10 Surga Tersembunyi, Wisata Pantai di Belitung

Pernahkah Kamu menonton film Laskar Pelangi? Film ini memang sangat bagus, bahkan pernah menjadi film yang paling banyak ditonton di Indonesia. Nah, lokasi shooting film ini berada di Belitung.

Loading...

Meskipun dalam film laskar pelangi Belitung terlihat masih sangat tradisional, namun nyatanya pemandangan alamnya memang sudah sangat indah. Salah satu yang menjadi pusat perhatian adalah pantai di Belitung.

Wisata Pantai di Belitung

Di Belitung, hampir semua pantainya masih sangat alami, bersih, dan juga indah. Selain itu, pantai di sini juga menawarkan ombak yang tenang sehingga sangat cocok dijadikan lokasi untuk berenang. Penasaran dengan pantai di Belitung? Ini dia keindahan pantai Belitung yang harus Kamu tahu.

1. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kalayang

image via https://www.borukaro.com

Bisa dikatakan jika Pantai Tanjung Kalayang adalah primadonanya pantai di Belitung. Pantai ini sangat keren dan indah, saking kerennya pantai ini pernah dijadikan sebagai tuan rumah ajang Internasional Sail Wakatobi Belitong.

Karakteristik yang dimiliki oleh pantai ini adalah memiliki bebatuan besar di tepinya. Didukung dengan hamparan laut biru yang luas membuat pantai ini terlihat begitu mempesona.

Pantai ini juga dibagi menjadi dua bagian yakni bagian pertama dengan batu granitnya yang indah, dan bagian kedua dengan pasir putihnya yang lembut. jika Kamu mengunjungi pantai ini, jangan pernah lupakan bawa kamera atau baju ganti yang banyak.

Sebab pantai ini adalah lokasi yang paling instagramable di Belitung. Akan terasa sangat sayang jika Kamu hanya datang berkunjung dan menikmati suasana alamnya saja.

2. Pulau Kepayang

Pulau Kepayang

image via https://travelingyuk.com

Belitung sendiri terdiri dari beberapa pulau yang cantik dan mempesona, salah satu pulau yang bisa Kamu kunjungi dengan pemandangan alamnya yang indah adalah Pulau Kepayang.

Saat Kamu berada di pulau ini, Kamu akan mabuk kepayang karena keindahannya. Pasalnya, pulau ini menawarkan daratan dengan gugusan pantai yang eksotis terlebih saat terkena sinar matahari. Sungguh keajaiban Tuhan yang maha kuasa yang telah menciptakan sebuah pemandangan elok ini.

Meskipun pulau ini hanya memiliki luas 14 hektar saja, namun ada banyak sekali spot cantik di dalamnya. Bahkan jika ke tepian barat pulau, Kamu akan melihat pulau lain yang berdekatan. Terlihat indah, asri, damai dan juga menyejukkan hati.

3. Pulau Burung

Pulau Burung

image via http://www.lensabangkabelitung.com

Masyarakat Belitung menyebut pulau ini dengan sebutan Pulau Burung. Letaknya sendiri berada di utara Belitung dan tidak jauh dari desa nelayan Tanjung Binga. Pulau ini bisa dikatakan tidak begitu luas dengan pasir putih di semua tepi pantainya.

Selain pasir putih, ada pula banyak batu granit mengelilingi pulau ini yang membuat pantai dan keindahan pulau tamak nyata dan semakin mempesona. Bahkan, nama pula Burung sendiri diambil dari salah satu bentuk granit yang ada di pulau tersebut.

Jika Kamu tidak percaya, yuk ke Belitung dan buktikan jika ada granit yang bentuknya mirip dengan burung di pulau ini. dijamin Kamu akan terbelalak dan jatuh cinta dengan keindahan Belitung.

4. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi

https://i.pinimg.com

Bagi Kamu yang pernah nonton film Laskar Pelangi, tentunya Kamu sudah tidak asing lagi dengan tempat ini. Tempat ini menjadi salah satu bagian dari film Laskar Pelangi yang sangat indah.

Pantai ini juga sangat terkenal, bahkan terdapat banyak penginapan dan warung di sekitar pantai. ya, berkat Film Laskar Pelangi keindahan pantai ini menjadi sangat terpancar.

Bahkan ada banyak fasilitas pendukung lain yang bisa Kamu coba di sini seperti mengintip kehidupan binatang laut dengan snorkeling dan masih banyak lainnya.

5. Desa Nelayan Tanjung Binga

Desa Nelayan Tanjung Binga

image via https://babelreview.co.id

Jika Kamu ingin tahu kehidupan nelayan di Belitung sekaligus berwisata pantai, maka Desa nelayan Tanjung Binga adalah tempatnya. Karena kebanyakan profesi di desa ini adalah nelayan, oleh sebab itu sangat mudah bagi Kamu untuk menemukan seafood di sini.

