10 Tempat Wisata Romantis di Jakarta yang Musti Kamu Kunjungi Dengan Kekasih

Tempat Wisata Romantis di Jakarta – Jakarta sebagai Ibukota Indonesia, kalau kamu mendengar nama Ibukota negara kita, kira-kira apa yang terbayang di benak kalian? macet , banjir, panas, polusi, bising atau kota metropolitan?

Loading...

Meskipun demikian Jakarta selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan ataupun bagi para peniti karir, dan yang terpenting adalah kota Jakarta masih terus berbenah.

Jakarta merupakan kota metropolitan terbesar di Asia Tenggara dengan jumlah penduduk lebih dari 10 juta jiwa, menjadikan Jakarta menjadi padat penduduk.

Hampir semua jasa dan layanan serba modern tersedia di Jakarta nan metropolitan, menjadikan ibukota Indonesia ini makin lengkap untuk menghibur pelancong dari segala penjuru negeri.

Mau wisata kuliner, wisata belanja, wisata sejarah, hingga wisata romantis bisa dilakukan di sini.

Tempat Wisata Romantis di Jakarta

Mari kita intip bersama 10 aktivitas wisata yang bisa dilakukan bersama pasangan, teman dan keluarga di ibu kota!

1. Pasar Antik Jalan Surabaya, Menteng

Pasar Antik Jalan Surabaya

image via tribunnews.com

Oldies but goodies“, barang-barang kuno dan klasik memiliki daya tariknya tersendiri. Patung, wayang, lampu kristal, piringan hitam, kaset, lukisan, jam dinding, jam kuno,

Juga koin-koin kuno yang jelas tidak akan bisa digunakan untuk transaksi lagi, atau bahkan, sebuah mainan tradisional yang sudah jarang dijumpai di rumah-rumah.

Kencan dalam nuansa tempo doeloe? Sekali-sekali kembali ke masa lalu bersama kekasih tercinta memberi kesan tersendiri, apalagi buat sesama pasangan peminat barang dan suasana vintage. Pas banget!

Yuk mampir ke Jalan Surabaya. Di sepanjang 500 meter jalan, kamu bisa menemukan kios-kios berderet menjajakan ribuan koleksi barang antik dan barang seni yang siap memuaskan mata bagi para pemburu barang antik.

Mulai dari koin antik, koper, perabot keramik, piringan hitam, sampai patung dan kerajinan kuno menghiasi selasar pasar antik ini.

Hanya untuk sekadar info nih, harga di pasar ini masih relative murah dan bisa ditawar lho. Mulai dari puluhan ribu hingga puluhan juta untuk barang-barang antik ini.

Kalau cuma ingin melihat-lihat pun juga nggak apa-apa. Siapa tahu menemukan piringan hitam tembang romantis masa lalu.

Jangan lupa untuk siapkan kamera kamu buat mengabadikan momen kebersamaan di masa lalu bareng sama pasangan.

  • Lokasi : Jalan Surabaya, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta
  • Buka : Setiap Hari ( 07.00 – 18.00 )

2. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu

image via travelingyuk.com

Tempat liburan wajib di Jakarta yang tidak boleh dilewatkan adalah Kepulauan Seribu. Kepulauan Seribu menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia, terutama wisata baharinya.

Cakupan kepulauan Seribu terdiri dari Pulau Harapan, Pulau Bidadari, Pulau Tidung, Pulau Pari dan puluhan pulau lain yang masing – masingnya memiliki keunikan tersendiri seperti area snorkeling, water sport, pasir putih yang halus, hingga benteng tua peninggalan jaman perang lho.

Disana kamu bisa mengunjungi beberapa pulau berpenghuni dan pulau – pulau yang tidak berpenghuni atau hanya sebagai tempat wiasta saja.

Kamu bisa bermain air laut dari tepi pantai, menikmati sunset, dan kamu tentu dapat mengabadikan ribuan foto momen dengan berbagai latar yang indah be rsama pasangan.

