer di Indonesia yang selanjutnya pasti sudah sangat familiar di telinga Anda. Ya, kental dengan nuansa bahari serta sajian terumbu karang dan ikan-ikan kecilnya yang meliuk-liuk lentik, Bunaken yang berlokasi di ujung utara Sulawesi ini juga dinyatakan aman dari polusi air.

Upaya pemerintah ini selain menghilangkan kekhawatiran masyarakat mengenai ancaman hilangnya pesona bunaken, juga melegakan para wisatawan yang datang untuk menyelam.

Taman laut ini menyajikan 70 jenis karang yang berbeda, lima jenis penyu, dan beragam spesies seperti ikan dugong hingga hiu karang hitam yang hampir punah keberadaannya di masa sekarang.

6. Lombok dan Kepulauan Gili

Lombok dan Kepulauan Gili

image via https://arintratour.co.id/

Lombok dan Gili siap memikat anda dengan keunikan wisata bawah lautnya. Tak hanya destinasi wisata pantai yang ditawarkan lengkap dengan fasilitas super komplitnya, dua pulau tetangga Bali ini juga menampilkan pesona hiu martil dan terumbu karang sebagai sajian paling ciamik yang sayang untuk Anda lewatkan.

Tak jauh berbeda dengan Bali, wisata bahwa laut paling populer di Indonesia ini punya spot menyelam yang keren dan tidak terbatas.

Mulai dari drop off yang dalam, lereng bawah laut yang asyik untuk dijelajah, hingga lempeng laut yang ada di dalamnya. Tak heran jika dengan opsi sebanyak itu, Lombok dan Gili sukses menciptakan candu bagi siapapun yang menyelami lautannya.

7. Pulau Weh, Sumatera

Pulau Weh, Sumatera

image via http://jonesyau.com/

Pulau Weh sudah sejak dari dulu tenar berkat romantisme bawah lautnya yang punya keanggunan tiada tara. Dengan track atau lokasinya yang terpencil, Pulau Weh menjanjikan Anda liburan yang penuh pengalaman dan tidak terlupakan.

Di samping fungsinya sebagai pulau perlindungan satwa liar oleh pemerintah, Weh juga sering menjadi buah bibir di kalangan para penyelam lantaran menyimpan jajaran terumbu karang yang tersaji dengan dinamis dan kehidupan laut yang tidak tereksploitasi oleh manusia.

Wisata bawah laut paling populer di Indonesia ini memang sedikit menguji kesabaran Anda lantaran letaknya yang agak jauh dari kota, namun rasa letih Anda akan terbayar begitu menyaksikan eksotika baharinya.

8. Kepulauan Banda

Kepulauan Banda

image via https://pesona.travel/

Tempat paling recommended ini berada di Ambon. Menyuguhkan kesempatan emas bagi anda untuk menikmati sajian lautnya, Banda yang lekat dengan julukan surga bawah laut ini dijamin tidak akan membuat anda menyesal.

Eksistensi Banda semakin berada di atas seiring dengan perkembangan dunia teknologi alias sosial media yang berhasil memaparkan pada khalayak mengenai potensi SDA tersembunyi di pulau ini.

Terutama kalau menilik karang yang indah, kipas laut, spons laut, hingga pelagis, dan ikan-ikan dengan warna berbeda yang menghuni karang di Banda ini. Benar-benar opsi wisata bawah laut paling populer di Indonesia yang sayang untuk anda lewatkan.

9. Kepulauan Wakatobi

Kepulauan Wakatobi diving

image via https://www.tripzilla.id/

Terbagi menjadi empat pulau utama, yaitu Wangi, Tomea, Binongki dan Kaledupa, serpihan surga yang terpampang di bumi Indonesia ini cocok sekali bagi para penyelam yang gemar dengan rintangan tidak biasa. Belum lagi dengan citra terumbu karang, biota laut, hingga taman nasional yang masih tetap lestari di dalamnya.

Pastikan paket komplit ini tidak terbuang  begitu saja dari destinasi wisata bawah laut paling populer di Indonesia yang akan segera Anda sambangi. Meski tergolong spot diving yang relatif baru, Kepulauan Wakatobi memiliki keindahan dan berkomitmen untuk tetap menjaga kualitas air lautnya dengan baik.

..

Bagaimana? Yakin akan mangkir begitu saja setelah menyimak info destinasi bahari keren yang akan menyematkan kesan menyenangkan untuk agenda liburan Anda tahun ini?