Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Butuh Liburan yang Menyenangkan dan Menenangkan? 10 Tempat Wisata di Belitung Ini Jawabannya

Tempat Wisata di Belitung – Bicara soal Belitung, tentunya Kamu akan terkenal dengan salah satu film karya anak bangsa yang sangat fenomenal yakni Laskar Pelangi. Ya, film ini menceritakan bagaimana perjuangan anak Belitung untuk bisa mendapatkan pendidikan yang layak.

Jika menelisik sedikit dari film tersebut, meskipun terlihat sederhana namun dari film tersebut sudah menggambarkan alam Belitung yang indah. Memang benar bahwa alam belitung sangat indah, bahkan bisa dikatakan sebagai surga yang tersembunyi.

Tempat Wisata di Belitung

Tempat ini juga sangat rekomen bagi Kamu yang ingin menikmati suasana liburan yang berbeda dan lebih menenangkan. Sebab, tempat wisata di Belitung masih sangat terjaga dan tak tanggung-tanggung.

Nah, bagi Kamu yang sedang mencari lokasi traveling terbaik di Belitung, ini dia 10 tempat wisata di Belitung terkece yang bisa Kamu kunjungi.

1. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi

image via https://simplysumatra.com

Pantai ini menjadi sangat populer berkat Film Laskar pelangi. Ya, sebab pantai ini memang menjadi salah satu lokasi syuting film ini. kata tanjung pada pantai ini memiliki arti semenanjung. Sedangkan tinggi memiliki arti bebatuan yang tinggi.

Ya, pantai ini memang diapit oleh bebatuan yang tinggi dengan pasir putih yang sangat cantik. Lebih indahnya lagi, di sekitar pantai juga terdapat banyak batu granit besar dengan ukuran yang bermacam-macam.

Bahkan ada juga batu granit yang ukurannya melebihi ukuran rumah. Nah, suasana yang seperti inilah yang membuat para wisatawan betah da enggan untuk meninggalkan pantai ini.

2. Pantai Punai

Pantai Punai

image via https://www.wehholiday.net

Pantai Punai juga salah satu tempat wisata di Belitung yang wajib Kamu kunjungi. Pantai ini menawarkan pasir putih bersih dengan air laut yang jernih dan kebiruan. Keindahan yang dimiliki oleh pantai ini sangat cocok untuk melepas stres dan masalah hidup.

Nah, di depan pantai ini juga terdapat sebuah pulau kecil yang bernama pulau Punai. Dahulunya di pulau ini juga banyak ditemukan burung punai. Namun sayangnya saat ini jumlahnya sudah tidak banyak lagi.

Sayangnya untuk menuju ke pantai ini Kamu haru melakukan perjalanan yang membutuhkan perjuangan. Namun, perjuangan yang sudah dilakukan akan terbayar dengan keindahan alam yang disuguhkan.

3. Bukit Berahu

Bukit Berahu

image via https://pegipegi.com

Bukit Berahu adalah tempat wisata di Belitung yang merupakan perpaduan antara resto dan bungalow. Dari atas bukit ini Kamu bisa menikmati keindahan pantai dari ketinggian. Yang lebih menariknya lagi, terdapat 97 tangga yang harus Kamu naiki untuk menuju ke bukit ini.

Nah, suasana pantai ini juga sangat berbeda, sebab rasanya Kamu seperti berlibur di pantai pribadi. Hal inilah yang menjadikan Bukit Berahu menjadi tempat wisata yang cocok untuk berbulan madu.

4. Danau Kaolin

Danau Kaolin

image via https://ksmtour.com

Tidak hanya wisata pantainya saja yang indah, di Belitung juga terdapat tempat wisata berupa danau yang tak kalah menarik dan indah. Perlu Kamu tahu bahwa Danau Kaolin bukanlah tempat wisata umum.

Namun karena banyak fotografer yang hunting di sini membuat Danau Kaolin menjadi banyak dikunjungi wisatawan. Danau ini juga sangat unik, pasalnya airnya merupakan perpaduan antara warna biru dengan kaolin yang putih.

Sepintas, pemandangan danau ini hampir mirip dengan Kawah Putih yang ada di Bandung. Namun, danau ini tidak panas karena bukan kawah, jadi bisa digunakan untuk berenang, mandi ataupun bermain air.

5. Pulau Pasir

Pulau Pasir

image via https://www.simphortour.com

Pulau pasir juga menjadi spot menarik yang bisa Kamu kunjungi saat berada di belitung. Pulau ini akan terlihat jika air laut surut dan akan kembali tenggelam saat air laut pasang.