  • Lokasi : Kepulauan Seribu, Jakarta
  • Buka : Setiap Hari, kamu bisa langsung cek keberangkatan kapal di dermaga. (mulai dari 08.30)

3. Le Bridge, Ancol

Le Bridge, Ancol

image via tripadvisor.com

Ajak pasangan untuk menikmati senja berwarna jingga sambil bersantap makan di Le Bridge. Restoran yang berada di pinggir pantai Ancol ini memiliki pemandangan sunset terbaik di Jakarta.

Hembusan angin laut yang segar semakin menciptakan suasana nyaman dan romantis untuk berbincang dengan dia.

Lokasi dengan spot romantis yang sudah terkenal di Jakarta, Dermaga Cinta, Le Bridge menjadi tempat favorit para pasangan untuk menghabiskan malam setelah sepanjang sore berjalan-jalan dan menikmati segarnya angin laut.

Hidangan bernuansa Eropa seperti aneka pasta, makanan ringan serta aneka minuman panas dan dingin melengkapi suasana makan malam yang romantis.

Untuk harga makanan dan minuman disini dimulai dari harga idr 20.000 hingga 230.000.

  • Lokasi : Taman Impian Jaya Ancol, Beach Pool, Jl. Lodan Timur.
  • Buka : Setiap Hari (07.00 – 23.00)

4. Setu Babakan

Setu Babakan

image via tabloidwisata.com

Setu Babakan merupakan sebuah danau yang terletak di kawasan cagar budaya di daerah Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Tempat ini menjadi salah satu tempat wisata romantis di Jakarta untuk dikunjungi. Tempat ini merupakan kawasan perkampungan budaya untuk melestarikan warisan budaya Betawi.

Danau seluas 30 hektar ini dialiri air yang berasal dari Sungai Ciliwung.

Kamu bisa menikmati keindahan danau dari tepi atau menggunakan perahu air mengitari danau bersama pasangan. Setelah bersantai di danau, Kamu bisa menonton pertunjukan tradisional budaya Betawi yang ditampilkan secara regular.

Kamu tidak perlu takut kelaparan, karena di sekitar Setu Babakan banyak penjual kuliner khas Betawi, seperti Soto Betawi, Es Potong, Nasi Uduk, Rujak Bebek, Arum Manis, dan Kerak Telor.

Setu Babakan dapat menjadi destinasi wisata romantis yang santai dan ekonomis bersama pasangan.

  • Lokasi : Jalan Mohammad Kahfi II, Srengseng Sawah, Jagakarsa, RT 10/ RW 8, Jakarta Selatan
  • Buka : Setiap Hari (07.00 – 23.00)

5. Hutan Mangrove PIK

Hutan Mangrove PIK

image via ilalangbasah.wordpress.com

Liburan romantis dengan pasangan tidak harus melulu diisi dengan makan malam mewah atau berkelana di tengah kota. Ajak si dia menyepi di tempat yang damai sambil bertualang, salah satunya di Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK).

Kawasan wisata alam angke kapuk merupakan tempat wisata di Jakarta bernuansa alam dan masih asri serta tumbuh subur dan menghijaunya tumbuhan bakau.

Pengunjung yang kesini biasanya menikmati hijaunya pohon bakau dengan sekedar berjalan kaki menyusuri jembatan kayu yang saling terhubung diatas air dan diantara tumbuhan bakau, selain dengan berjalan kaki kamu juga bisa menyewa sampan sambil mendayung.

Selain berjalan santai kamu masih bisa menikmati banyak kegiatan lainnya disini, seperti menanam pohon, berfoto, melihat burung dari menara kayu, menikmati makanan dan snack, serta outbond.

Tempat ini juga dilengkapi dengan fasilitas umum seperti kamar mandi dan mushola.

Kalau jalan-jalan sehari terasa tak cukup, tersedia lokasi menginap di pondok kayu romantis di belantara hutan bakau yang tentunya menambah nuansa istimewa untuk berdua.