Di desa ini Kamu juga bisa wisata kuliner dengan menu laut yang enak-enak dan memanjakan lidah. Keindahan pantai di sini juga membuat desa ini memiliki sebuah resort mewah dengan segala fasilitasnya.

6. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas

image via https://www.pdfkitapciniz.com

Jika Kamu berencana untuk berlibur ke Belitung, maka Pulau Lengkuas menjadi salah satu lokasi yang wajib Kamu kunjungi. Pulau ini menawarkan pantai indah dengan pepohonan hijau yang menyejukkan.

Saking indahnya, pantai di pulau ini juga sangat terkenal, bahkan selalu ramai dikunjungi wisatawan. Ada satu hal menarik lagi yang bisa Kamu temukan di sini yakni mercusuar setinggi 50 meter yang ada di bibir pantai. Bangunan mercusuar ini adalah bangunan yang bersejarah, sebab dibangun pada tahun 1882.

7. Pantai Batu Berlayar

Pantai Batu Berlayar

image via https://i.pinimg.com

Wisata pantai di Belitung selanjutnya adalah Pantai Batu Berlayar. Pantai ini sangat indah dengan pemandangan alam yang sangat instagramable. Keindahan pantai ini dihasilkan dari perpaduan antara air laut biru dan jernih dengan batuan granit dan pepohonan yang rindang di tepian.

Suasana seperti ini membuat Kamu akan merasa berada di surga. Dinamakan pantai Batu Berlayar karena terdapat dua buah batu yang menjulang tinggi menyerupai layar perahu di pantai ini. sayangnya, daratannya tidak terlalu luas, namun Kamu tetap bisa mengeksplor pantai dengan puas.

8. Tanjung Marang Bulo

Tanjung Marang Bulo

image via http://novictoriachrisyana.blogspot.com

Tanjung Marang Balo adalah sebuah pantai yang berada di Pulau Seliau. Pantai MArang Bulo juga  sangat menawan apalagi pada saat sunset tiba. Selain itu, saat air laut urut, akan terlihat batu-batu yang tersebar di bibir pantai dan tampak mengapung diatas laut.

Pantai ini sangat cocok dijadikan tempat untuk bersantai sekaligus menikmati semilir angin laut yang sejuk dan menenangkan.

9. Pantai Penyabong

Pantai Penyabong

image via http://acaranya-jalan-jalan.blogspot.com

Saat berada di pantai ini Kamu akan termenung sekaligus mensyukuri betapa indahnya kuasa tuhan yang dihadirkan di bumi ini. Bagaimana tidak? Sebuah pantai yang indah dengan pasir putih ini tersaji di pelupuk mata.

Apalagi ada banyak fasilitas yang disediakan membuat Kamu akan merasa betah untuk berlama-lama di sini. Bahkan, saking indahnya pantai ini, rasanya menghabiskan waktu seharian untuk mengelilingi pantai saja tidak cukup.

Bahkan, untuk beranjak dan pulang dari pantai ini saja seakan-akan kaki menolak untuk meninggalkannya. Ya, memang sangat indah, bak surga yang tersembunyi di Belitung.

10. Teluk Limau

Teluk Limau

image via http://bagkasave.blogspot.com

Pantai ini disebut dengan nama Pantai Teluk Amben oleh masyarakat sekitar. Namun banyak pula yang menyebut pantai ini dengan nama Teluk Limau. Entah apa namanya yang jelas pantai ini menawarkan panorama alam yang sangat indah.

Keindahan ini bisa dilihat dari sebuah pantai dengan pasir putih yang dikelilingi pepohonan hijau yang sangat menyejukkan mata. Nah, untuk menuju ke pantai di Belitung ini, Kamu harus melakukan perjalanan selama 25 menit dari Bandara Pangkal Pinang.

Pantai ini memang tidak luas, namun keindahannya membuat banyak wisatawan rela datang ke pantai ini. sayangnya, wisatawan yang berkunjung memang masih jarang, sebab lokasi pantai ini memang masih tersembunyi. So, Kamu juga bisa ke sana dan mencoba membuktikan seindah apa pantai Teluk Limau.

Setelah membaca ulasan di atas, apakah Kamu tertarik untuk mengunjungi belitung? Dijamin deh Kamu tidak akan menyesal saat mengunjungi pantai di Belitung. Terlebih lagi jika Kamu adalah orang yang hobi trip, pantai belitung bisa dijadikan tantangan traveling selanjutnya.