Begitu Menajubkan, Inilah 8 Tempat Wisata di Papua Terbaik untuk Kamu Kunjungi

Tempat Wisata di Papua Yang Menakjubkan – Terletak di wilayah paling timur di Indonesia, Papua menyimpan keindahan alam tersendiri yang sangat menakjubkan.

Loading...

Meskipun jauh dari pusat pemerintahan di Indonesia, Negeri Cenderawasih ini menjadi salah satu destinasi wisata kelas atas yang menarik wisatawan untuk datang dan berlibur. Tidak hanya tingkat nasional, wisatawan mancanegara pun hadir ke sana.

Nah, ada cukup banyak tempat wisata di Papua yang menghadirkan pesona yang berbeda yang tentu saja akan membuat Kamu terkesan dan enggan untuk pulang!

Kebanyakan tempat wisata yang ada di Papua adalah wisata alam. Papua memang memiliki bentang alam yang indah. Tidak hanya itu, kondisi alam di Papua masih tampak asli dan begitu rimbun.

Tidak hanya hutan, laut Papua pun juga sangat indah dan menjadi habitat asli banyak binatang laut langka. Inilah yang menjadikan Papua menjadi destinasi wisata menarik untuk dikunjungi.

Pilihan Tempat Wisata di Papua Terbaik Untuk Dikunjungi

Sebagaimana disinggung di awal bahwa ada cukup banyak tempat wisata di Papua yang bisa menjadi destinasi menarik untuk berwisata. Nah, dengan adanya beragam ide wisata tersebut, tentu Kamu bisa bebas memilih mana tempat wisata yang cocok untuk liburan yang menyenangkan.

Pada kesempatan ini akan dibahas beberapa destinasi wisata terbaik yang ada di Papua. Penasaran? Cek ulasan di bawah ini.

1. Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Taman Nasional Teluk Cenderawasih

image via https://www.adventureinyou.com

Papua memang terkenal dengan sebutan cenderawasih. Nah, salah satu tempat wisata di Papua yang bisa menjadi ide wisata terbaik Kamu adalah Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Taman Nasional ini sangat luas dengan total lahan sekitar 1,5 hektare dan hampir 90% bagiannya berupa perairan.

Luasnya perairan di taman nasional ini membuatnya menjadi sebuah konservasi laut terbesar yang ada di dunia. Perlu diketahui, di tempat ini terdapat 196 spesies moluska dan 209 spesies ikan yang berenang dengan indah di bawah laut. Tak jarang, ada juga penyu, lumba-lumba dan binatang laut lain yang bisa ditemui di perairan taman nasional ini.

2. Raja Ampat

Raja Ampat

image via https://www.cntraveller.com

Siapa yang tidak kenal dengan destinasi wisata yang satu ini. Ya, Raja Ampat bisa dikatakan sebagai salah satu tempat wisata terbaik yang ada di Papua. Destinasi wisata ini tidak hanya terkenal di level nasional saja, melainkan juga level mancanegara dan sudah diakui sebagai yang terindah di dunia.

Nah, Raja Ampat adalah kawasan kepulauan yang memiliki spesies laut terlengkap di dunia. Menurut penelitian, di kawasan ini terdapat 75% spesies laut dunia yang hidup dan berkembang biak di lautan Raja Ampat. Buat Kamu yang suka diving, maka Raja Ampat adalah spot diving terbaik yang harus Kamu coba.

3. Danau Sentani

Danau Sentani

image via https://republika.co.id

Pilihan tempat wisata di Papua lainnya yang sangat menarik dan bisa menjadi destinasi wisata yang mengagumkan adalah Danau Sentani. Danau ini merupakan danau terbesar di Papua dengan total luas lebih dari 9 hektar. Nah, di dalam danau ini terdapat sekitar 21 pulau.

Danau Sentani menawarkan beragam ide wisata yang begitu menarik untuk dilakukan. Beberapa ide tersebut diantaranya adalah memancing, berenang ataupun sekadar berjalan-jalan di tepian danau. Saat berwisata ke tempat ini, Kamu juga bisa menikmati kuliner khas Papua yang cukup lengkap di beberapa warung di sekitar danau.