  • Lokasi : Jalan Garden House, RT 8/ RW , Kamal Muara, Penjaringan, Kota Jakarta Utara
  • Buka : Setiap Hari ( 07.00 – 18.00 )
  • Biaya Masuk : IDR 35.000 Lokal / IDR 250.000 Mancanegara

6. Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta

image via www.pikniek.com

Kota Tua Jakarta merupakan area wisata dengan suasana Jakarta tempo dulu, dikelilingi bangunan tua peninggalan jaman belanda.

Disana kamu bisa menemukan berbagai museum, kafe, dan bangunan tua yang masih mempertahankan bangunan tua yang kokoh.

Kota Tua Jakarta dulu dikenal dengan nama Old Batavia dan menyimpan berjuta kenangan dari peradaban era kolonial. Menjelajah setiap liku di area ini seperti kamu merasakan kembali ke masa lalu.

Diarea ini kamu bisa menjumpai aneka penjual makanan dari makanan ringan hingga makanan yang membuat kamu kenyang seharian.

Selain penjual makanan disana juga terdapat banyak penjual aksesori, tas, sepatu, hingga souvernir khas Jakarta yang bisa kamu beli untuk oleh oleh wisata.

Saat mulai gelap kamu bisa jalan-jalan di pasar malam dadakan dengan berbagai macam barang. Kamu juga bisa dinner ala ala yang sederhana dengan pasangan di warung kaki lima atau kafe di area Kota Tua.

  • Lokasi : Kawasan Kota Tua, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat
  • Buka : Setiap Hari 24 jam.

7. MONAS

Monas

image via jktgo.com

Berbicara tentang wisata Jakarta tentu yang tidak boleh terlewatkan adalah Tugu Monas, ikon Ibu Kota Jakarta ini merupakan area wisata sekaligus bersejarah yang tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya dari pagi hari hingga malam.

Monas menjadi tempat wisata favorit bersama teman, keluarga bahkan pasangan. Tidak hanya bagi pendatang baru namun warga jakartapun tidak pernah bosan untuk menghabiskan waktu liburannya di Monas.

Untuk masuk ke area Monas sendiri tidak dipungut biaya, sehingga jika kamu hanya mau berjalan menikmati ruang terbuka, Monas menjadi pilihan yang tepat.

Area yang cukup luas ini memiliki akses kendaraan dan fasilitias umum yang cukup baik, banyak pedagang makanan untuk mengenyangkan perutmu, penjual aksesori, pakaian, mainan, hingga sewa sepeda yang bisa kamu sewa untuk mengelilingi area Monas.

Disini juga sering terdapat pertunjukan dari beberapa kelompok seni, dari mulai seni tari, akting, sepatu roda yang bisa kamu nikmati.

Menjelang sore hingga malam suasana akan semakin ramai, karena dimalam haripun Monas menyajikan pertunjukan lampu yang memukau, Tugu Monas akan dibalut atraksi lampu yang akan menemani malammu.

  • Lokasi  : Lapangan Merdeka, Jakarta Pusat
  • Buka    : Setiap Hari (08.00 – 22.00)

8. Pecinan Glodok

Pecinan Glodok

image via sharianews.com

Inilah China Town nya Indonesia, masyarakat Indonesia sering menyebutnya pecinan. Tempat wisata yang satu ini berlokasi tidak jauh dari Kota Tua.

Berbagai dagangan murah meriah tersedia di sini, mulai dari makanan hingga pakaian dan aksesori.

Untuk kamu yang muslim, maka pastikan ketika kamu akan mencoba mencicipi makanan di sana tanyakanlah dulu bahan-bahannya, sebab beberapa di antaranya masih banyak yang menggunakan babi sebagai bahan utama ataupun pelengkap.

Jika kamu enggan untuk berkuliner maka kamu bisa sekedar jalan-jalan menyusuri pecinan ini dengan pasangan untuk merasakan suasana romantis yang berbeda pada umumnya, kamu bisa mengunjungi vihara atau klenteng yang ada di Pecinan Glodok.

Dengan suasana yang serba merah, kamu bisa mengambil foto dari berbagai spot.

