10 Tempat Wisata di Karimunjawa Menarik Dengan Sunset-nya yang Mempesona

Tempat Wisata di Karimunjawa – Akhir-akhir ini banyak orang yang membicarakan Karimunjawa. Sebenarnya, apa sih Karimunjawa itu? Lalu, dimana lokasinya dan seperti apa tempat ini? mengapa banyak orang yang berbondong-bondong berlibur ke tempat ini.

Loading...

Nah, bagi Kamu yang belum tahu Karimunjawa, sebenarnya Karimunjawa merupakan tempat wisata yang ada di Pulau Karimunjawa. Karimunjawa sendiri merupakan sebuah kepulauan yang terdiri dari beberapa pulau baik yang dihuni maupun yang tidak dihuni.

Oleh sebab itu, ada banyak tempat wisata di Karimunjawa yang beraneka ragam dengan menawarkan panorama alam yang masih sangat indah. Nah, wisata di Karimunjawa juga dibagi menjadi dua yakni di Pulau Karimunjawa dan satunya lagi di Pulau Kemujan.

Tempat Wisata di Karimunjawa Menarik

Untuk Kamu yang berencana untuk berlibur ke Karimunjawa, tentunya Kamu perlu tahu tempat wisata apa saja yang bisa didatangi. Tempat-tempat ini juga haru menawarkan panorama alam yang luar biasa.

Sehingga, liburan yang sudah Kamu bayangkan dengan mengeluarkan banyak waktu dan dana tidak berakhir sia-sia. Langsung saja, berikut ini adalah tempat wisata di Karimunjawa yang rekomen buat Kamu.

1. Pantai Legon Lele

Pantai Legon Lele

image via https://id.wikipedia.org

Berdasarkan sejarahnya, pantai Legon Lele adalah lokasi pertama Sunan Nyamplungan atau Syekh Amir Hasan menginjakkan kakinya pertama kali di Karimunjawa. Pantai ini juga sangat indah karena luas dan memiliki pasir putih yang menghiasnya.

Pantai ini juga menjadi lokasi yang paling tepat untuk menyaksikan indahnya matahari terbit di Karimunjawa. Sayangnya, letak pantai ini masih terpencil, sehingga untuk menuju ke pantai ini hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua saja.

Apalagi jalannya juga masih seadanya karena hanya terbuat dari conblock. Ditambah lagi ada jalan turunan yang curam membuat Kamu harus lebih hati-hati.

2. Bukit Joko Tuwo

Bukit Joko Tuwo

image via https://www.indonesiakaya.com

Sudah bisa ditebak bahwa tempat wisata ini berada di atas bukit. Ya, tempat ini memang sangat cantik dan mempesona. Sebab, di sana Kamu bisa melihat kerangka dari mamalia raksasa.

Mamalia apakah itu? Ya, kerangka mamalia yang ada di sini adalah kerangka ikan paus. Nama bukit Joko Tuwo sendiri memiliki arti Joko adalah perjaka dan Tuwo berarti tua. Jadi bisa disimpulkan bahwa Bukit Joko Tuwo adalah tempat bersemayamnya perjaka tua.

Nah, nama ini diambil dari filosofi ikan paus di sini. Mengapa demikian, sebab ikan paus adalah salah satu hewan yang memiliki umur yang panjang.

Selain bisa melihat kerangka ikan paus, di bukit ini Kamu juga bisa melihat tasbih raksasa yang dibuat dengan menggunakan batuan andesit. Adapun puncak yang bisa Kamu saksikan di tempat ini adalah keindahan dari matahari tenggelam yang menawarkan sebuah garis cakrawala. Begitu indah dan epic sekali untuk dinikmati.

3. Bukit Love Karimunjawa

Bukit Love Karimunjawa

image via http://travel.tribunnews.com

Tempat wisata di Karimunjawa selanjutnya yang bisa Kamu datangi adalah Bukit Love. Sebenarnya, bukit ini masih satu deret dengan Bukit Joko Tuwo, hanya saja letaknya agak berjauhan, cie LDR.

Untuk menuju ke Bukit ini, Kamu hanya perlu memakan waktu 20 menit saja dari Alun-Alun Karimunjawa dengan menaiki sepeda motor. Sesuai dengan namanya, di bukit ini terdapat tulisan love yang dibuat dengan menggunakan semen.

Nah, lokasi inilah yang cocok digunakan untuk selfie sepuasnya. Ada juga tulisan Karimunjawa, sarang burung dengan ukuran besar dan juga menyaksikan pagelaran senandung senja dari atas bukit ini. pokoknya, lokasi ini adalah lokasi yang paling banyak dikunjungi di Karimunjawa.

