10 Pantai di Jogja Terbaik dan Indah Dengan Segala Keunikannya

Pantai di Jogja Terbaik dan Indah – Jogja memiliki sebutan Kota Pelajar dan Kota Istimewa. Istimewa dari mulai kulturalnya, kuliner, hingga tempat-tempat yang menarik. Salah satunya adalah memiliki banyak pantai indah di dalamnya. Selain itu, pantai-pantai di Jogja juga cenderung memiliki ombak yang besar dengan keunikannya.

Loading...

Pantai di Jogja yang Indah

Nah, wisata pantai di Jogja juga menjadi wisata paling disukai lho. Hal ini dibuktikan dengan pantai yang tidak pernah sepi pengunjung. Mungkin Kamu juga termasuk dari salah satu oran yang lebih suka jalan-jalan ke pantai daripada ke tempat lainnya. Jika iya, simak nih beberapa pantai indah di Jogja yang bisa Kamu datangi.

1. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

image via https://www.alvarotrans.com

Nama pantai ini sudah sangat familiar di telinga masyarakat Jogja dan sekitarnya. Berada di wilayah Gunung Kidul, pantai ini menawarkan deretan pasir putih bersih dan tampak memukau. Saking indahnya, Pantai Indrayanti sering disebut pantai Bali-nya Yogyakarta.

Wow, sudah bisa dibayangkan betapa kerennya pantai ini bukan? Saat Kamu tiba di pantai ini, mata Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan pantai pasir putih dengan air biru kehijauan yang bersih. Pantai ini juga menawarkan ombak yang besar khas pantai selatan.

Uniknya lagi, di sebelah pantai juga ada sebuah bukit nan elok yang bisa dinaiki untuk menyaksikan pesona pantai Indrayanti dari atas. Bisa Kamu bayangkan menyaksikan indahnya pantai dari atas sambil menyeruput es kelapa muda? Surga dunia.

2. Pantai Nglabor

Pantai Nglabor

image via https://www.pantainesia.com

Pantai di Jogja satu ini mungkin agak terdengar asing di telinga, apalagi jika Kamu bukan warga Jogja. Mungkin salah satu alasannya adalah karena letak pantai ini yang tersembunyi. Nah, karena masih tersembunyi, oleh sebab itu pantai ini masih sangat asri dan alami.

Berbeda dengan pantai lain di Jogja yang memiliki ombak besar, maka ombak di pantai ini sangat tenang. Saking tenangnya, pantai ini menjadi lokasi yang paling tepat untuk melakukan snorkeling. Wah, harus diagendakan nih berlibur ke Pantai Nglabor.

3. Pantai Drini

Pantai Drini

image via https://www.superadventure.co.id

Pantai Drini juga menjadi salah satu pantai indah yang berada di Gunung Kidul. Hampir sama dengan pantai lainnya, pantai ini juga menawarkan sebuah pantai dengan pasir putih yang indah, air yang biru bersih serta pemandangan alam yang sangat mempesona.

Yang menjadikan pantai ini terlihat unik adalah adanya sebuah pulau kecil yang berada di tengah-tengah pantai. Adanya pulau ini seakan-akan menjadi pembatas pantai Drini. Mengapa? Sebab jika Kamu berjalan melewati pulau, maka Kamu akan menemukan sebuah ombak yang besar.

4. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

image via https://poktunggalgunungkidul.wordpress.com

Bisa dikatakan Pantai Pok Tunggal adalah surga dunia yang tersembunyi. Mengapa? Sebab pantai ini masih sangat tersembunyi dan untuk menuju ke lokasi Kamu harus berjalan dengan penuh perjuangan.

Namun, saat Kamu sudah sampai di pantai ini, semua lelah berjalan dan usaha yang telah dilewati akan terbayar sudah. Bagaimana tidak, mata akan terbelalak menyaksikan sebuah pantai indah berpasir putih dengan laut lepas di hadapan mata.

Pantai ini juga cuku unik, mengapa? Sebab terdapat 3 pohon duras yang tumbuh di tengah hamparan pasir. Namun, jangan coba-coba untuk memanjat pohon ini, sebab pohon ini dianggap keramat oleh masyarakat sekitar.