4. Danau Paniai

Danau Paniai

image via http://infopedia.co.id

Paniai adalah nama danau lain yang berada di Papua. Danau ini dianggap tidak kalah indah dengan Danau Sentani dan bahkan dinobatkan sebagai salah satu danau terindah di dunia pada Konferensi Danau sedunia di India tahun 2007.

Penobatan ini tentu sangat beralasan karena pemandangan di sekitar danau memang begitu indah dan menakjubkan. Danau ini termasuk salah satu spot berburu senja yang sangat indah. Saat senja datang, Kamu bisa melihat semburat oren di ufuk barat yang membuat siluet tebing.

Tidak hanya itu, pemandangan akan bertambah indah dengan adanya burung-burung yang terbang dan hendak kembali ke sarang mereka masing-masing.

Selain spot berburu senja, lokasi ini juga merupakan spot memancing yang tepat. Kamu yang suka memancing bisa merasakan sensasi memancing yang berbeda bersama wanita dari suku adat setempat.

5. Lembah Baliem

Lembah Baliem

image via https://www.superadventure.co.id

Lembah Baliem merupakan daerah tinggal dari Suku Dani, Yali dan juga Lani. Tempat ini pun termasuk salah satu tempat wisata di Papua yang sangat indah dan begitu ramai diperbincangkan. Terletak di sekitar pegunungan Jaya Wijaya, suhu di lembah ini cukup dingin yakni sekitar 10 hingga 15 derajat celcius saja.

Nah, di lokasi ini, Kamu akan menemukan suku adat Papua yang masih mengenakan koteka dan rok rumbai sebagai busana keseharian mereka. Apa yang menarik dari tempat wisata di Papua ini adalah adanya Festival Lembah Baliem. Festival ini diadakan selama tiga hari di bulan Agustus yang bertujuan untuk menghapuskan egoisme antar suku.

6. Desa Wisata Sauwandarek

Desa Wisata Sauwandarek

image via https://www.ridhomukti.com

Sauwandarek adalah salah satu desa wisata di Papua yang cukup menarik untuk dikunjungi sebagai destinasi wisata. Di tempat ini, Kamu yang datang dari jauh bisa melakukan interaksi dengan suku asli setempat yang tinggal di daerah pesisir. Lokasi pesisir Sauwandarek ini tidak begitu jauh dari Raja Ampat.

Nah, keunikan dari desa wisata ini adalah adanya banyak pengrajin pandan yang tinggal. Perempuan di Sauwandarek biasa membuat kerajinan topi ataupun tas dengan bahan dasar pandan laut.

Selain itu, jika Kamu berkunjung di tempat ini, maka Kamu bisa melakukan perjalanan menyenangkan di Telaga Yenauwyau yang memiliki air asin.

7. Pantai Bosnik

Pantai Bosnik

image via https://ksmtour.com

Untuk Kamu yang suka berwisata di daerah pantai, maka Pantai Bosnik bisa menjadi destinasi wisata yang menyenangkan di Papua.

Ya, pantai ini adalah salah satu tempat wisata di Papua yang cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Lokasi pantai ini berada sekitar 15 kilometer dari Biak dan sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai.

Apa yang menarik dari pantai ini adalah hamparan pasir putih yang luas dan disanding dengan air laut yang jernih nan kebiruan.

Selain itu, di tepian pantai terdapat banyak sekali pohon kelapa yang menjulang tinggi. Kamu yang suka suasana pantai, tentu akan sangat terhibur dengan kondisi alam yang ada di pantai ini.

8. Pantai Amai

Pantai Amai

image via https://ksmtour.com

Pantai lain yang termasuk tempat wisata di Papua terbaik adalah Pantai Amai. Destinasi wisata ini sangat cocok untuk Kamu yang membutuhkan ketenangan. Hal ini dikarenakan Pantai Amai masih tergolong sepi.

Meskipun masih sepi, keindahan alam di pantai ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Amai memiliki muara sungai yang bertemu dengan air laut. Selain itu, pantai ini adalah salah satu spot snorkeling terbaik yang ada di Papua.

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai tempat wisata di Papua. Tentu, masih banyak tempat wisata terbaik lainnya yang ada di Papua.

Jika Kamu tertarik dengan tempat wisata tersebut, Kamu bisa merencanakan liburan panjang bersama keluarga di Papua. Berlibur jauh ke timur Indonesia pasti akan membuat liburan terasa lebih menyenangkan!