Memang tempatnya tidak terlalu luas dan mungkin hanya seluas setengah lapangan bola saja. namun di tempat ini Kamu bisa menemukan ketenangan yang akan terkenang di hati.

6. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas

image via https://i.ytimg.com

Belitung juga memiliki pulau yang khas dengan bangunan mercusuarnya. Uniknya lagi, mercusuar ini juga masih berfungsi hingga saat ini. mercusuar yang memiliki tinggi 50 meter ini dibangun pada masa penjajahan belanda yakni tahun 1882.

Lokasi pulau ini berada di Kecamatan Sijuk yang menawarkan pemandangan yang sangat indah. di ini Kamu bisa menaiki mercusuar dan menyaksikan indahnya pantai dari ketinggian.

Tidak hanya menaiki mercusuar saja, namun Kamu juga bisa melihat dan bermain di bibir pantai dengan pasir putihnya yang indah. sebab, pantai ini juga memiliki batu granit yang indah dengan segala ukuran yang membuat pantainya tampak sangat mempesona.

7. Pantai Tanjung Kalayang

Pantai Tanjung Kalayang

image via http://traverse.id , @himsaifanah

Masih di Kecamatan ijuk, Pantai Kalayang juga menyuguhkan pemandangan yang tak kalah indah dengan tempat wisata di Belitung lainnya. Pantai ini biasanya dijadikan sebagai lokasi untuk kapal-kapal menunggu penumpang untuk menyeberang.

Namun, pantai ini juga menawarkan batu granit yang sangat indah. Bahkan, batu granitnya juga memiliki formasi yang bentuknya mirip dengan kepala burung. Huh, dengan suasana dan pemandangan alam yang seperti ini membuat Kamu akan merasa betah saat di sini.

8. Pantai Nyiur Melambai

Pantai Nyiur Melambai

image via http://disbudpar.belitungtimurkab.go.id

Nama pantai ini memang cukup unik, namanya tentunya juga melambangkan seperti apa pantai ini. Ya, pantai ini menjadi salah satu tempat wisata di Belitung favorit bagi para wisatawan.

Pantai ini memiliki pantai panjang dengan suasana yang teduh dengan banyak pohon pinus yang menghiasi. Di pantai ini Kamu bisa melakukan beberapa aktivitas menarik seperti panjat tebing, berenang, dan juga main voli.

9. Pantai Penyabong

Pantai Penyabong

image via http://ngayauduluk.blogspot.com

Tempat wisata selanjutnya yang bisa Kamu didatangi di belitung adalah Pantai Penyabong. Pantai ini memiliki jarak 65 km saja dari Kota Tanjung Pandan.

Adapun lokasinya berada di Desa Batu Lubang, hal inilah yang menjadikan pantai ini sering disebut juga dengan nama pantai Batu Lubang.

Pantai ini sekilas memiliki kemiripan dengan pantai Tanjung Tinggi karena banyaknya batu granit yang tinggi dan raksasa. Suasana di pantai ini juga sangat menyenangkan dengan ombak yang tenang dan angin yang pas membuat pantai ini cocok untuk bersantai.

Adapun aktivitas yang bisa Kamu lakukan di pantai ini adalah jalan-jalan, bermain air, bermain pasir dan juga berenang. Untuk Kamu yang doyan makan, tenang saja sebab di pantai ini banyak warung makan yang menjajakan makanan khas belitung. Dijamin deh tidak hanya hai yang puas, namun lidah juga puas.

10. Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata

image via https://media.rooang.com

Museum ini berada di Jl. Laskar pelangi No.7, Gatong, Belitung Timur, adalah sebuah museum kata yang sangat inspiratif. Dari sinilah perjalanan laskar pelangi pada setiap halamannya mulai diangkat ke layar lebar.

Saat memasuki museum ini, Kamu akan disuguhkan dengan sebuah ruangan yang sangat nyaman dengan buku yang berserakan di atas meja. Di tempat ini, Kamu bisa belajar banyak hal mulai dari karya tulis hingga sejarah. Yang paling penting adalah, Kamu bisa mendapatkan foto cantik dan keren yang instagramable banget.

Tertarik untuk berlibur ke belitung? Jika iya, kunjungi semua tempat wisata di Belitung di atas dan kenyamanan di sana. Yuk segera rencanakan liburan Kamu ke belitung sekarang juga.