5. Pantai Glagah

Pantai Glagah

image via https://lelungan.net

Di Jogja sendiri Pantai Glagah berada di tiga tempat yakni Kulon Progo, Gunung Kidul dan Bantul. Namun, diantara ketiga pantai tersebut pantai Glagah Kulon Progo-lah yang paling hits di kalangan masyarakat Jogja. Sebab, pantai ini menawarkan ujung dermaga yang dipenuhi dengan batu yang menjadi spot foto instagramable.

Tahu sendiri lah ya jika anak hit lebih suka foto yang instagramable dibanding dengan keindahan alamnya. Selain itu, pantai ini juga memiliki beberapa laguna yang tenang dan bisa dijadikan wisata berperahu atau menaiki bebek air. Wah, sungguh liburan yang sangat menyenangkan.

6. Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan

image via https://www.jogja.co

Satu hal yang bisa Kamu temukan di pantai ini adalah banyaknya perahu nelayan yang berjejeran di tepi pantai. Namun, hal inilah yang menjadi pemandangan yang khas dan tampak lebih indah. Di pantai ini, Kamu bisa menyaksikan para nelayan yang mencari nafkah dengan jaring dan perahunya.

Di pantai ini Kamu juga bisa membeli hasil tangkapan ikan nelayan dan pastinya ikan-ikannya masih sangat segar. Satu lagi yang tidak boleh terlewatkan adalah pantai ini dikelilingi dengan tebing kapur yang sangat indah. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang berbondong-bondong ke pantai ini.

7. Pantai Jogan

Pantai Jogan

image via https://authenticjogja.com

Jika Kamu mencari pantai yang tidak biasa di Jogja, maka Pantai Jogan adalah jawabannya. Mengapa? Sebab pantai ini memiliki air terjun yang sangat indah. Air dari air terjun ini akan mengalir ke pantai dan membuatnya terlihat sangat mempesona dan berbeda.

Apalagi dengan suara ombak laut, angin semilir, bunyi dedaunan semakin menambah suasana di pantai ini sangat tenang. Sayangnya pantai ini masih sangat tersembunyi, bahkan untuk menempuhnya Kamu harus berjalan kaki selama 2 jam. Namun tak apa, sebab semua lelah akan terbayar saat Kamu menyaksikan langsung pemandangan pantai ini.

8. Pantai Trisik

Pantai Trisik

image via http://masjogja.com

Salah satu pantai di Jogja yang indah dan bisa Kamu jadikan objek wisata adalah pantai Trisik. Pantai ini menawarkan sebuah pantai dengan pasir putih, bersih dan ombak yang bagus. Hal inilah yang menjadikan pantai ini sangat potensial dijadikan tempat wisata.

Bahkan, tidak hanya wisatawan lokal saja yang datang berkunjung, banyak diantara wisatawan mancanegara juga berkunjung ke pantai ini.

9. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

image via https://www.alodiatour.com

Bicara soal Pantai Parangtritis, siapa si yang tidak tahu pantai ini? pantai yang berada di tengah kota ini juga menawarkan wisata pantai yang patut diacungi jempol. Ya, meskipun banyak tersimpan cerita mitos di dalamnya, namun hal ini tidak menyurutkan rasa penasaran wisatawan untuk datang berkunjung.

Padahal pantai ini adalah pantai berpasir hitam, namun karena sunset di pantai ini begitu indah, oleh sebab itu banyak orang yang berbondong-bondong datang ke sini.

10. Pantai Depok

Pantai Depok

image via https://harianjogja.com

Pantai yang tak kalah indah dan menarik dari pantai lain yang sudah disebutkan di atas adalah Pantai Depok. Pantai ini berada di bantul dan dekat dengan pantai Parangtritis.

Karena letaknya yang dekat dengan Pantai Parangtritis membuat karakteristik pantai ini mirip. Ya, pantai ini memiliki ombak yang besar dan pasir pantai yang berwarna hitam pekat.

Namun jangan salah, pantai ini memiliki satu keunggulan yang tidak dimiliki pantai lainnya yakni pantainya yang sangat bersih. Nah, bagi Kamu yang berencana untuk berwisata di pantai ini, ada baiknya jika datang di sore hari. Mengapa? Ini karena sunset di pantai sangat indah dan sayang untuk dilewatkan.

Sudah puas menjelajahi pantai di Jogja? Bukankah pantai ini sangat indah dengan segala pesonanya? Ya, memang sangat indah, oleh sebab itu Kamu harus mengagendakan untuk melakukan perjalanan ke Jogja dan kunjungi semua pantai di atas.