4. Pantai Batu Topeng

Pantai Batu Topeng

image via https://www.inibaru.id

Bagi Kamu yang ingin menikmati gulungan ombak tenang di Karimunjawa, maka Pantai Batu Topeng ini jawabannya. Pantai ini menawarkan pantai pasir putih yang sangat cantik.

Di pantai ini Kamu bisa melakukan beberapa aktivitas seperti berenang, bermain air, bermain pasir bagian menyaksikan sunset Karimunjawa yang indah, sebab, disediakan gazebo yang menjorok ke laut yang bisa digunakan untuk bersantai.

5. Pantai Ujung Gelam

Pantai Ujung Gelam

image via https://id.wikipedia.org

Sunset yang ditawarkan oleh tempat wisata di Karimunjawa ini begitu mempesona. Pantai ini berada di Dusun Alang-alang, Karimunjawa.

Untuk menuju ke pantai ini, Kamu membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dengan menaiki sepeda motor. Karena sunsetnya yang sangat eksotik ini membuat pantai ini sangat terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan.

6. Pantai Bukit Annora

Pantai Annora

image via https://siimedina.wordpress.com

Pantai Bukit Anora menjadi salah salah satu pantai yang menawarkan pemandangan pantai dengan seni yang sangat etnic. Pantai ini juga menyediakan meja dan kursi untuk bersantai.

Ada juga ayunan yang diletakkan di batang pohon hingga ayunan yang diletakkan di laut. Pantai ini juga memiliki taman lucu dengan segala aksesorisnya yang membuatnya tampak terlihat indah. Di pantai ini, Kamu bisa menghabiskan waktu bersantai menikmati suasana pantai indah yang memanjakan mata.

7. Makam Sunan Nyamplungan

Makam Sunan Nyamplungan

image via https://www.dutaislam.com

Selain berwisata alam, di Karimunjawa Kamu juga bisa berwisata religi yakni dengan berziarah ke makam Sunan Nyamplungan. Berdasarkan sejarah, Sunan Nyamplungan merupakan putra dari Sunan Muria.

Beliau menjadi salah satu tokoh penting yang ada di Karimunjawa. Bahkan nama Karimunjawa juga dibuat oleh beliau dan mengajarkan banyak pelajaran Islam di sini.

8. Mangrove Karimunjawa

Mangrove Karimunjawa

image via https://news.detik.com

Karimunjawa juga memiliki hutan mangrove yang sangat asyik untuk dijadikan tempat tracking. Nah, lokasi dari hutan mangrove ini juga dibagi menjadi dua yakni di Pulau Karimunjawa dan satunya lagi berada di Pulau Kemujan. Jadi, saat Kamu berada di luar mangrove, Kamu masih berada di Karimunjawa.

Namun, saat Kamu mulai masuk dan jalan-jalan ke dalam hutan, sebenarnya itu sudah masuk ke wilayah Pulau Kemujan. Hutan mangrove ini juga dijadikan sebagai sarana edukasi. Sebab ada banyak satwa dan juga ilmu yang bisa didapatkan di sana. Dijamin deh Kamu tidak akan menyesal saat jalan-jalan ke hutan ini.

9. Pantai Bunga Jabe

Pantai Bunga Jabe

image via https://jalandikit.blogspot.com

Pantai Bunga Jabe menjadi salah satu tempat wisata di Karimunjawa yang bisa Kamu kunjungi. Pantai ini menawarkan keindahan alam, kesenian dan juga budaya yang beragam.

Pantai dengan hamparan pasir yang luas dan pepohonan rimbun membuatnya tampak terlihat asri dan indah. Bahkan, rimbunnya pohon juga menjadi kanopi bagi sinar matahari untuk masuk ke bumi Karimunjawa.

Pantai ini juga menyajikan berbagai karya seni indah yang semakin menghias keindahan pantai. misalnya saja seperti ayunan, adanya rumah kurcaci dan masih banyak lainnya membuat siapa aja betah berlama-lama di pantai ini.

10. Kampung Bugis Karimunjawa

Kampung Bugis Karimunjawa

image via https://tripadvisor.com

Di Karimunjawa juga terdapat sekumpulan orang-orang Bugis yang tinggal dan menetap di sini. Mereka juga membangun rumah dengan gaya bugis meskipun sudah tidak murni orang bugis 100%.

Namun hal inilah yang membuatnya terlihat unik dan menarik. Di tempat ini Kamu bisa belajar banyak hal mengenai suku bugis yang ada di Karimunjawa.

Sangat menarik dan layak untuk didatangi bukan? Tunggu apa lagi? masih ragu untuk liburan ke Karimunjawa? Kunjungi saja tempat wisata di Karimunjawa di atas dan dijamin Kamu tidak ingin pulang.