Jika berencana mengunjungi kawasan pecinan gunakanlah pakaian yang nyaman dan santai, sebab perjalanan penelusuran akan sedikit membuat kamu berkeringat.

Aktivitas sekitar yang hiruk pikuk juga cukup membuat udara panas Jakarta semakin terasa. Lain dari pada itu juga untuk menghindari tindakan kejahatan.

  • Lokasi : Jalan Kemenangan  No. 40. Glodok, Tamansari, Jakarta Barat
  • Buka : Setiap Hari

9. DUFAN (Dunia Fantasi Ancol)

DUFAN ( Dunia Fantasi Ancol )

image via www.facetofeet.com

Dufan menjadi tempat favorit bagi siapapun yang berkunjung ke Jakarta. Tempat wisata yang satu ini tidak akan pernah terlihat sepi dari hari biasa hingga hari libur karena antusias pengunjung yang tidak pernah memudar.

Berbagai wahana dan tema wisata tersedia disini seperti tema negeri eropa dengan nuansa yang lekat dengan benua biru tersebut, wahana Tornado, Ocean Park, Waterboom, Komedi Putar, dan masih banyak lagi, bahkan dalam waktu satu hari full day pun kamu tidak akan bisa menikmati semua wahananya.

Dengan berbagai wahana tersebut harga yang ditawarkan pun relative murah dan beragam dengan tiket terusan untuk taman hiburan terbesar di Jakarta.

Tempat ini akan menjadikan kencanmu dengan si dia tidak ada kata bosan, kamu bisa menikmati wahana dan tertawa bersama seharian.

Setelah seharian bermain wahana, hingga malampun Dufan tetap memiliki pesona lainnya, kamu dan pasangan bisa jalan-jalan santai menikmati taman, pantai dan lampu lampu indah yang tertata apik.

Jangan lupa untuk dinner romantis ya, disana banyak kafe yang menyajikan suasana romantic dekat pantai.

  • Lokasi : Jl. Lodan Timur No. 7, Ancol, DKI
  • Buka : Senin – Jumat( 10.00 – 18.00 ) / Sabtu & Minggu (10.00 – 20.00)

10. Baywalk Mall

Baywalk Mall

image via picswe.com

Jakarta memang kota metropolitan yang tidak lepas dari adanya puluhan Mall dengan aneka konsep berbeda – beda yang dapat kamu dikunjungi setiap harinya.

Kalau di Central Park Mall unggul dengan konsep tamannya yang asri, maka Baywalk mall menyuguhkan keunggulannya yang tak kalah menarik.

Jika kamu berkunjung ke Baywalk Mall, mungkin Anda pun akan merasa seolah-olah sedang berada di sebuah kapal pesiar.

Yaps… memang benar konsep dari Baywalk Mall selain merasakan sensasi pemandangan laut di tengah hiruk pikuk kota Jakarta,

Mall ini pun berkonsep seperti kapal pesiar, karena mall ini dikelilingi oleh ruang terbuka yaitu ‘The Garden’, seluas 3 hektar dan The Waterfront.

Kedua ruang terbuka ini menawarkan area untuk rekreasi dan hang out bersama keluarga dan teman sambil menikmati pemandangan laut.

Baywalk Mall juga selalu mengadakan festival air mancur yang diiringi dengan musik-musik yang menarik. Ketika malam hari ada pertunjukan air mancur yang dihiasi dengan sorot lampu warna-warni.

Selain itu hunting kuliner di sekitar Baywalk mall juga seru. Banyak restoran-restoran baru yang agak jarang kita jumpai di mall lain.

Mungkin karena konsep alam, maka tenant yang dipilih oleh mall-mall ini pun membawa nuansa baru. Pilihan restorannya pun beragam, mulai dari Indonesia Food, Western, Chinese, Japanese sampai Thailand.

  • Lokasi : JL. Pluit Karya Ayu 1, Penjaringan, Jakarta Utara
  • Buka : Setiap Hari (10.00 – 22.00)